Implementasi Pendidikan Agama Islam dalam Melatih Kedisiplinan di Tadika Anakku Shaleh Malaysia

  • Evi Andriani Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Rizka Harfiani Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Abstract views: 16 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 6
Keywords: Etika; Observasi; Sikap

Abstract

Ketidakpedulian siswa terhadap hal-hal seperti etika, perilaku, disiplin, dan etiket menjadikan pendidikan Islam memainkan peran penting dalam membentuk pengendalian diri siswa ketika  belajar dan mengembangkan kemampuan bawaan untuk mencapai kesetaraan dan kesempurnaan dalam hidup. Penelitian ini bertujuan untuk memahami lebih lanjut cara mengintegrasikan Pendidikan Agama Islam ke dalam program pelatihan anak usia dini. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian berada di Tadika Anakku Shaleh, Malaysia. Kepala sekolah dan pemilik Tadika Anakku Shaleh menyediakan data utama untuk penelitian ini, dengan data sekunder yang berasal dari wawancara, observasi, publikasi jurnal, dan buku yang berkaitan dengan judul penelitian. Metode pengumpulan data meliputi dokumentasi observasi, wawancara, dan pengamatan terhadap peserta. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Tadika Anakku Shaleh Malaysia berhasil menciptakan anak usia dini yang disiplin melalui penerapan Pendidikan Agama Islam dalam membesarkan anak-anak agar bertanggung jawab. Sikap anak-anak dalam mematuhi peraturan sekolah menjadi indikasi keberhasilan ini

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Taufik and M. Akip, (2001). “Pembentukan Karakter Disiplin bagi Siswa,” J. Intelekt. J. Pendidik. dan Stud. Keislam., vol. 11, no. 2, pp. 122–136.

S. M. Rokyal Harjanty, (2020). “Menanamkan Disiplin pada Anak Usia Dini,” J. Penelit. dan Ilmu Pendidik., vol. 3, no. July, pp. 1–23.

S. Hanipah, (2016) “Penerapan Pendidikan Agama Islam Pada Anak Usia Dini Di Paud Nurul Islam Kota Pagar Alam,” Nuansa J. Stud. Islam dan Kemasyarakatan, vol. 9, no. 2, pp. 123–133.

M. Sabartiningsih, J. A. Muzakki, and D. Durtam, (2018) “Implementasi Pemberian Reward Dan Punishment Dalam Membentuk Karakter Disiplin Anak Usia Dini,” AWLADY J. Pendidik. Anak, vol. 4, no. 1, p. 60.

M. Khaironi, (2017) “Pendidikan Karakter Anak Usia Dini,” J. Golden Age, vol. 1, no. 02, p. 82.

R. Nurhayati, (2020) “Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Undang - Undang No, 20 Tahun 2003 dan Sistem Pendidikan Islam,” al-Afkar, J. Islam. Stud., vol. 3, no. 2.

L. Magfiroh, E. S. Desyanty, and R. A. Rahma, (2017) “Pembentukan Karakter Disiplin Anak Usia Dini Melalui Metode Pembiasaan Di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal 33 Kota Malang,” J. Pendidik. Nonform., vol. 14, no. 1, p. 54.

O. P. Unjunan and E. Budiartati, (2020) “Pelaksanaan Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini Di Paud Sekar Nagari Unnes,” Eksistensi Pendidik. Luar Sekol., vol. 5, no. 2, pp. 174–189.

F. Setiawan, A. S. Hutami, D. S. Riyadi, V. A. Arista, and Y. H. Al Dani, (2021) “Kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam,” Al-Mudarris (Jurnal Ilm. Pendidik. Islam., vol. 4, no. 1, pp. 1–22.

A. T. Saputri, (2016) “Penanaman Nilai Kemandirian dan Kedisiplinan Bagi Anak Usia Dini Siswa TK B di Kelompok Bermain Mutiara Hati Purwokerto,” .

M. Yasakur, (2016) “Strategi Guru Pendidikan Agama IslamDalam Menanamkan Kedisiplinan Beribadah Sholat Lima Waktu,” Pendidik. Islam, vol. 5.09, p. 35.

Tsaniyatus Sa’diyah, (2022) “Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Pribadi Yang Islami,” KASTA J. Ilmu Sos. Agama, Budaya dan Terap., vol. 2, no. 3, pp. 148–159.

M. I. Firmansyah, (2019) “Pendidikan Agama Islam Pengertian Tujuan Dasar Dan Fungsi,” urnal Pendidik. Agama Islam -Ta’lim, vol. 17, no. 2, pp. 79–90.

U. H. Salsabila, A. S. Hutami, S. A. Fakhiratunnisa, W. Ramadhani, and S. Yuike, (2020) “Peran Pendidikan Islam terhadap Pembentukan Karakter Disiplin Peserta Didik Unik,” J. Intelekt. J. Pendidik. dan Stud. Keislam., vol. 10, no. 3.

H. K. Astuti, (2022) “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai-nilai Ibadah di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Polorejo Babadan Ponorogo,” MA’ALIM J. Pendidik. Islam, vol. 3, no. 02, pp. 187–200.

F. M. QUTSI, F. Ilmu, T. Dan, U. Islam, and N. Walisongo, (2018) “6 Aspek Perkembangan Anak Usia Dini Di Ra an- Naafi ’ Mijen Kota Semarang .

N. Ihsani, N. Kurniah, and A. Suprapti, (2018) “Hubungan Metode Pembiasaan Dalam Pembelajaran Dengan Disiplin Anak Usia Dini,” J. Ilm. Potensia, vol. 3, no. 1.

R. Wasila and M. Pasaribu, (2024) “Penerapan Pendidikan Agama Islam Terhadap Pembentukan Karakter Pada Anak Usia Dini di Tadika Al-Fikh Orchard Bandar Parklands,” J. Syntax Imp. J. Ilmu Sos. dan Pendidik., vol. 5, no. 3.

S. Muhibah and I. Maisaroh, (2021) “Mengembangkan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sd Islam Tirtayasa Kota Serang,” J. Pendidik. Karakter “JAWARA,” vol. 7, no. 2.

D. H. A. Darwis, (2014) Metodologi Penelitian Pendidikan Islam. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

PlumX Metrics

Published
2025-02-19
How to Cite
Andriani, E., & Harfiani, R. (2025). Implementasi Pendidikan Agama Islam dalam Melatih Kedisiplinan di Tadika Anakku Shaleh Malaysia. Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 17(1), 226-238. https://doi.org/10.35457/konstruk.v17i1.4274