Implementasi Pedagogik Guru dalam Kurikulum Merdeka: Studi Literatur

  • Mifta Huljannah Langkau Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Nurhadi Nurhadi Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Nur Qomari 3Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Abstract views: 50 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 28
Keywords: Kompetensi; Pendidik; Evaluasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi kompetensi pedagogik pendidik dalam kurikulum merdeka. Kurikulum Merdeka memberikan kebebasan dan fleksibilitas dengan tujuan mengembangkan keterampilan abad Ke-21 yang dibutuhkan peserta didik. Kompetensi pedagogik sangat penting dalam mendukung keberhasilan implementasi kurikulum merdeka yang menjadi salah satu faktor dasar yang bergantung pada kemampuan kompetensi pendidik. Penelitian ini menggunakan pendekatan library research dengan cara dengan cara mengumpulkan, menganalisis, dan menyintesis sumber literatur ilmiah yang terkait dengan kajian penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik pendidik dalam pelaksanaan kurikulum merdeka yang dilakukan pada beberapa sekolah sudah terpenuhi dan cukup baik. Pendidik mampu mengelola kegiatan belajar-mengajar dengan baik dan sesuai dengan indikator yang harus dicapai dalam kurikulum.Namun demikian, tetap dibutuhkan upaya dalam meningkatkan dan mengembangkan kompetensi pedagogik melalui evaluasi sertapengembangan lebih lanjut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aan Setiawan, “Problematika Guru Dalam Menerapkan Kurikuum Merdeka Belajar Di Sd Islam Terpadu Tahfidzulqur’an Lembang,” Al-Mutsla, vol. 6, no. 1, pp. 281–291, 2024, doi: 10.46870/jstain.v6i1.1091.

D. Ginanjar, F. Fuad, M. Abduh, B. B. Mulyana, A. M. Rahman, and H. Nuraeni, “Perkembangan Kurikulum di Indonesia: Adaptasi terhadap Perubahan Zaman dan Kebutuhan Masyarakat,” vol. 2, no. 3, pp. 296–306, 2024.

T. Pawartani and O. A. Suciptaningsih, “Pengembangan Kompetensi Guru untuk Mendukung Implementasi Kurikulum Merdeka,” JIIP - J. Ilm. Ilmu Pendidik., vol. 7, no. 3, pp. 2182–2191, 2024, doi: 10.54371/jiip.v7i3.3478.

N. M. Nisak and D. I. F. Anggraini, “Analisis Kompetensi Pedagogik Guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SD Muhammadiyah 1 Candi,” JIIP - J. Ilm. Ilmu Pendidik., vol. 7, no. 2, pp. 1410–1414, 2024, doi: 10.54371/jiip.v7i2.3445.

S. Aenah, S. Hartinah, and suriswo Suriswo, “Strategi Sweet Love Membangun Kompetensi Pedagogi Guru Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka,” J. Educ. Res., vol. 4, no. 4, pp. 1814–1823, 2023.

E. Y. Haenilah, R. A. Siregar, and B. Setiyadi, “Analisis Pemahaman Guru terhadap Kurikulum Merdeka Melalui Kompetensi Pedagogik,” vol. 4, pp. 55–64, 2024.

J. M. Voogt, J. M. Pieters, and A. Handelzalts, “Teacher collaboration in curriculum design teams: effects, mechanisms, and conditions,” Educ. Res. Eval., vol. 22, no. 3–4, pp. 121–140, 2016, doi: 10.1080/13803611.2016.1247725.

Y. Tri and T. Muhtar, “Urgensi Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pembelajaran Abad Ke- 21 : Studi Kritis Pedagogik Futuristik,” vol. 10, no. 1, pp. 389–395, 2025.

P. R. D. Mustika, “Strategi Pengembangan Kompetensi Pedagogik Guru Kelas V dalam Penerapan Kurikulum Merdeka di SD Negeri 182 Pekanbaru,” Indones. Res. J. Educ. Web, vol. 4, pp. 550–558, 2024.

Suttrisno; and M. N. Yulia, “Teacher Competency Development in Designing Learning in the Independent Curriculum,” AL-MUDARRIS J. Educ., vol. 5, no. 1, pp. 90–96, 2022, doi: 10.32478/al-mudarris.v.

Sahudi, “INDEPENDENT CURRICULUM AND 21ST CENTURY LEARNING CASE STUDY AT MTS. KANJENG SEPUH SIDAYU GRESIK),” Intelegensia J. Pendidik. Islam, vol. 12, no. 02, pp. 38–53, 2024.

S. Khusna, I. Khasanah, M. M. Musa, and J. Rini, “Kurikulum Merdeka Belajar melalui Pembelajaran Abad 21 untuk Meningkatkan Kompetensi 4C Siswa Madrasah Ibtidaiyah,” Pros. Semai 2 Semin. Nas. PGMI, vol. 1, no. 1, pp. 22–34, 2023.

J. König, D. J. Jäger-Biela, and N. Glutsch, “Adapting to online teaching during COVID-19 school closure: teacher education and teacher competence effects among early career teachers in Germany,” Eur. J. Teach. Educ., vol. 43, no. 4, pp. 608–622, 2020, doi: 10.1080/02619768.2020.1809650.

