Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen
(Studi Kasus Pada Jajanan Tradisional Larrita Cake)
Abstract
Tingkat kepuasan konsumen yang tinggi dipengaruhi oleh kualitas produk dan harga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan harga terhadap kepuasan konsumen. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner. Teknik sampling yang digunakan yaitu sampel jenuh/total sampling. Jumlah responden yang diperoleh sebnayak 45 responden. Analisis data dilakukan dengan analisis linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kualitas produk (X1) dan harga (X2) berpengaruh secara simultan (bersama-sama) terhadap kepuasan konsumen (Y). Hal tessebut dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0.001, yang artinya < α 0.05.
Downloads
References
Ghozali, I. (2017). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP. 56-85
Ghozali, Imam (2021). Aplikasi Analisis Multivariate dengan program IBM SPSS 26, Edisi 10, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Kotler, P. & Amstrong, G. 2012. Principles of Marketing, Global Edition. 14thEdition. Pearson Education.
Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2016. Prinsip-prinsip Pemasaran Edisi 13 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Maria, M., & Anshori, M. Y. (2013). Jurnal Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen King Cake. Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan, (1), 50–51. Diambil dari https://e-journal.unair.ac.id/JMTT/article/view/2654
Muhammad Aqil, Haryantini. (2024). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Cafe Kopi Tuh di Kabupaten Tangerang. Journal of Research and Publication Innovation Vol. 2, No. 1
Oktavianawati, Paskalina. 2017. Jajanan Tradisional Asli Indonesia. Jakarta Timur. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Purwanto. (2018). Teknik penyusunan instrumen uji validitas dan reliabilitas penlitian ekonomi syariah (1nd ed.). Magelang: Staial Press
Raissa Aprita Nur Maharani dan Iskandar Ali Alam. (2022). Pengaruh Kualitaas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Selama Pandemi Covid-19 Kebab Salahuddin. Jurnal Ilmu Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi dan Pendidikan. Vol.1, No. 4.
Simamora, H. (2000). Manajemen Pemasaran Internasional Jilid I. Jakarta: Salemba Empat.
Sugiyono, S. (2017). Metode Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi dan R & D. Alfabeta
Sugiyono. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif. Dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Tjiptono, Fandy. 2018. Service Management: Mewujudkan Layanan Prima.Edisi 3.
Haryanti, N., Mutohar, P. M., Qomar, M., & Syafi, A. (2018). The Influence Of Experiential Marketing ( Sense Marketing , Feel Marketing , Think Marketing , Act Marketing ) Against The Quality Of The College Of Religious Islam Negeri ( Ptkin ) In East Java Indonesia. International Journal of Science, Technology & Management, 3(2), 430–441.
Haryanti, N., & Soebiantoro. (2024). Manajemen Pemasaran Perguruan Tinggi Berbasis Digital. Malang: Empatdua Media.
Junaris, I., & Haryanti, N. (2024). Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Buku Di Store Intrans Publishing Malang. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi (JRPE), 9(1), 57–65. https://doi.org/https://doi.org/10.21067/jrpe.v9i1.9629
Kotler, K. (2012). Marketing Management. Person Education.
Larika, W., & Ekowati, S. (2020). Pengaruh Citra Merek, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Handphone OPPO. Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis (JMMIB), 1, 128–136.
Priharto, S. (2020). Indikator Kepuasan Pelanggan: Pengertian, Jenis, dan Fungsinya Bagi Bisnis.
Copyright (c) 2024 Eko Adi Susilo, Erdina Trianindi Nindi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- Author grant the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License