PEMBELAJARAN PRAKTIK LANGSUNG MENYAKSIKAN MAJESTY of MASTERPIECES UNTUK MENINGKATKAN APRESIASI SENI PERTUNJUKAN SEBAGAI PENGALAMAN ESTETIKA MAHASISWA PGSD UNIVERSITAS ISLAM BALITAR
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran praktik langsung atau hands-“on learning supaya dapat memberikan pengalaman apresiasi seni pertunjukan untuk meningkatkan kemampuan berkreatifitas dan berinovasi dalam proses berkarya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil analisis data setelah penelitian tersebut menunjukan peningkatan yang signifikan pada siklus I yaitu 76,31% dan siklus II yaitu 97,36%. Penilaian tes yang meliputi jumlah ketuntasan nilai kemampuan awal mahasiswa yaitu 10 dari 38 mahasiswa dengan ketuntasan 26,31%. Hasil tersebut menunjukan penerapan metode pembelajaran praktik langsung dapat memberikan pengalaman estetika dan meningkatkan pengalaman apresiasi seni pertunjukan. Selain itu dapat juga meningkatkan kemampuan berkreativitas dan berinovasi dalam proses berkarya mahasiswa PGSD Universitas Islam Balitar..
Downloads
Copyright (c) 2018 Maria Ulfa Yudha Julistiyana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).