Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Pencernaan di SMA Negeri 1 Peusangan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan model Discovery Learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Peusangan. Jenis yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Sumber data adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Peusangan yang berjumlah 29 orang siswa. Teknik pengumpulan data dengan tes dan observasi. Pelaksanaan dikatakan berhasil bila >75% dari jumlah siswa memperoleh skor kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Akhir tindakan >75%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh persentase 68% dan terjadi peningkatan pada siklus II 89%. Aktivitas guru pada siklus I tindakan I dengan persentase 71,25% dan hasil observasi pada tindakan II dengan persentase 78,75%. Sedangkan aktivitas guru siklus I tindakan I dengan persentase 87,5%, dan hasil obsevasi pada siklus II tindakan II dengan persentase 96,25%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada materi Sistem Pencernaan Pada Manusia kelas XI SMA Negeri 1 Peusangan.
Downloads
References
DEPDIKNAS. 2004. Standar Kompetensi Guru Pemula SMP-SMA. Jakarta: Departeman Pendidikan dan Kebudayaan Dirjen Pendidikan Tinggi.
Dari, F. W., & Ahmad, S. 2020. Model Discovery Learning Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4 (2), 1469–1479.
Sinar. 2018. Metode Active Learning (Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa). Yogyakarta: Budi Utama.
Elistiani, Enawaty, E., Lestari, I., Rasmawan, R., & Sartika, R. P. 2022. Analisis Kemandirian Belajar Siswa Madrasah Tsanaiyah Negeri di Kota Pontianak pada Mata Pelajaran IPA. JIPI: Jurnal IPA Dan Pembelajaran IPA, 6(2), 195–206. https://doi.org/10.24815/jipi.v6i2.25494
Hasruddin, & Lumbangkup, E. 2021. Keterampilan Berpikir Tingkat Dan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pelita Pendidikan, 9(1): 039-043
Sunarto, M. F., & Amalia, N. 2022. Penggunaan Model Discovery Learning Guna Menciptakan Kemandirian dan Kreativitas Peserta Didik. BAHTERA: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 21(1), 94-100
Hermawan. 2022. Model Pembelajaran Discovery Learning. Bandung: Manggu Makmur Tanjung Lestari.
Heris, Hendrian dan Afrilianto. 2018. Panduan Bagi Guru Penelitian Tindakan Kelas Suatu Karya Tulis Ilmiah. PT Refika Aditama
Asrori & Rusman. 2020. classroom action research pengembangan kompetensi guru. Pena Persada.
Riduwan, 2012. Metode & Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sommeng, F., Yani, S., Fathannia, R.D., 2019. Identifikasi Bakteri Udara di Ruang Operasi dengan Bakteri pada Luka Infeksi Pasien Pasca Operasi di Rumah Sakit Ibnu Sina. Universitas Muslim Indonesia. Makassar. Vol. 4 (1).
Masnur, M. 2012. KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. PT Bumi Aksara
Juwita, S. 2021. Pengembangan Media Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Eclipse Crossword pada Mata Pelajaran Biologi Kelas XI SMA [Other, Universitas Jambi]. https://repository.unja.ac.id/27177/
Ndia, F. X., Mago, O. Y. T., & Bare, Y. 2021. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Koopertif Tipe Jigsaw Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas VII SMP. Quagga: Jurnal Pendidikan dan Biologi, 13(2).
Bahtiar, B., & Dukomalamo, N. 2019. Basic science process skills of biology laboratory practice: improving through discovery learning. Biosfer, 12(1), 83–93. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.v12n1.83- 93
Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Husain, Rusmin. 2016. Permasalahan Guru Dalam Menerapkan Penilaian Autentik Di Sekolah Dasar. (http://repository.ung.ac.id/karyailmiah/show/1219/permasalahan-gurudalam-menerapkan-penilaian-autentik-di-sekolah-dasar.html), diakses 4 Oktober 2024
Sukardi, Ismail., Indah Wiganti., dan Imas Masripah. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Biologi Kelas VII di MTS Patra Mandiri Plaju Palembang. Jurnal Bioilmi. Vol 1, No 1, Agustus 2015.
Pratiwi, Cindi., dkk. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Materi Pesawat Sederhana. Jurnal Pena Ilmiah. 2(1): halaman 293-294.
Copyright (c) 2025 Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).