Implementasi Pendidikan Anak: Studi Kasus di Reliable Childcare Center (RCC) Malaysia
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi pendidikan anak usia 0-5 bulan di Reliable Childcare Center (RCC) Malaysia melalui program harian dan rutinitas kegiatan yang di rancang untuk mendukung proses pendidikan. Pendekatan penelitian ini yang digunakan adalah kualitatif dengan metode studi kasus. Penelitian menggunakan observasi lapangan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil Penelitian ini membuktikan bahwa program harian dan rutinitas kegiatan yang diterapkan di Reliable Childcare Center (RCC) malaysia memiliki konstribusi yang positif terhadap perkembangan anak dalam hal jadwal pola makan yang teratur, tidur yang cukup dan terstruktur, serta stimulasi sensorik yang mendukung perkembangan kognitif dan motorik pada anak. Novelty dari penelitian ini adalah sebuah model pendidikan anak yang mengombinasikan pendekatan holistik.
Downloads
References
Republik Indonesia, (2003), Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional, No. 20 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Indonesia.
Hasanah, A. N., & Mavianti, M. (2022). Strategi Membangkitkan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam untuk Anak di Tadika Al-Fikh Orchard. Journal on Teacher Education, 4(2), 1277-1287.
Harfiani, R. (2021). Manajemen Program Pendidikan Inklusif: Studi Analisis Raudhatul Athfal (Vol. 1). umsu press.
Slamet Suyanto. (2008). Konsep dasar pendidikan anak usia dini. Yogyakarta: universitas negeri Yogyakarta, h. 51
Insania, F., & Pasaribu, M. (2024). Implementasi dan Optimalisasi Kurikulum Merdeka terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif pada Anak Usia Dini. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 278-289.
Oregon Department of Education. 2022. Oregon Administrative Rules Chapter 414, Division 300 tentang Rules for Certified Child Care Centers. America: Oregon Department of Education.
Hadi, Sutrisno. Metodologi research. (Yogyakarta: Andi press,2013).
Arikinto, Suharsimi. Prosedur penelitian: suatu pendekatan praktik. (Edisi revisi v. Rineka cipta: jakarta, 2013).
Pudjiati, S. R. R., & Masykouri, A. (2011). Mengasah Kecerdasan di usia 0-2 Tahun. Milik Negara: E-Book Tut Wuri Handayani (Kementrian Pendidikan Nasional), 1-24.
Handiani, D., & Anggraeni, D. (2020). Faktor Yang Mempengaruhi Pemberian Asi Eksklusif. Jurnal Ilmu Kesehatan Karya Bunda Husada, 6(2).
Stirling S, 2003. Tidur. Jakarta: Erlangga
Santi, E. 2012. Buku Pintar Pijat Bayi untuk Tumbuh Kembang Optimal Sehat dan Cerdas. Yogyakarta : Pinang Merah Publisher.
Pengertian Interaksi Sosial Menurut Para Ahli. Diakses 6 Januari 2020. https://www.halopsikolog.com/9pengertian-interaksi-sosial-menurut-para-ahli/267/.
Depdiknas, kamus besar bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia, 2008.
Moeslichhatoen. 2004. Metode pengajaran di taman kanak-kanak. Jakarta: Rineka cipta.
Moleong. L.J. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mufida, dkk. (2015). Prinsip Dasar Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MP-ASI) Untuk Bayi 6 – 24 Bulan : Jurnal Pangan dan Agroindustri Vol. 3 No 4 p.1646-1651, September 2015, Universitas Brawijaya Malang.
Husain, R., & Kaharu, A. (2020). Menghadapi Era Abad 21: Tantangan Guru Pendidikan Anak Usia Dini di Kabupaten Bone Bolango. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1),
85. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.527
Mufarizuddin, M. (2017). Peningkatan Kecerdasan Logika Matematika Anak melalui Bermain Kartu Angka Kelompok B di TK Pembina Bangkinang Kota., 148–155.
Zmigrod, S., Colzato, L. ., & Hommel, B. (2015). Stimulating Creatiity: Modulation of Convergent and Divergent Thinking by Transcranial Direct Current Stimulation (TDCS). Creativity Research Journal, 27(4), 353–360. https://doi.org/10.1080/10400419.2015.1087280
Departemen Kesehatan RI. (2009). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor: 23 tahun 2009 tentang kesehatan. Jakarta
Notoadmodjo S. Kesehatan Masyarakat Ilmu dan Seni. Jakarta: PT Rineka Cipta; 2007.
Lukmasari, A., Hartanto, F., Bahtera, T., & Muryawan, M. H. (2017). Hubungan antara Gangguan Tidur dengan Gangguan Mental Emosional Anak Usia 4-6 Tahun di Semarang. Sari Pediatri, 18(5), 345. https://doi.org/10.14238/sp18.5.2017.345-9
De Freitas Araújo, D., & De Almondes, K. M. (2014). Sleep and cognitive performance in children and pre-adolescents: A review. Biological Rhythm Research, 45(2), 193–207. https://doi.org/10.1080/09291016.2013.790136
Q. Y. H. Sukatin, A. A. Alivia, R. Bella, and others, “Analisis psikologi perkembangan sosial emosional anak usia dini,” Bunayya J. Pendidik. Anak, vol. 6, no. 2, pp. 156– 171, 2020, doi: 10.22373/bunayya.v6i2.7311.
S. Adrianindita, “Upaya Meningkatkan Keterampilan Sosial-Emosional Anak Usia 2-3 Tahun Melalui Metode Bercerita Di Kb Siti Sulaechah 04 Semarang,” BELIA Early Child. Educ. Pap., vol. 4, no. 2, 2015, doi: 10.15294/belia.v4i2.7499.
Apriyani N., & Na`imah. (2022). Metode Bermain Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Hamka Ilmu Pendidikan Islam: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini dan Pendidikan Bahasa Arab. 5(2), 101-111.
Copyright (c) 2025 Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).