PENGARUH VARIASI JARAK SENGKANG TERHADAP KAPASITAS LENTUR BALOK BETON BERTULANG BAMBU YANG TERKANG PADA JALUR TEKANNYA

  • Achendri M. Kurniawan
Abstract views: 427 , PDF downloads: 477
Keywords: balok bertulangan bambu, kapasitas lentur, variasi jarak sengkang, jalur tekan.

Abstract

Didalam konstruksi bangunan perlu ditinjau struktur yang daktail, efektif dan efisien.
Struktur bangunan pada saat ini masih menggunakan tulangan baja yang mengakibatkan
semakin menipisnya ketersediaan baja itu sendiri. Penggunaan bambu sebagai bahan
alternatif pengganti tulangan baja pada struktur beton bertulang sangat menarik untuk
diteliti. Hal ini dikarenakan kuat tarik bambu hampir menyamai kuat tarik baja. Penelitian
ini dilakukan pada 8 buah benda uji balok beton bertulang bambu yang terkekang pada jalur takannya dengan variasi jarak sengkang. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif.
Berdasarkan penelitian diperoleh hasil pengujian kapasitas lentur dengan jarak sengkang
1,7cm sebesar 2127,5 kg, jarak sengkang 2,5cm sebesar 1782,5 kg, jarak sengkang 5cm
sebesar 1667,5 kg, dan jarak sengkang 8cm sebesar 1322,5 kg. Berdasarkan pada hasil yang telah didapatkan maka balok dengan jarak sengkang terpendek mepunyai kapasitas lentur yang besar.

References

Darmansyah. 2003. Perhitungankapasitas Penampang Kolom Beton Mutu Tinggi yang Terkekang dengan Blok Tegangan Segi Empat Ekivalen. Jurnal Dimensi teknik sipil vol 5, no 1, maret 2003,45-50, Surabaya: Universitas Kristen Petra.

Dipohusodo, Istimawan. 1999. Struktur Beton Bertulang Berdasarkan SK SNI T- 15- 1999 -3. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Ernawati, Kusuma Ferry, Uning Sri. 2004. Perkuatan Lentur Balok Kayu Sengon Dengan Menggunakan Bambu Ori. Tugas Akhir tidak diterbitkan. Universitas Negeri Malang.

Karyadi, Umniati, B. Sri & Nindyawati. 2007. Pengaruh Bentuk Pengekangan di Jalur Gaya Tekan Penampang Balok Beton Bertulangan Bambu terhadap Kapasitas Beban dan Lendutan Balok Pada Rasio Tulangan yang Berbeda. Laporan Hasil Penelitian. 1 (1).

Morisco. 1999. Bambu Sebagai Bahan Rekayasa. Pidato Pengukuhan Jabatan Lektor Kepala Madya dalam Bidang Ilmu Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

Pathurrahman, Pajrin, J. & Kusuma, D. A. 2003. Aplikasi Bambu Pilinan Sebagai Tulangan Balok Beton. Majalah Dimensi Teknik Sipil. 5 (1).

Syamsudi. 2005. Pengaruh Jarak Spasi Sengkang di Daerah Sendi Plastis (Plastic Hinge) Terhadap Daktilitas Lentur Kolom (Flexure Ductility of Coloumn).

PlumX Metrics

Published
2016-09-16
How to Cite
Kurniawan, A. M. (2016). PENGARUH VARIASI JARAK SENGKANG TERHADAP KAPASITAS LENTUR BALOK BETON BERTULANG BAMBU YANG TERKANG PADA JALUR TEKANNYA. Jurnal Qua Teknika, 6(2), 47. https://doi.org/10.35457/quateknika.v6i2.332