Implementasi Pedagogik Guru dalam Kurikulum Merdeka: Studi Literatur
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi kompetensi pedagogik pendidik dalam kurikulum merdeka. Kurikulum Merdeka memberikan kebebasan dan fleksibilitas dengan tujuan mengembangkan keterampilan abad Ke-21 yang dibutuhkan peserta didik. Kompetensi pedagogik sangat penting dalam mendukung keberhasilan implementasi kurikulum merdeka yang menjadi salah satu faktor dasar yang bergantung pada kemampuan kompetensi pendidik. Penelitian ini menggunakan pendekatan library research dengan cara dengan cara mengumpulkan, menganalisis, dan menyintesis sumber literatur ilmiah yang terkait dengan kajian penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik pendidik dalam pelaksanaan kurikulum merdeka yang dilakukan pada beberapa sekolah sudah terpenuhi dan cukup baik. Pendidik mampu mengelola kegiatan belajar-mengajar dengan baik dan sesuai dengan indikator yang harus dicapai dalam kurikulum.Namun demikian, tetap dibutuhkan upaya dalam meningkatkan dan mengembangkan kompetensi pedagogik melalui evaluasi sertapengembangan lebih lanjut.
Downloads
References
Aan Setiawan, “Problematika Guru Dalam Menerapkan Kurikuum Merdeka Belajar Di Sd Islam Terpadu Tahfidzulqur’an Lembang,” Al-Mutsla, vol. 6, no. 1, pp. 281–291, 2024, doi: 10.46870/jstain.v6i1.1091.
D. Ginanjar, F. Fuad, M. Abduh, B. B. Mulyana, A. M. Rahman, and H. Nuraeni, “Perkembangan Kurikulum di Indonesia: Adaptasi terhadap Perubahan Zaman dan Kebutuhan Masyarakat,” vol. 2, no. 3, pp. 296–306, 2024.
T. Pawartani and O. A. Suciptaningsih, “Pengembangan Kompetensi Guru untuk Mendukung Implementasi Kurikulum Merdeka,” JIIP - J. Ilm. Ilmu Pendidik., vol. 7, no. 3, pp. 2182–2191, 2024, doi: 10.54371/jiip.v7i3.3478.
N. M. Nisak and D. I. F. Anggraini, “Analisis Kompetensi Pedagogik Guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SD Muhammadiyah 1 Candi,” JIIP - J. Ilm. Ilmu Pendidik., vol. 7, no. 2, pp. 1410–1414, 2024, doi: 10.54371/jiip.v7i2.3445.
S. Aenah, S. Hartinah, and suriswo Suriswo, “Strategi Sweet Love Membangun Kompetensi Pedagogi Guru Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka,” J. Educ. Res., vol. 4, no. 4, pp. 1814–1823, 2023.
E. Y. Haenilah, R. A. Siregar, and B. Setiyadi, “Analisis Pemahaman Guru terhadap Kurikulum Merdeka Melalui Kompetensi Pedagogik,” vol. 4, pp. 55–64, 2024.
J. M. Voogt, J. M. Pieters, and A. Handelzalts, “Teacher collaboration in curriculum design teams: effects, mechanisms, and conditions,” Educ. Res. Eval., vol. 22, no. 3–4, pp. 121–140, 2016, doi: 10.1080/13803611.2016.1247725.
Y. Tri and T. Muhtar, “Urgensi Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pembelajaran Abad Ke- 21 : Studi Kritis Pedagogik Futuristik,” vol. 10, no. 1, pp. 389–395, 2025.
P. R. D. Mustika, “Strategi Pengembangan Kompetensi Pedagogik Guru Kelas V dalam Penerapan Kurikulum Merdeka di SD Negeri 182 Pekanbaru,” Indones. Res. J. Educ. Web, vol. 4, pp. 550–558, 2024.
Suttrisno; and M. N. Yulia, “Teacher Competency Development in Designing Learning in the Independent Curriculum,” AL-MUDARRIS J. Educ., vol. 5, no. 1, pp. 90–96, 2022, doi: 10.32478/al-mudarris.v.
Sahudi, “INDEPENDENT CURRICULUM AND 21ST CENTURY LEARNING CASE STUDY AT MTS. KANJENG SEPUH SIDAYU GRESIK),” Intelegensia J. Pendidik. Islam, vol. 12, no. 02, pp. 38–53, 2024.
S. Khusna, I. Khasanah, M. M. Musa, and J. Rini, “Kurikulum Merdeka Belajar melalui Pembelajaran Abad 21 untuk Meningkatkan Kompetensi 4C Siswa Madrasah Ibtidaiyah,” Pros. Semai 2 Semin. Nas. PGMI, vol. 1, no. 1, pp. 22–34, 2023.
J. König, D. J. Jäger-Biela, and N. Glutsch, “Adapting to online teaching during COVID-19 school closure: teacher education and teacher competence effects among early career teachers in Germany,” Eur. J. Teach. Educ., vol. 43, no. 4, pp. 608–622, 2020, doi: 10.1080/02619768.2020.1809650.
