Pengaruh Customer Relationship Management Terhadap Keunggulan Bersaing Dalam Meningkatkan Kinerja Pemasaran Usaha Kecil Industri Makanan Di Bakorwil II Jawa Timur
Abstract
Kegiatan pemasaran akan berhubungan erat dengan adanya program Customer Relationship Management dikarenakan memiliki kaitan dengan peningkatan Kinerja Pemasaran melalui pengaruh secara langsung maupun tidak langsung pada keunggulan bersaing. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pengaruh customer relationship management terhadap keunggulan bersaing dalam meningkatkan kinerja pemasaran yang dilakukan melalui pengolahan data uji path analysis menggunakan SPSS IBM 23 menggunakan pengambilan populasi dengam sampel 96 responden menggunakan formula Lemeshow, dilakukan uji validitas dan reliabilitas untuk mengetahui atribut- atribut yang memiliki kevalidan data dengan asumsi Rhitung > Rtabel yaitu Pvalue > 0.1986, sedangkan pada tingkat reliabel didaptakan nilai cronbach alpha sebesar 0,812 yang sangat reliabel, kemudian dilakukan uji regresi untuk mengambil model summary dan koefisien untuk digunakan dalam path analysis, didapatkan hasil bahwa pengaruh langsung memiliki nilai sebesar 54,3% sedangkan pengaruh tidak langsung lebih kecil yaitu sebesar 0,088%. Pada atribut memberi pengaruh secara langsung lebih besar dari pada pengaruh tidak langsung melalui keunggulan bersaing terhadap kinerja pemasaran usaha kecil industri makanan di Bakorwil II Jawa Timur
Downloads
References
Djunaedi, D. (2016). Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR), dan Kualitas Produk Terhadap, Citra Bank dan Keputusan Menabung di BNI Syariah Kota Kediri. JMM17, 3(02).
Drucker, P. (2012). Management. Management. https://doi.org/10.4324/9780080939063
Finnegan, D. J., & Currie, W. L. (2010). A multi-layered approach to CRM implementation: An integration perspective. European Management Journal. https://doi.org/10.1016/j.emj.2009.04.010
Heras, M. A., & Dröge, H. (2009). Exploring Innovation Measurement Approaches in the Service Sector: Insights from the Hospitality Industry. Performance Measurment Association.
Hermuningsih, S. (2012). PENGARUH PROFITABILITAS, SIZE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN SRUKTUR MODAL SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Jurnal Siasat Bisnis. https://doi.org/10.20885/jsb.vol16.iss2.art8
Holmbeck, G. N. (1997). Toward terminological, conceptual, and statistical clarity in the study of mediators and moderators: Examples from the child-clinical and pediatric psychology literatures. Journal of Consulting and Clinical Psychology. https://doi.org/10.1037/0022-006X.65.4.599
Kaplan, R. S. (2009). Conceptual Foundations of the Balanced Scorecard. Handbooks of Management Accounting Research. https://doi.org/10.1016/S1751-3243(07)03003-9
Komari, A. (2016). Strategi Pemasaran Produk Indosat M3 di Kota Kediri Berdasarkan Analisis SWOT, 3(2).
Kurniawan, D., Semuel, H., & Japarianto, E. (2013). Analisis penerimaan nasabah terhadap layanan mobile banking dengan menggunakan pendekatan technology acceptance model dan theory of reasoned action. Jurnal Manajemen Pemasaran.
Laely, N. (2016). Analisis Pengaruh Kepercayaan dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Kepuasan Pada PT. Telkomsel di Kota Kediri. Ilmu Ekonomi & Manajemen, 3(2), 61–74.
Musay, F. (2013). PENGARUH BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (SURVEI PADA KONSUMEN KFC KAWI MALANG). Jurnal Administrasi Bisnis.
Ogi, I., Massie, J., & Lapian, A. (2016). PENGARUH ORIENTASI PASAR DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KINERJA PEMASARAN PADA PT. BPR PRISMA DANA AMURANG. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi.
Panjaitan, H., & Djunaedi, D. (2017). Product Advantage , Customer Relationship Marketing , and Service Quality on Customer Satisfaction of Bank Syariah Mandiri in Surabaya. International Review of Management and Marketing, 7(4), 122–130.
PARVATIYAR, A., & Sheth, K. (2001). Customer Relationship Management: Emerging Practice, Process, and Discipline. Journal of Economic & Social Research.
Putri, I., & Wirasedana, I. (2015). ANALISIS PERBANDINGAN PENILAIAN KINERJA BPR DENGAN PENDEKATAN BALANCED SCORECARD. E-Jurnal Akuntansi.
Riduwan, & Kuncoro, E. A. (2008). Cara Menggunakan dan Memaknai Path Analysis (Analisis Jalur). Bandung: Alfabeta.
Safi’i, I. (2018). Klasifikasi Atribut Pelayanan Mobile Banking dengan Kano Model Berdasarkan Dimensi E-Servqual. Jurnal Sistem Dan Manajemen Industri, 2(2), 77. https://doi.org/10.30656/jsmi.v2i2.696
Salim, O. C., Sudharma, N. I., Kusumaratna, R. K., & Hidayat, A. (2016). Validitas dan reliabilitas World Health Organization Quality of Life-BREF untuk mengukur kualitas hidup lanjut usia. Universa Medicina.
Sheth, J., Parvatiyar, A., & Berry, L. L. (2014). Relationship Marketing of Services: Growing Interest, Emerging Perspectives. In Handbook of Relationship Marketing. https://doi.org/10.4135/9781452231310.n6
Smith, J. B., & Colgate, M. (2007). Customer value creation: A practical framework. Journal of Marketing Theory and Practice. https://doi.org/10.2753/MTP1069-6679150101
Stanton, P., & Stanton, J. (2002). Corporate annual reports: Research perspectives used. Accounting, Auditing & Accountability Journal. https://doi.org/10.1108/09513570210440568
Stonehouse, G., & Snowdon, B. (2007). Competitive advantage revisited Michael Porter on strategy and competitiveness. Journal of Management Inquiry. https://doi.org/10.1177/1056492607306333
Trang, I., Tewal, B., & Tangkuman, K. (2015). PENILAIAN KINERJA, REWARD, DAN PUNISHMENT TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. PERTAMINA (PERSERO) CABANG PEMASARAN SULUTTENGGO. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi.
Wensley, R. (2010). Marketing strategy. In Marketing Theory: A Student Text. https://doi.org/10.4135/9781446280096.n10
Williamson, O. E., Argyres, N., Mayer, K. K. J., Dorneles, T. M., Binotto, E., Holgado-Silva, H. C. H. C., … BARDIN, L. (2016). CAPACIDADES DINÂMICAS COMO DIFERENCIAL ESTRATÉGICO PARA A SUSTENTABILIDADE. Journal of Business Research.
https://doi.org/10.1016/j.technovation.2012.01.004
Copyright (c) 2019 Akuntabilitas: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Ekonomi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.