Implementasi Pendidikan Agama Islam dalam Melatih Kedisiplinan di Tadika Anakku Shaleh Malaysia
Abstract
Ketidakpedulian siswa terhadap hal-hal seperti etika, perilaku, disiplin, dan etiket menjadikan pendidikan Islam memainkan peran penting dalam membentuk pengendalian diri siswa ketika belajar dan mengembangkan kemampuan bawaan untuk mencapai kesetaraan dan kesempurnaan dalam hidup. Penelitian ini bertujuan untuk memahami lebih lanjut cara mengintegrasikan Pendidikan Agama Islam ke dalam program pelatihan anak usia dini. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian berada di Tadika Anakku Shaleh, Malaysia. Kepala sekolah dan pemilik Tadika Anakku Shaleh menyediakan data utama untuk penelitian ini, dengan data sekunder yang berasal dari wawancara, observasi, publikasi jurnal, dan buku yang berkaitan dengan judul penelitian. Metode pengumpulan data meliputi dokumentasi observasi, wawancara, dan pengamatan terhadap peserta. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Tadika Anakku Shaleh Malaysia berhasil menciptakan anak usia dini yang disiplin melalui penerapan Pendidikan Agama Islam dalam membesarkan anak-anak agar bertanggung jawab. Sikap anak-anak dalam mematuhi peraturan sekolah menjadi indikasi keberhasilan ini
Downloads
References
A. Taufik and M. Akip, (2001). “Pembentukan Karakter Disiplin bagi Siswa,” J. Intelekt. J. Pendidik. dan Stud. Keislam., vol. 11, no. 2, pp. 122–136.
S. M. Rokyal Harjanty, (2020). “Menanamkan Disiplin pada Anak Usia Dini,” J. Penelit. dan Ilmu Pendidik., vol. 3, no. July, pp. 1–23.
S. Hanipah, (2016) “Penerapan Pendidikan Agama Islam Pada Anak Usia Dini Di Paud Nurul Islam Kota Pagar Alam,” Nuansa J. Stud. Islam dan Kemasyarakatan, vol. 9, no. 2, pp. 123–133.
M. Sabartiningsih, J. A. Muzakki, and D. Durtam, (2018) “Implementasi Pemberian Reward Dan Punishment Dalam Membentuk Karakter Disiplin Anak Usia Dini,” AWLADY J. Pendidik. Anak, vol. 4, no. 1, p. 60.
M. Khaironi, (2017) “Pendidikan Karakter Anak Usia Dini,” J. Golden Age, vol. 1, no. 02, p. 82.
R. Nurhayati, (2020) “Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Undang - Undang No, 20 Tahun 2003 dan Sistem Pendidikan Islam,” al-Afkar, J. Islam. Stud., vol. 3, no. 2.
L. Magfiroh, E. S. Desyanty, and R. A. Rahma, (2017) “Pembentukan Karakter Disiplin Anak Usia Dini Melalui Metode Pembiasaan Di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal 33 Kota Malang,” J. Pendidik. Nonform., vol. 14, no. 1, p. 54.
O. P. Unjunan and E. Budiartati, (2020) “Pelaksanaan Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini Di Paud Sekar Nagari Unnes,” Eksistensi Pendidik. Luar Sekol., vol. 5, no. 2, pp. 174–189.
F. Setiawan, A. S. Hutami, D. S. Riyadi, V. A. Arista, and Y. H. Al Dani, (2021) “Kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam,” Al-Mudarris (Jurnal Ilm. Pendidik. Islam., vol. 4, no. 1, pp. 1–22.
A. T. Saputri, (2016) “Penanaman Nilai Kemandirian dan Kedisiplinan Bagi Anak Usia Dini Siswa TK B di Kelompok Bermain Mutiara Hati Purwokerto,” .
M. Yasakur, (2016) “Strategi Guru Pendidikan Agama IslamDalam Menanamkan Kedisiplinan Beribadah Sholat Lima Waktu,” Pendidik. Islam, vol. 5.09, p. 35.
Tsaniyatus Sa’diyah, (2022) “Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Pribadi Yang Islami,” KASTA J. Ilmu Sos. Agama, Budaya dan Terap., vol. 2, no. 3, pp. 148–159.
M. I. Firmansyah, (2019) “Pendidikan Agama Islam Pengertian Tujuan Dasar Dan Fungsi,” urnal Pendidik. Agama Islam -Ta’lim, vol. 17, no. 2, pp. 79–90.
U. H. Salsabila, A. S. Hutami, S. A. Fakhiratunnisa, W. Ramadhani, and S. Yuike, (2020) “Peran Pendidikan Islam terhadap Pembentukan Karakter Disiplin Peserta Didik Unik,” J. Intelekt. J. Pendidik. dan Stud. Keislam., vol. 10, no. 3.
H. K. Astuti, (2022) “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai-nilai Ibadah di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Polorejo Babadan Ponorogo,” MA’ALIM J. Pendidik. Islam, vol. 3, no. 02, pp. 187–200.
F. M. QUTSI, F. Ilmu, T. Dan, U. Islam, and N. Walisongo, (2018) “6 Aspek Perkembangan Anak Usia Dini Di Ra an- Naafi ’ Mijen Kota Semarang .
N. Ihsani, N. Kurniah, and A. Suprapti, (2018) “Hubungan Metode Pembiasaan Dalam Pembelajaran Dengan Disiplin Anak Usia Dini,” J. Ilm. Potensia, vol. 3, no. 1.
R. Wasila and M. Pasaribu, (2024) “Penerapan Pendidikan Agama Islam Terhadap Pembentukan Karakter Pada Anak Usia Dini di Tadika Al-Fikh Orchard Bandar Parklands,” J. Syntax Imp. J. Ilmu Sos. dan Pendidik., vol. 5, no. 3.
S. Muhibah and I. Maisaroh, (2021) “Mengembangkan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sd Islam Tirtayasa Kota Serang,” J. Pendidik. Karakter “JAWARA,” vol. 7, no. 2.
D. H. A. Darwis, (2014) Metodologi Penelitian Pendidikan Islam. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Copyright (c) 2025 Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).