PERENCANAAN RUANG HENTI KHUSUS (RHK) SEPEDA MOTOR KOTA MALANG
Abstract
Kecamatan Kedungkandang kota Malang merupakan salah satu daerah dengan pengguna kendaraan sepeda motor yang cukup tinggi dan pada persimpangan bersinyal yang memiliki empat lengan pendekat yaitu Jalan Raya Ki Ageng Gribig, Jalan Danau Jonge, dan Gerbang Tol Kota Malang, dimana pada persimpangan tersebut sering terjadi kemacetan yang diakibatkan banyaknya kendaraan sepeda motor yang melewati persimpangan tersebut.
Untuk mengatasi hal tersebut, maka perlu dilakukan perencanaan ruang henti khusus (RHK) sepeda motor persimpangan bersinyal dengan tujuan : memperoleh hasil karakteristik arus lalu lintas, khususnya sepeda motor di persimpangan bersinyal tersebut, memperoleh hasil perilaku lalu lintas di persimpangan tersebut tersebut dan Memperoleh hasil desain Ruang Henti Khusus (RHK) di persimpangan tersebut
Hasil perencanaan ruang henti khusus (RHK) sepeda motor persimpangan bersinyal adalah : volume kendaraan dalam 3 hari waktu jam puncak terjadi pada hari Minggu, 10 April 2022 pada jam 16.30 – 17.30 sebesar 3129,8 smp/jam dan volume sepeda motor yang arah lurus tertinggi terjadi di pendekat utara dan selatan, Terjadi tundaan lebih dari 60 detik perkendaraan sesuai dengan PM 96 Tahun 2015 dengan hasil perhitungan diperoleh tingkat pelayanan menunjukan level of service masuk dalam kategori F, dan desain Ruang Henti Khusus (RHK) di persimpangan bersinyal untuk pendekat Utara tipe RHK= 2 lajur tanpa lajur pendekat,lebar RHK 2 x 3,3 m ,panjang utama bagian RHK = 13 m dan untuk pendekat Selatan , tipe RHK= 2 lajur tanpa lajur pendekat,Lebar RHK = 2 x 3,4 m, Panjang utama bagian=12,5m
References
Departemen Pekerjaan Umum (DPU) Direktorat Binamarga.2014. Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI).
Departemen Pekerjaan Umum. 2012. Pedoman Perencanaan Teknis Ruang Henti Khusus (RHK) Sepeda Motor pada Persimpangan Bersinyal di Perkotaan.Direktorat Jenderal Bina Marga. Puslitbang Jalan dan Jembatan : Bandung
Fadilla Muhammad. 2011. Peranan Balai Teknik Lalu Lintas dan Lingkungan Jalan Bandung dalam Mensosialisasikan Program Ruang Henti Khusus di Kalangan Pengendara Roda Dua di Bandung. Perpustakaan UNIKOM :Bandung
Idris Muhammad. 2010. Kriteria Lajur Sepeda Motor untuk Ruas Jalan Arteri Sekunder. Direktorat Jenderal Bina Marga. Puslitbang Jalan dan Jembatan :Bandung
Idris Muhammad. 2009. Penerapan Ruang Henti Khusus Sepeda Motor pada Persimpangan Bersinyal. Direktorat Jenderal Bina Marga. Puslitbang Jalan dan Jembatan : Bandung
Copyright (c) 2023 Jurnal Qua Teknika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- Author grant the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License