Penerapan Pembelajaran Pictory AI untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Kelas IV SDN Kembangkuning

  • Dian Wijayanti Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Rahma Hofifah Supriyadi Muhammadiyah Purworejo University
  • Arum Ratnaningsih Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Rizki Habibah SDN Kembangkuning
Abstract views: 8 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 9
Keywords: Analisis; Elektronik; Eksplorasi

Abstract

Kurangnya minat siswa saat menyimak materi tanpa media sering kali menyebabkan kesulitan mereka dalam menyimpan informasi yang didengar. Banyak siswa kehilangan konsentrasi selama kegiatan menyimak, yang pada gilirannya merugikan kemampuan mereka untuk menyerap informasi dengan baik. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan memanfaatkan media pembelajaran elektronik dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan dan efektivitas keterampilan menyimak menggunakan Pictory AI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan desain Spiral yang dikembangkan oleh Kemmis dan McTaggart. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keterampilan menyimak siswa, yang terlihat dari analisis data yang menunjukkan perbaikan nilai keterampilan menyimak mereka. Pada tahap pratindakan, rata-rata nilai kemampuan menyimak siswa berada di angka 64,5, dan setelah penerapan media Pictory AI pada siklus II, nilai rata-rata meningkat menjadi 82. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penggunaan Pictory AI dalam pembelajaran menyimak efektif dalam meningkatkan keterampilan menyimak siswa kelas IV SDN Kembangkuning.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aminah, S., & Yusnaldi, E. (2024). Pengembangan Media Smart box Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Madrasah Ibtidaiyah. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(3), 3077–3086. https://jurnaldidaktika.org.

Aryani, S., Rodiyana, R., & Mahpudin. (2021). Media Audio Visual Untuk Keterampilan Menyimak Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 3(3), 266-270. Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/605. .

Arwani, M., & Wulandari, R. S. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Wayang Beber Kreasi Terhadap Kemampuan Bercerita Siswa. In Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 14 (1).

Fauziyati, W. R. (2023). Dampak Penggunaan Artificial Intelligence (Ai) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 2180–2187. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21623 .

Iskandar, D, & Narsim. (2015). PTK dan Publikasi (Cetakan Id.). Cilacap. Ihya Media.

Kibari, M. A., Ratumbuysang, M. F. N. G., & Mansur, H. (2023). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Pictory.Ai pada Mata Kuliah Manajemen Koperasi dan UMKM Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi. Jurnal Kependidikan, 12(4). https://jurnaldidaktika.org867

Kurniaman, otang, & Huda, muhammad nailul. (2018). Penerapan Strategi Bercerita Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Siswa Kelas Iii Sd Muhamadiyah 6 Pekanbaru. Prmary : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 7 (2), 249–255.

Lisnawati, & Syamsuardi. (2019). Artikel Jurnal Terindeks Copernicus - Peningkatan Kemampuan Menyimak Melalui Bercerita. TEMATIK, 5 (2), 94–100.

Massitoh, E. I. (2021). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Keterampilan Menyimak. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 3(3), 330-333. Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/614

Musyadad, V. F., Susan, Syifa, Tiara, & Sepiah. (2023). Upaya Peningkatan Keterampilan Menyimak Sekolah Dasar Melalui Media Audio Visual. In Jurnal Primary Edu (JPE). 1(1).

Putri, D., Elvina, D., Bahasa, P., Indonesia, S., Rokania, S., Kabupaten, R., Hulu, R., & Sekolah, P. G. (2019). Penerapan Metode Game’s untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis dan Karakter Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. BAHASTRA. 39 (2) 9-15.

Rohani. (2020). Media Pembelajaran. Diktat Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatera Barat, 3.

Sholikha, C. J., Dewi, A. L. S., & Andjariani, E. W. (2022). Pengembangan Media Audiovisual untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis pada Kelas IV Sekolah Dasar. KONSTRUKTIVISME, 14(2), 2442–2355. https://doi.org/10.35457/konstruk.v14i2.1968

Sinta, F. (2022). 6 Analisis Keterampilan Menyimak Melalui Pendekatan Saintifik Pada Anak Kelas IV di SD Negeri 6 Rejang Lebong. Scholastica Journal, 5(1), 16–22.

Utomo, P., Asvio, N., & Prayogi, F. (2024). Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK): Panduan Praktis untuk Guru dan Mahasiswa di Institusi Pendidikan. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(4), 19. https://doi.org/10.47134/ptk.v1i4.821

PlumX Metrics

Published
2025-01-20
How to Cite
Wijayanti, D., Supriyadi, R. H., Ratnaningsih, A., & Habibah, R. (2025). Penerapan Pembelajaran Pictory AI untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Kelas IV SDN Kembangkuning. Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 17(1), 110-119. https://doi.org/10.35457/konstruk.v17i1.4136