Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Ajar Etno-Vlog Batik Gentongan Tanjung Bumi Madura pada Siswa SMP
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis kebutuhan pengembangan media pembelajaran berupa Etno-Vlog batik Gentongan tanjung Bumi Madura pada pembelajaran sains di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Metode penelitian yang digunakan yaitu berupa pendekatan deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode pengumpulan data berupa survei yang dilakukan kepada 174 orang siswa di kelas VIII pada SMPN 1 Tanjungbumi. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah dokumentasi, wawancara, angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa memberikan respons yang positif terhadap upaya pengembangan media pembelajaran berupa Etno-Vlog untuk diterapkan pada kegiatan pembelajaran khususnya pada materi “Unsur, Senyawa, & Campuran” hasil tersebut menunjukkan bahwa penelitian ini perlu untuk terus dilanjutkan sehingga dapat menghasilkan produk berupa media pembelajaran berupa Etno-Vlog untuk dapat diaplikasikan pada kegiatan pembelajaran.
Downloads
References
C. A. F. Izzati and H. Subandiyah, “Pemanfaatan Vlog Sebagai Media Pembelajaran Teks Berita Kelas Xi,” J. BAPALA, vol. 11, pp. 38–48, 2024, [Online]. Available: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bapala/article/view/58408
F. Sarifah and T. Nurita, “Implementasi model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kolaborasi,” Pendidik. Sains, vol. 11, no. 1, pp. 22–31, 2023, [Online]. Available: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/46474
D. Liutammi and I. S. Utami, “Pemanfaatan Youtube Channel Sebagai Media Belajark Mengungkapkan Gagasan Peserta Didik Dalam Pembelajaran PPKN,” Wiyatamandala J. Pendidik. dan Pengajaran, vol. I, no. I, pp. 46–64, 2021.
Sari Ermina, A. Raudhah, and S. Martala, “Etno-Vlog sebagai Media Pembelajaran Sains di SMP Smart Indonesia,” ABDIMAS Lect., vol. 1, pp. 10–16, 2023.
E. Y. Rahayu, Y. Nurani, and S. M. Meilanie, “Pembelajaran yang terinspirasi STEAM: Menumbuhkan Keterampilan Berpikir Kritis melalui Video Tutorial,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 7, no. 3, pp. 2627–2640, 2023, doi: 10.31004/obsesi.v7i3.4228.
R. Awal, M. Azhar, and Y. Yohandri, “The development of science learning media Etno-Vlog fermentation cencaluk in Riau,” J. Penelit. Pendidik. IPA, vol. 8, no. 1, pp. 304–306, 2022, doi: 10.29303/jppipa.v8i1.860.
E. Theresia and I. Ratih Ayu, “Pengembangan Media Video Blog (Vlog) Berbasis Kearifan Lokal Materi Kegunaan dan Siklus Air Pada Siswa Kelas V SD,” J. Edukasi Mat. dan Sains), vol. 11, no. 1, pp. 191–204, 2023, doi: 10.25273/jems.v11i1.14400.
I. Irwandani, M. Iqbal, and S. Latifah, “Pengembangan Video Blog (Vlog) Channel Youtube Dengan Pendekatan Stem Sebagai Media Alternatif Pembelajaran Daring,” Inov. Pembang. J. Kelitbangan, vol. 7, no. 2, p. 135, 2019, doi: 10.35450/jip.v7i2.140.
E. Oktaviani and I. E. Setiyono, “Pengembangan Ethnoscience Puzzle Guna Mendorong Kemampuan Kognitif Anak Berkebutuhan Khusus,” J. Telenursing, vol. 5, no. 2, pp. 3060–3068, 2023, doi: 10.31539/joting.v5i2.7690.
S. Aminah, B. Ramdhan, and S. Suhendar, “Implementasi Pembelajaran Jelajah Alam Sekitar (JAS) Berbasis Ethnoscience Terhadap Kewirausahaan Peserta Didik,” Oryza ( J. Pendidik. Biol. ), vol. 12, no. 2, pp. 146–155, 2023, doi: 10.33627/oz.v2i2.1271.
I. P. Sari and Z. Miftah, “Exploratory Research on the Myth of Batik Gentongan in Tanjung Bumi,” vol. 512, no. Icoflex 2019, pp. 36–39, 2021, doi: 10.2991/assehr.k.201230.007.
A. F. Himmah and D. Widiantoro, “Kajian Komposisi Warna Batik Gentongan Madura Studi Kasus Batik Produksi ‘Zulpah Batik,’” AKSA J. Desain Komun. Vis., vol. 7, no. 2, pp. 64–77, 2024.
R. Y. Purwoko, P. Nugraheni, and S. Nadhilah, “Analisis Kebutuhan Pengembangan E -Modul Berbasis Etnomatematika Produk Budaya Jawa Tengah,” J. Penelit. Mat. dan Pendidik. Mat., vol. 5, no. 1, pp. 1–8, 2020, [Online]. Available: http://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/mercumatika/article/view/1165/800
M. Suputra, P. Indra, “Penerapan Teori Belajar Behavioristik dalam Pembelajaran,” J. pendidikan, sains dan Teknol., vol. 2, no. 2, pp. 332–336, 2023, doi: 10.58578/tsaqofah.v4i2.2436.
D. E. Zatnika and D. Rochintaniawati, “Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis IT Di SMA BPPI Bale Endah Kabupaten Bandung Pada Materi Perubahan Lingkungan,” Biosf. J. Biol. dan Pendidik. Biol., vol. 8, no. 1, pp. 43–50, 2023, doi: 10.23969/10.23969/biosfer.v8i1.8496.
D. Saleh & Syahruddin, “Media Pembelajaran,” pp. 1–77, 2023, [Online]. Available: https://repository.penerbiteureka.com/publications/563021/media-pembelajaran
L. Azizah and M. S. Alnashr, “Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Kearifan Lokal Guna Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa,” Dawuh Guru J. Pendidik. MI/SD, vol. 2, no. 1, pp. 1–12, 2022, doi: 10.35878/guru.v2i1.340
Copyright (c) 2025 Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).