PEMBELAJARAN PRAKTIK LANGSUNG MENYAKSIKAN MAJESTY of MASTERPIECES UNTUK MENINGKATKAN APRESIASI SENI PERTUNJUKAN SEBAGAI PENGALAMAN ESTETIKA MAHASISWA PGSD UNIVERSITAS ISLAM BALITAR

  • Maria Ulfa Yudha Julistiyana
Abstract views: 156 , PDF downloads: 109
Keywords: Pembelajaran Praktik Langsung, Pengalaman Estetika, Apresiasi Seni Pertunjukan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran praktik langsung atau hands-“on learning supaya dapat memberikan pengalaman apresiasi seni pertunjukan untuk meningkatkan kemampuan berkreatifitas dan berinovasi dalam proses berkarya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil analisis data setelah penelitian tersebut menunjukan peningkatan yang signifikan pada siklus I yaitu 76,31% dan siklus II yaitu 97,36%. Penilaian tes yang meliputi jumlah ketuntasan nilai kemampuan awal mahasiswa yaitu 10 dari 38 mahasiswa dengan ketuntasan 26,31%. Hasil tersebut menunjukan penerapan metode pembelajaran praktik langsung dapat memberikan pengalaman estetika dan meningkatkan pengalaman apresiasi seni pertunjukan. Selain itu dapat juga meningkatkan kemampuan berkreativitas dan berinovasi dalam proses berkarya mahasiswa PGSD Universitas Islam Balitar..

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2018-01-01
How to Cite
Julistiyana, M. U. Y. (2018). PEMBELAJARAN PRAKTIK LANGSUNG MENYAKSIKAN MAJESTY of MASTERPIECES UNTUK MENINGKATKAN APRESIASI SENI PERTUNJUKAN SEBAGAI PENGALAMAN ESTETIKA MAHASISWA PGSD UNIVERSITAS ISLAM BALITAR. Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 10(1), 63-73. https://doi.org/10.35457/konstruk.v10i1.507