Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Pencernaan di SMA Negeri 1 Peusangan

  • Tutiliana Tutiliana Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Al Muslem
  • M. Danil Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Almuslim Bireuen Aceh
  • Zainatul Hasanah Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Almuslim Bireuen Aceh
  • Fakhrurrazi Fakhrurrazi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Serambi Mekkah, Banda Aceh
  • Almukarramah Almukarramah Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Serambi Mekkah, Banda Aceh
Abstract views: 118 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 66
Keywords: Implementasi; Metode; Kemampuan; Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan model Discovery Learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Peusangan. Jenis yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Sumber data adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Peusangan yang berjumlah 29 orang siswa. Teknik pengumpulan data dengan tes dan observasi. Pelaksanaan dikatakan berhasil bila >75% dari jumlah siswa memperoleh skor kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Akhir tindakan >75%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh persentase 68% dan terjadi peningkatan pada siklus II 89%. Aktivitas guru pada siklus I tindakan I dengan persentase 71,25% dan hasil observasi pada tindakan II dengan persentase 78,75%. Sedangkan aktivitas guru siklus I tindakan I dengan persentase 87,5%, dan hasil obsevasi pada siklus II tindakan II dengan persentase 96,25%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada materi Sistem Pencernaan Pada Manusia kelas XI SMA Negeri 1 Peusangan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

DEPDIKNAS. 2004. Standar Kompetensi Guru Pemula SMP-SMA. Jakarta: Departeman Pendidikan dan Kebudayaan Dirjen Pendidikan Tinggi.

Dari, F. W., & Ahmad, S. 2020. Model Discovery Learning Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4 (2), 1469–1479.

Sinar. 2018. Metode Active Learning (Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa). Yogyakarta: Budi Utama.

Elistiani, Enawaty, E., Lestari, I., Rasmawan, R., & Sartika, R. P. 2022. Analisis Kemandirian Belajar Siswa Madrasah Tsanaiyah Negeri di Kota Pontianak pada Mata Pelajaran IPA. JIPI: Jurnal IPA Dan Pembelajaran IPA, 6(2), 195–206. https://doi.org/10.24815/jipi.v6i2.25494

Hasruddin, & Lumbangkup, E. 2021. Keterampilan Berpikir Tingkat Dan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pelita Pendidikan, 9(1): 039-043

Sunarto, M. F., & Amalia, N. 2022. Penggunaan Model Discovery Learning Guna Menciptakan Kemandirian dan Kreativitas Peserta Didik. BAHTERA: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 21(1), 94-100

Hermawan. 2022. Model Pembelajaran Discovery Learning. Bandung: Manggu Makmur Tanjung Lestari.

Heris, Hendrian dan Afrilianto. 2018. Panduan Bagi Guru Penelitian Tindakan Kelas Suatu Karya Tulis Ilmiah. PT Refika Aditama

Asrori & Rusman. 2020. classroom action research pengembangan kompetensi guru. Pena Persada.

Riduwan, 2012. Metode & Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sommeng, F., Yani, S., Fathannia, R.D., 2019. Identifikasi Bakteri Udara di Ruang Operasi dengan Bakteri pada Luka Infeksi Pasien Pasca Operasi di Rumah Sakit Ibnu Sina. Universitas Muslim Indonesia. Makassar. Vol. 4 (1).

Masnur, M. 2012. KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. PT Bumi Aksara

Juwita, S. 2021. Pengembangan Media Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Eclipse Crossword pada Mata Pelajaran Biologi Kelas XI SMA [Other, Universitas Jambi]. https://repository.unja.ac.id/27177/

Ndia, F. X., Mago, O. Y. T., & Bare, Y. 2021. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Koopertif Tipe Jigsaw Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas VII SMP. Quagga: Jurnal Pendidikan dan Biologi, 13(2).

Bahtiar, B., & Dukomalamo, N. 2019. Basic science process skills of biology laboratory practice: improving through discovery learning. Biosfer, 12(1), 83–93. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.v12n1.83- 93

Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Husain, Rusmin. 2016. Permasalahan Guru Dalam Menerapkan Penilaian Autentik Di Sekolah Dasar. (http://repository.ung.ac.id/karyailmiah/show/1219/permasalahan-gurudalam-menerapkan-penilaian-autentik-di-sekolah-dasar.html), diakses 4 Oktober 2024

Sukardi, Ismail., Indah Wiganti., dan Imas Masripah. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Biologi Kelas VII di MTS Patra Mandiri Plaju Palembang. Jurnal Bioilmi. Vol 1, No 1, Agustus 2015.

Pratiwi, Cindi., dkk. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Materi Pesawat Sederhana. Jurnal Pena Ilmiah. 2(1): halaman 293-294.

PlumX Metrics

Published
2025-01-28
How to Cite
Tutiliana, T., Danil, M., Hasanah, Z., Fakhrurrazi, F., & Almukarramah, A. (2025). Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Pencernaan di SMA Negeri 1 Peusangan. Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 17(1), 143-155. https://doi.org/10.35457/konstruk.v17i1.4110