Pengelolaan Prosedur Administrasi Polis Asuransi Kendaraan Bermotor di PT Asuransi Wahana Tata Jember
Abstract
Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) merupakan salah satu bentuk implementasi secara sistematis dan sesuai dengan program yang diperoleh melalui kegiatan kerja secara langsung didunia kerja untuk mencapai tingkat keahlian dan kreatifitas tertentu. Kegiatan pengabdian ini memiliki tujuan untuk memberikan pengetahuan tentang bagaimana pengelolaan prosedur administrasi polis asuransi dari kendaraan bermotor pada salah satu perusahaan asuransi yaitu PT Asuransi Wahana Tata Cabang Jember. Hasil kegiatan pengabdian ini menunjukkan prosedur administrasi polis asuransi kendaraan bermotor yang diterapkan pada PT ASWATA Jember yang sudah dilakukan dengan cukup baik oleh pihak perusahaan meliputi pengajuan penutupan dari tertanggung langsung atau dari marketing, dan marketing menerbitkan surat penawaran setelah disetujui maka tertanggung mengisi Surat Permintaan Penutupan Asuransi (SPPA) dengan membawa syarat KTP, SIM, STNK, selanjutnya bagian marketing melakukan penginputan system, melakukan survey, meminta persetujuan dari underwriting, dan polis bisa diterbitkan. Dalam pengabdian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh secara langsung melalui proses pengamatan dan juga melakukan wawancara langsung bersama beberapa narasumber di PT Asuransi Wahana Tata Jember. Sedangkan, data sekunder berupa tulisan-tulisan karya ilmiah yang berkaitan langsung dengan objek pengabdian. Pengamatan dilakukan secara langsung ke lokasi pengabdian untuk memperoleh data-data yang diperlukan, melakukan wawancara bersama karyawan PT Asuransi Wahana Tata Jember, serta melakukan penelitian kepustakaan dengan mencari literature karya ilmiah untuk membantu penyelesaian pokok permasalahan pada pengabdian ini.
References
“Penerapan Transdisipliner dalam Pengabdian kepada Masyarakat.” Wahdatul Ulum UIN Sumatera Utara Medan. Accessed November 18, 2022. http://wahdatululum.uinsu.ac.id/artikel/24/G.%20Penerapan%20Transdisipliner%20dalam%20Pengabdian%20kepada%20Masyarakat.
Umami, Wilda.”Prosedur Klaim Asuransi Kendaraan Bermotor Pada PT. Asuransi Wahana Tata Cabang Jember.” Laporan Praktek Kerja Nyata. Universitas Negeri Jember.(Juni 2020) : 5-10.
Copyright (c) 2022 Science Contribution to Society Journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author(s).
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License