Penerapan Pembelajaran Pictory AI untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Kelas IV SDN Kembangkuning
Abstract
Kurangnya minat siswa saat menyimak materi tanpa media sering kali menyebabkan kesulitan mereka dalam menyimpan informasi yang didengar. Banyak siswa kehilangan konsentrasi selama kegiatan menyimak, yang pada gilirannya merugikan kemampuan mereka untuk menyerap informasi dengan baik. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan memanfaatkan media pembelajaran elektronik dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan dan efektivitas keterampilan menyimak menggunakan Pictory AI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan desain Spiral yang dikembangkan oleh Kemmis dan McTaggart. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keterampilan menyimak siswa, yang terlihat dari analisis data yang menunjukkan perbaikan nilai keterampilan menyimak mereka. Pada tahap pratindakan, rata-rata nilai kemampuan menyimak siswa berada di angka 64,5, dan setelah penerapan media Pictory AI pada siklus II, nilai rata-rata meningkat menjadi 82. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penggunaan Pictory AI dalam pembelajaran menyimak efektif dalam meningkatkan keterampilan menyimak siswa kelas IV SDN Kembangkuning.
Downloads
References
Aminah, S., & Yusnaldi, E. (2024). Pengembangan Media Smart box Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Madrasah Ibtidaiyah. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(3), 3077–3086. https://jurnaldidaktika.org.
Aryani, S., Rodiyana, R., & Mahpudin. (2021). Media Audio Visual Untuk Keterampilan Menyimak Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 3(3), 266-270. Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/605. .
Arwani, M., & Wulandari, R. S. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Wayang Beber Kreasi Terhadap Kemampuan Bercerita Siswa. In Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 14 (1).
Fauziyati, W. R. (2023). Dampak Penggunaan Artificial Intelligence (Ai) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 2180–2187. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21623 .
Iskandar, D, & Narsim. (2015). PTK dan Publikasi (Cetakan Id.). Cilacap. Ihya Media.
Kibari, M. A., Ratumbuysang, M. F. N. G., & Mansur, H. (2023). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Pictory.Ai pada Mata Kuliah Manajemen Koperasi dan UMKM Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi. Jurnal Kependidikan, 12(4). https://jurnaldidaktika.org867
Kurniaman, otang, & Huda, muhammad nailul. (2018). Penerapan Strategi Bercerita Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Siswa Kelas Iii Sd Muhamadiyah 6 Pekanbaru. Prmary : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 7 (2), 249–255.
Lisnawati, & Syamsuardi. (2019). Artikel Jurnal Terindeks Copernicus - Peningkatan Kemampuan Menyimak Melalui Bercerita. TEMATIK, 5 (2), 94–100.
Massitoh, E. I. (2021). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Keterampilan Menyimak. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 3(3), 330-333. Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/614
Musyadad, V. F., Susan, Syifa, Tiara, & Sepiah. (2023). Upaya Peningkatan Keterampilan Menyimak Sekolah Dasar Melalui Media Audio Visual. In Jurnal Primary Edu (JPE). 1(1).
Putri, D., Elvina, D., Bahasa, P., Indonesia, S., Rokania, S., Kabupaten, R., Hulu, R., & Sekolah, P. G. (2019). Penerapan Metode Game’s untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis dan Karakter Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. BAHASTRA. 39 (2) 9-15.
Rohani. (2020). Media Pembelajaran. Diktat Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatera Barat, 3.
Sholikha, C. J., Dewi, A. L. S., & Andjariani, E. W. (2022). Pengembangan Media Audiovisual untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis pada Kelas IV Sekolah Dasar. KONSTRUKTIVISME, 14(2), 2442–2355. https://doi.org/10.35457/konstruk.v14i2.1968
Sinta, F. (2022). 6 Analisis Keterampilan Menyimak Melalui Pendekatan Saintifik Pada Anak Kelas IV di SD Negeri 6 Rejang Lebong. Scholastica Journal, 5(1), 16–22.
Utomo, P., Asvio, N., & Prayogi, F. (2024). Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK): Panduan Praktis untuk Guru dan Mahasiswa di Institusi Pendidikan. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(4), 19. https://doi.org/10.47134/ptk.v1i4.821
Copyright (c) 2025 Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).