Pelatihan English Vocabulary dengan Menggunakan Metode Last Man Standing Games di Madrasah Diniyah Baba Al-Hikmah

  • Fu'ad Sholikhi Universitas Islam Balitar
Abstract views: 248 , pdf downloads: 210
Keywords: English Vocabulary, Game, Social Community Program, The Last Man Standing Game

Abstract

Beragam cara untuk belajar Bahasa Inggris dan artikel ini lebih menekankan kepada penggunakan games atau media belajar untuk belajar Bahasa Inggris secara cepat. Permainan yang digunakan adalah last man standing di dalam program pengabdian kepada masyarakat di tahun ini, yaitu 2022. Tim pengabdi menggunakan permainan model last game standing untuk belajar kosa kata Bahasa Inggris dengan metode ceramah, tanya jawab, dan praktek untuk para santri di Madrasah Diniyah Baba Al Hikmah. Di dalam pelatihan ini, tim pengabdi menggunakan perencanaan, aksi, obsevasi, dan evaluasi akhir pelatihan untuk akurasi pelatihan. Kesemuanya tersebut harus melalui pembandingan hasil pre-test dan post-test yang menggunakan the last man standing game. Untuk memenuhi kelayakan, para santri harus menempuh dua siklus. Hasil keempat proses tersebut adalah peningkatan kosa kata berbahasa Inggris sehingga memberikan sebuah inovasi pembelajaran yang solutif dan menyenangkan di dalam belajar kosa kata berbahasa Inggris. Nilai kosa kata pada saat pre-test adalah 50 dan post test adalah 90. Hasil tersebut tersebut menunjukan bahwa pelatihan kali ini berjalan dengan sukses.

References

Duludu, U. A. T. . (2017). Buku Ajar Kurikulum Bahan Dan Media Pembelajaran PLS. Deepublish.
Einhorn, K., & Mckeon, K. (2003). 100 Words Kids Need to Read by 2nd Grade Workbook. Scholastic.
Farida, I. (2017). Evaluasi Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum Nasional. PT Remaja Rosdakarya.
Manurung, I. D., & Tuss’adiah, H. (2017). Peningkatan kemampuan berbahasa inggris pada remaja usia produktif di kecamatan beringin Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 36–46.
Muttaqien, F. (2017). Penggunaan Media Audio-Visual dan Aktivitas Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Vocabulary Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas X. Jurnal Wawasan Ilmiah, 8(1).
Parnawi, A. (2020). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) (A. Y. Wati (ed.)). Deepublish.
Sahrawi, S., Hafis, M., Sari, D. S., Astuti, D. S., & Wiyanti, S. (2018). Pengajaran Kosakata Bahasa Inggris Menggunakan Games Untuk Menarik Minat Belajar Siswa Smp Awaluddin. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 166. https://doi.org/10.31571/gervasi.v2i2.1005
Siregar, R. K., Harahap, R., & Sibuea, E. R. (2021). Meningkatkan Vocabulary Bahasa Inggris dengan Pelatihan Last Man Standing Games di Madrasah Aliyah Darul Mursyidi Sialogo Padangsidimpuan. Bakti Cendana, 4(2), 40–48. https://doi.org/10.32938/bc.4.2.2021.40-48
Sri Lestari Rahayu, F. F. (2018). Penerapan Game Design Document dalam Perancangan Game Edukasi yang Interaktif untuk Menarik Minat Siswa dalam Belajar Bahasa Inggris. Jurnal Teknologi Dan Informasi Dan Ilmu Komputer, 5(3). https://doi.org/doi.org/10.25126/jtiik.201853694
Sukmaningrum, A., & Imron, A. (2017). Memanfaatkan Usia Produktif dengan Usaha Kreatif Industri Pembuatan Kaos pada Remaja. Paradigma, 5(3), 1–6.
Sultan, M. A., Muslimin, M., & Nurjannah, N. (2020). Pelatihan Peningkatan Kosakata Bahasa Inggris Menggunakan Guessing Words Game. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat.

PlumX Metrics

Published
2022-07-12
How to Cite
Sholikhi, F. (2022). Pelatihan English Vocabulary dengan Menggunakan Metode Last Man Standing Games di Madrasah Diniyah Baba Al-Hikmah. Science Contribution to Society Journal, 2(1), 20-31. https://doi.org/10.35457/scs.v2i1.2346