KARAKTERISTIK PENGEMUDI KENDARAAN RODA 2 PADA JALAN LAYANG ARJOSARI BERDASARKAN KECEPATAN PENGEMUDI

  • Achendri M. Kurniawan Jurusan Teknik Sipil, Politeknik Negeri Malang
  • Udi Subagyo Jurusan Teknik Sipil, Politeknik Negeri Malang
Abstract views: 91 , PDF downloads: 102
Keywords: Kapasitas, Jalan, DS, Kecepatan

Abstract

Meningkatnya jumlah volume lalu lintas dengan kendaraan roda dua, menjadi penyebab akan terjadinya peningkatan arus lalulintas. Hal tersebut ditandai dengan banyaknya sepeda motor yang berhenti di persimpangan ahmad yani, baik dari arah utara maupun selatan. Kendaraan sepedamotor menjadi pilihan transportasi utama penduduk kota Malang, dikarenakan kendaraan sepeda motor dapat dimiliki dengan biaya rendah, mudah dikendarai, dan dapat menjangkau tempat tujuan dengan cepat dan mudah. Dan menurut Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Malang tahun 2020 jumlah kendaraan sepeda motor berjumlah 361 329 kendaraan.

Perhitungan untuk menentukan kapasitas terlebih dahulu ditentukan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kapasitas. Berdasarkan data dari Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997 diperoleh angka dari faktor penyesuain, sehingga didapatkan kapasitas sehingga di dapatkan kapasitas jalan C sebesar 2453 smp/jam sedangkan untuk derajat kejenuhan (DS) sebesar 0,99 dari karakteristik pengemudi Penggunan kendaraan roda 2 dari 2 arah yang berbeda terlihat pengendara kendaraan roda 2 dengan kecepatan melebihi batas yang telah di tentukan yaitu 40 km/jam dengan pelanggaran kecepatan sebesar 40,67 km/jam . Pengendara roda 2 mengendarai kecepatan melebihi batas kecepatan terjadi hampir di setiap waktu baik pagi, siang ataupun sore terkecuali tidak terjadi pelanggaran kecepatan pada hari minggu siang dan sore serta pada hari senin sore hari.

References

Direktorat Jenderal Bina Marga. 1997.Manual Kapasitas Jalan Indonesia. Jakarta.

Hobbs, F. 1995. Perencanaan dan Teknik Lalu Lintas. Yogyakarta: Penerbit Gadjah Mada University Pers.

Shinar, D. 2007. Traffic Safety and Human Behavior. Amsterdam: Elsevier.

(www.disinibos.blogspot.com/2010/11denda-tilang-termahal-didunia-sebesar.html. Denda Tilang Termahal, diakses 23 Oktober 2012). Jakarta: PT Gramedia Pustaka.

Walpole, R. 1995. Pengantar Statistika edisi ke- 3, (Online),

Singarimbun, M. 1995. Metode Penelitian Survei. Jakarta: Lembaga Penelitian Pendidikan dan Penerangan Ekonomi Sosial (LP3ES).

Soewadji, J. 2012. Pengantar Metodologi Penelitian. Jakarta: Mitra Wacana Media.

PlumX Metrics

Published
2023-06-12
How to Cite
Kurniawan, A. M., & Subagyo, U. (2023). KARAKTERISTIK PENGEMUDI KENDARAAN RODA 2 PADA JALAN LAYANG ARJOSARI BERDASARKAN KECEPATAN PENGEMUDI. Jurnal Qua Teknika, 13(1), 118-132. https://doi.org/10.35457/quateknika.v13i1.2852
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)