Y. B. Angkoso, Y. Soepriyanto, and E. P. Adi, “( TPACK ) SKILLS OF PRIMARY SCHOOL TEACHER EDUCATION,” 2024.
I. R. Kurnia, A. Barokah, E. Edora, and I. Syafitri, “Analisis Empat Standar Kompetensi Guru Di Lingkungan Sekolah Dasar,” J. Pendidik. Dasar, vol. 15, no. 1, pp. 65–74, 2024, doi: 10.21009/jpd.v15i1.44806.
N. K. I. Batubara, A. I. Sinaga, and H. Haidir, “Analisis kompetensi pedagogik guru fikih dalam melaksanakan pembelajaran pada kurikulum merdeka di madrasah aliyah,” J. Educ. J. Pendidik. Indones., vol. 10, no. 1, p. 300, 2024, doi: 10.29210/1202424138.
E. Purwati and D. Sukirman, “Teacher competence development in Kurikulum Merdeka implementation: A literature study,” Inov. Kurikulum, vol. 21, no. 1, pp. 41–54, 2024, doi: 10.17509/jik.v21i1.62277.
N. M. A. Karimah, “Pengaruh Kompetensi Profesional Pendidik Dalam Mengembangkan Karakter Siswa (Implementasi Kurikulum Merdeka di MIN 1 Sumenep),” J. EDUKASI Pendidik. GURU MADRASAH IBTIDAIYAH, vol. 2, no. 2, pp. 115–130, 2024.
W. Syafutra, H. Remora, and E. Sovensi, “Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat ( JPPM ) Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat ( JPPM ),” J. Pengabdi. Pendidik. Masy., vol. 3, no. 2, pp. 108–118, 2022, [Online]. Available: https://ejournal.stkip-mmb.ac.id/index.php/JPPM/article/view/917/526
M. I. Hasan, Pokok-pokok materi metodologi penelitian dan aplikasinya : dilengkapi dengan proposal penelitian dan laporan penelitian (skripsi/tesis. Jakarta: Ghalia Indonesia, 2002.
P. D. N. Spiritual, “1,2,3 ,” pp. 197–206, 2024, doi: 10.15642/jkpi.2024.14.2.197-206.
M. C. Abdurrohman, “Perencanaan Kurikulum Pendidikan Islam,” vol. 6, no. 1, pp. 2–4, 2022.
E. Ramadina, “Kurikulum Merdeka planning in schools: Case study at SMA N 1 Kalidawir,” Inov. Kurikulum, vol. 21, no. 1, pp. 529–544, 2024, doi: 10.17509/jik.v21i1.66012.
E. Ramadina, “Peran Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar,” Mozaic Islam Nusant., vol. 7, no. 2, pp. 131–142, 2021, doi: 10.47776/mozaic.v7i2.252.
S. Hadi and D. Wahyudin, “School readiness analysis in implementing differentiated learning in Kurikulum Merdeka,” Inov. Kurikulum, vol. 21, no. 2, pp. 897–908, 2024, doi: 10.17509/jik.v21i2.68994.
N. A. P. Lestari, L. T. S. Wahyuni, I. W. Lasmawan, I. W. Suastra, M. S. A. Dewi, and N. M. I. P. Astuti, “Kurikulum Merdeka Sebagai Inovasi Menjawab Tantangan Era Society 5.0 Di Sekolah Dasar,” J. Ilm. Pendidik. Citra Bakti, vol. 10, no. 4, pp. 736–746, 2023, doi: 10.38048/jipcb.v10i4.1996.
A. M. Suhandi and F. Robi’ah, “Guru dan Tantangan Kurikulum Baru: Analisis Peran Guru dalam Kebijakan Kurikulum Baru,” J. Basicedu, vol. 6, no. 4, pp. 5936–5945, 2022, doi: 10.31004/basicedu.v6i4.3172.
M. Mulyono, Y. Prihatin, and H. Sudibyo, “Implementasi Managemen Mutu dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru SMP,” J. Educ. Res., vol. 5, no. 3, pp. 3867–3872, 2024, doi: 10.37985/jer.v5i3.1493.
T. M. Ishmahani Sobarningsih, “KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU ABAD KE-21: SEBUAH TINJAUAN PERAN GURU PADA GENERASI Z,” Syntax Lit. J. Ilm. Indones., vol. 7, no. 5, pp. 356–363, 2022.
G. M. Ratri, F. P. Artharina, and A. . S. Ysh, “Analisis Kompetensi Pedagogik Guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Kelas IV SDN 1 Tanggel,” Wawasan Pendidik., vol. 4, no. 1, pp. 19–31, 2024, doi: 10.26877/wp.v4i1.16583.
P. D. J. P. Lestari, I. Bahrozi, and I. Yuliana, “Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pelaksanaan Kurikulum Merdeka,” J. Rev. Pendidik. Dasar J. Kaji. Pendidik. dan Has. Penelit., vol. 9, no. 3, pp. 153–160, 2023, doi: 10.26740/jrpd.v9n3.p153-160.
S. Hamdi, C. Triatna, and N. Nurdin, “Kurikulum Merdeka dalam Perspektif Pedagogik,” SAP (Susunan Artik. Pendidikan), vol. 7, no. 1, pp. 10–17, 2022, doi: 10.30998/sap.v7i1.13015
Copyright (c) 2025 Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).