Pelatihan English Vocabulary dengan Menggunakan Metode Last Man Standing Games di Madrasah Diniyah Baba Al-Hikmah
Abstract
Beragam cara untuk belajar Bahasa Inggris dan artikel ini lebih menekankan kepada penggunakan games atau media belajar untuk belajar Bahasa Inggris secara cepat. Permainan yang digunakan adalah last man standing di dalam program pengabdian kepada masyarakat di tahun ini, yaitu 2022. Tim pengabdi menggunakan permainan model last game standing untuk belajar kosa kata Bahasa Inggris dengan metode ceramah, tanya jawab, dan praktek untuk para santri di Madrasah Diniyah Baba Al Hikmah. Di dalam pelatihan ini, tim pengabdi menggunakan perencanaan, aksi, obsevasi, dan evaluasi akhir pelatihan untuk akurasi pelatihan. Kesemuanya tersebut harus melalui pembandingan hasil pre-test dan post-test yang menggunakan the last man standing game. Untuk memenuhi kelayakan, para santri harus menempuh dua siklus. Hasil keempat proses tersebut adalah peningkatan kosa kata berbahasa Inggris sehingga memberikan sebuah inovasi pembelajaran yang solutif dan menyenangkan di dalam belajar kosa kata berbahasa Inggris. Nilai kosa kata pada saat pre-test adalah 50 dan post test adalah 90. Hasil tersebut tersebut menunjukan bahwa pelatihan kali ini berjalan dengan sukses.
References
Einhorn, K., & Mckeon, K. (2003). 100 Words Kids Need to Read by 2nd Grade Workbook. Scholastic.
Farida, I. (2017). Evaluasi Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum Nasional. PT Remaja Rosdakarya.
Manurung, I. D., & Tuss’adiah, H. (2017). Peningkatan kemampuan berbahasa inggris pada remaja usia produktif di kecamatan beringin Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 36–46.
Muttaqien, F. (2017). Penggunaan Media Audio-Visual dan Aktivitas Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Vocabulary Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas X. Jurnal Wawasan Ilmiah, 8(1).
Parnawi, A. (2020). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) (A. Y. Wati (ed.)). Deepublish.
Sahrawi, S., Hafis, M., Sari, D. S., Astuti, D. S., & Wiyanti, S. (2018). Pengajaran Kosakata Bahasa Inggris Menggunakan Games Untuk Menarik Minat Belajar Siswa Smp Awaluddin. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 166. https://doi.org/10.31571/gervasi.v2i2.1005
Siregar, R. K., Harahap, R., & Sibuea, E. R. (2021). Meningkatkan Vocabulary Bahasa Inggris dengan Pelatihan Last Man Standing Games di Madrasah Aliyah Darul Mursyidi Sialogo Padangsidimpuan. Bakti Cendana, 4(2), 40–48. https://doi.org/10.32938/bc.4.2.2021.40-48
Sri Lestari Rahayu, F. F. (2018). Penerapan Game Design Document dalam Perancangan Game Edukasi yang Interaktif untuk Menarik Minat Siswa dalam Belajar Bahasa Inggris. Jurnal Teknologi Dan Informasi Dan Ilmu Komputer, 5(3). https://doi.org/doi.org/10.25126/jtiik.201853694
Sukmaningrum, A., & Imron, A. (2017). Memanfaatkan Usia Produktif dengan Usaha Kreatif Industri Pembuatan Kaos pada Remaja. Paradigma, 5(3), 1–6.
Sultan, M. A., Muslimin, M., & Nurjannah, N. (2020). Pelatihan Peningkatan Kosakata Bahasa Inggris Menggunakan Guessing Words Game. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat.
Copyright (c) 2022 Science Contribution to Society Journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author(s).
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License