Y. B. Angkoso, Y. Soepriyanto, and E. P. Adi, “( TPACK ) SKILLS OF PRIMARY SCHOOL TEACHER EDUCATION,” 2024.

I. R. Kurnia, A. Barokah, E. Edora, and I. Syafitri, “Analisis Empat Standar Kompetensi Guru Di Lingkungan Sekolah Dasar,” J. Pendidik. Dasar, vol. 15, no. 1, pp. 65–74, 2024, doi: 10.21009/jpd.v15i1.44806.

N. K. I. Batubara, A. I. Sinaga, and H. Haidir, “Analisis kompetensi pedagogik guru fikih dalam melaksanakan pembelajaran pada kurikulum merdeka di madrasah aliyah,” J. Educ. J. Pendidik. Indones., vol. 10, no. 1, p. 300, 2024, doi: 10.29210/1202424138.

E. Purwati and D. Sukirman, “Teacher competence development in Kurikulum Merdeka implementation: A literature study,” Inov. Kurikulum, vol. 21, no. 1, pp. 41–54, 2024, doi: 10.17509/jik.v21i1.62277.

N. M. A. Karimah, “Pengaruh Kompetensi Profesional Pendidik Dalam Mengembangkan Karakter Siswa (Implementasi Kurikulum Merdeka di MIN 1 Sumenep),” J. EDUKASI Pendidik. GURU MADRASAH IBTIDAIYAH, vol. 2, no. 2, pp. 115–130, 2024.

W. Syafutra, H. Remora, and E. Sovensi, “Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat ( JPPM ) Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat ( JPPM ),” J. Pengabdi. Pendidik. Masy., vol. 3, no. 2, pp. 108–118, 2022, [Online]. Available: https://ejournal.stkip-mmb.ac.id/index.php/JPPM/article/view/917/526

M. I. Hasan, Pokok-pokok materi metodologi penelitian dan aplikasinya : dilengkapi dengan proposal penelitian dan laporan penelitian (skripsi/tesis. Jakarta: Ghalia Indonesia, 2002.

P. D. N. Spiritual, “1,2,3 ,” pp. 197–206, 2024, doi: 10.15642/jkpi.2024.14.2.197-206.

M. C. Abdurrohman, “Perencanaan Kurikulum Pendidikan Islam,” vol. 6, no. 1, pp. 2–4, 2022.

E. Ramadina, “Kurikulum Merdeka planning in schools: Case study at SMA N 1 Kalidawir,” Inov. Kurikulum, vol. 21, no. 1, pp. 529–544, 2024, doi: 10.17509/jik.v21i1.66012.

E. Ramadina, “Peran Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar,” Mozaic Islam Nusant., vol. 7, no. 2, pp. 131–142, 2021, doi: 10.47776/mozaic.v7i2.252.

S. Hadi and D. Wahyudin, “School readiness analysis in implementing differentiated learning in Kurikulum Merdeka,” Inov. Kurikulum, vol. 21, no. 2, pp. 897–908, 2024, doi: 10.17509/jik.v21i2.68994.

N. A. P. Lestari, L. T. S. Wahyuni, I. W. Lasmawan, I. W. Suastra, M. S. A. Dewi, and N. M. I. P. Astuti, “Kurikulum Merdeka Sebagai Inovasi Menjawab Tantangan Era Society 5.0 Di Sekolah Dasar,” J. Ilm. Pendidik. Citra Bakti, vol. 10, no. 4, pp. 736–746, 2023, doi: 10.38048/jipcb.v10i4.1996.

A. M. Suhandi and F. Robi’ah, “Guru dan Tantangan Kurikulum Baru: Analisis Peran Guru dalam Kebijakan Kurikulum Baru,” J. Basicedu, vol. 6, no. 4, pp. 5936–5945, 2022, doi: 10.31004/basicedu.v6i4.3172.

M. Mulyono, Y. Prihatin, and H. Sudibyo, “Implementasi Managemen Mutu dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru SMP,” J. Educ. Res., vol. 5, no. 3, pp. 3867–3872, 2024, doi: 10.37985/jer.v5i3.1493.

T. M. Ishmahani Sobarningsih, “KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU ABAD KE-21: SEBUAH TINJAUAN PERAN GURU PADA GENERASI Z,” Syntax Lit. J. Ilm. Indones., vol. 7, no. 5, pp. 356–363, 2022.

G. M. Ratri, F. P. Artharina, and A. . S. Ysh, “Analisis Kompetensi Pedagogik Guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Kelas IV SDN 1 Tanggel,” Wawasan Pendidik., vol. 4, no. 1, pp. 19–31, 2024, doi: 10.26877/wp.v4i1.16583.

P. D. J. P. Lestari, I. Bahrozi, and I. Yuliana, “Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pelaksanaan Kurikulum Merdeka,” J. Rev. Pendidik. Dasar J. Kaji. Pendidik. dan Has. Penelit., vol. 9, no. 3, pp. 153–160, 2023, doi: 10.26740/jrpd.v9n3.p153-160.

S. Hamdi, C. Triatna, and N. Nurdin, “Kurikulum Merdeka dalam Perspektif Pedagogik,” SAP (Susunan Artik. Pendidikan), vol. 7, no. 1, pp. 10–17, 2022, doi: 10.30998/sap.v7i1.13015

PlumX Metrics

Published
2025-02-10
How to Cite
Langkau, M. H., Nurhadi, N., & Qomari, N. (2025). Implementasi Pedagogik Guru dalam Kurikulum Merdeka: Studi Literatur. Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 17(1), 195-205. https://doi.org/10.35457/konstruk.v17i1.4169