Implementasi Pendidikan Anak: Studi Kasus di Reliable Childcare Center (RCC) Malaysia

  • Dini Anggrayani Hasibuan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Muhammad Ruslan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Abstract views: 28 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 40
Keywords: Stimulasi; Sensorik; Pendekatan; Holistik

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi pendidikan anak usia 0-5 bulan di Reliable Childcare Center (RCC) Malaysia melalui program harian dan rutinitas kegiatan yang di rancang untuk mendukung proses pendidikan. Pendekatan penelitian ini yang digunakan adalah kualitatif dengan metode studi kasus. Penelitian menggunakan observasi lapangan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil Penelitian ini membuktikan bahwa program harian dan  rutinitas kegiatan yang diterapkan di Reliable Childcare Center (RCC) malaysia memiliki konstribusi yang positif terhadap perkembangan anak dalam hal jadwal pola makan yang teratur, tidur yang cukup dan terstruktur, serta stimulasi sensorik yang mendukung perkembangan kognitif dan motorik pada anak. Novelty dari penelitian ini adalah sebuah model pendidikan anak yang mengombinasikan pendekatan holistik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Republik Indonesia, (2003), Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional, No. 20 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Indonesia.

Hasanah, A. N., & Mavianti, M. (2022). Strategi Membangkitkan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam untuk Anak di Tadika Al-Fikh Orchard. Journal on Teacher Education, 4(2), 1277-1287.

Harfiani, R. (2021). Manajemen Program Pendidikan Inklusif: Studi Analisis Raudhatul Athfal (Vol. 1). umsu press.

Slamet Suyanto. (2008). Konsep dasar pendidikan anak usia dini. Yogyakarta: universitas negeri Yogyakarta, h. 51

Insania, F., & Pasaribu, M. (2024). Implementasi dan Optimalisasi Kurikulum Merdeka terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif pada Anak Usia Dini. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 278-289.

Oregon Department of Education. 2022. Oregon Administrative Rules Chapter 414, Division 300 tentang Rules for Certified Child Care Centers. America: Oregon Department of Education.

Hadi, Sutrisno. Metodologi research. (Yogyakarta: Andi press,2013).

Arikinto, Suharsimi. Prosedur penelitian: suatu pendekatan praktik. (Edisi revisi v. Rineka cipta: jakarta, 2013).

Pudjiati, S. R. R., & Masykouri, A. (2011). Mengasah Kecerdasan di usia 0-2 Tahun. Milik Negara: E-Book Tut Wuri Handayani (Kementrian Pendidikan Nasional), 1-24.

Handiani, D., & Anggraeni, D. (2020). Faktor Yang Mempengaruhi Pemberian Asi Eksklusif. Jurnal Ilmu Kesehatan Karya Bunda Husada, 6(2).

Stirling S, 2003. Tidur. Jakarta: Erlangga

Santi, E. 2012. Buku Pintar Pijat Bayi untuk Tumbuh Kembang Optimal Sehat dan Cerdas. Yogyakarta : Pinang Merah Publisher.

Pengertian Interaksi Sosial Menurut Para Ahli. Diakses 6 Januari 2020. https://www.halopsikolog.com/9pengertian-interaksi-sosial-menurut-para-ahli/267/.

Depdiknas, kamus besar bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia, 2008.

Moeslichhatoen. 2004. Metode pengajaran di taman kanak-kanak. Jakarta: Rineka cipta.

Moleong. L.J. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mufida, dkk. (2015). Prinsip Dasar Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MP-ASI) Untuk Bayi 6 – 24 Bulan : Jurnal Pangan dan Agroindustri Vol. 3 No 4 p.1646-1651, September 2015, Universitas Brawijaya Malang.

Husain, R., & Kaharu, A. (2020). Menghadapi Era Abad 21: Tantangan Guru Pendidikan Anak Usia Dini di Kabupaten Bone Bolango. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1),

85. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.527

Mufarizuddin, M. (2017). Peningkatan Kecerdasan Logika Matematika Anak melalui Bermain Kartu Angka Kelompok B di TK Pembina Bangkinang Kota., 148–155.

Zmigrod, S., Colzato, L. ., & Hommel, B. (2015). Stimulating Creatiity: Modulation of Convergent and Divergent Thinking by Transcranial Direct Current Stimulation (TDCS). Creativity Research Journal, 27(4), 353–360. https://doi.org/10.1080/10400419.2015.1087280

Departemen Kesehatan RI. (2009). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor: 23 tahun 2009 tentang kesehatan. Jakarta

Notoadmodjo S. Kesehatan Masyarakat Ilmu dan Seni. Jakarta: PT Rineka Cipta; 2007.

Lukmasari, A., Hartanto, F., Bahtera, T., & Muryawan, M. H. (2017). Hubungan antara Gangguan Tidur dengan Gangguan Mental Emosional Anak Usia 4-6 Tahun di Semarang. Sari Pediatri, 18(5), 345. https://doi.org/10.14238/sp18.5.2017.345-9

De Freitas Araújo, D., & De Almondes, K. M. (2014). Sleep and cognitive performance in children and pre-adolescents: A review. Biological Rhythm Research, 45(2), 193–207. https://doi.org/10.1080/09291016.2013.790136

Q. Y. H. Sukatin, A. A. Alivia, R. Bella, and others, “Analisis psikologi perkembangan sosial emosional anak usia dini,” Bunayya J. Pendidik. Anak, vol. 6, no. 2, pp. 156– 171, 2020, doi: 10.22373/bunayya.v6i2.7311.

S. Adrianindita, “Upaya Meningkatkan Keterampilan Sosial-Emosional Anak Usia 2-3 Tahun Melalui Metode Bercerita Di Kb Siti Sulaechah 04 Semarang,” BELIA Early Child. Educ. Pap., vol. 4, no. 2, 2015, doi: 10.15294/belia.v4i2.7499.

Apriyani N., & Na`imah. (2022). Metode Bermain Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Hamka Ilmu Pendidikan Islam: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini dan Pendidikan Bahasa Arab. 5(2), 101-111.

PlumX Metrics

Published
2025-01-08
How to Cite
Hasibuan, D. A., & Ruslan, M. (2025). Implementasi Pendidikan Anak: Studi Kasus di Reliable Childcare Center (RCC) Malaysia. Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 17(1), 51-62. https://doi.org/10.35457/konstruk.v17i1.4089