Efektivitas Pembelajaran Bahasa Inggris dengan Falsafah Dayak Bumi Gawi Hatantiring Menggunakan Media Flip PDF pada Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas pembelajaran Bahasa Inggris yang mengintegrasikan falsafah Dayak Bumi Gawi Hatantiring dengan bantuan media flip PDF pada siswa sekolah dasar. Falsafah Gawi Hatantiring menekankan pada nilai-nilai gotong royong dan kearifan lokal, diterapkan dalam materi ajar untuk meningkatkan pemahaman dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran bahasa inggris. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan one grup pretest and post-test design dan fokus utamanya adalah mengidentifikasi efektivitas pembelajaran bahasa inggris dengan falsafah dayak bumi gawi hatantiring menggunakan media flip PDF pada siswa sekolah dasar. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan tes yang diberikan sebelum dan sesudah pembelajaran dilakukan. Analisis data penelitian ini menggunakan uji statistik deskriptif dan uji paired t test dengan SPSS. Hasil penelitian menunjukan terdapat perbedaan yang signifikan (< 0,05). Hal tersebut menghasilkan perbedaan antara hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkan pembelajaran Bahasa Inggris berlandaskan falsafah gawi hatantiring berbantuan media flip PDF. Hasil uji effect size diperoleh angka sebesar 1,42 yang mana angka tersbeut berada pada kriteria efektivitas yag sangat besar (d > 0,8).
Downloads
References
Ummah MS, S. S., Subroto, D. E., Hamzah, M. Z., & Fentari, R. “Permainan Edukatif dalam Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Siswa Sekolah Dasar | Attractive : Innovative Education Journal.” Accessed: Jul. 26, 2024. [Online].
Kusumaningsih, R.“Investasi Keterampilan dan Kompetensi yang Relevan Untuk Anak Zaman Now | MULIA (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat).” Accessed: Jul. 26, 2024. [Online].
R. Mulyono and F. Sulistyani, “Implementasi Kurikulum Merdeka (Ikm) Sebagai Sebuah Pilihan Bagi Satuan Pendidikan: Kajian Pustaka,” Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, vol. 8, no. 2, Art. no. 2, Dec. 2022, doi: 10.36989/didaktik.v8i2.506.
Hidayat, E., Pardosi, A., & Zulkarnaen, I.“Efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka | Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran.” Accessed: Jul. 26, 2024. [Online].
I. Lazulfa, “Pengaruh Media Flash Card Terhadap Kemampuan Menghafal Kosa Kata Bahasa Inggris Di Mi Nu Matholi’ul Huda Bakalan Krapyak Kaliwungu Kudus,” masters, IAIN KUDUS, 2022. Accessed: Jul. 26, 2024. [Online].
D. K. Angraeni, “Peran Kurikulum Muatan Lokal Dalam Melestarikan Bahasa Daerah (Dayak Ngaju, Kalimantan Tengah),” Satya Sastraharing : Jurnal Manajemen, vol. 4, no. 2, Art. no. 2, Dec. 2020, doi: 10.33363/satya-sastraharing.v4i2.605.
M. A. Viola, F. A. Vilanti, I. A. Rahman, M. Masita, and B. Setiyadi, “Analisis Kurikulum Berbasis Masyarakat : Memanfaatkan Kurikulum Muatan Lokal Untuk Pendidikan yang Kontekstual,” Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, vol. 12, no. 1, Art. no. 1, Jun. 2024, doi: 10.24269/dpp.v12i1.9636.
Agus Rofii.“Kesulitan Berbicara Siswa Sekolah Dasar dalam Pembelajaran Bahasa Inggris | Jurnal Elementaria Edukasia.” Accessed: Jul. 26, 2024. [Online].
A. a. a. A. Whisnubrata and J. Dimara, “English For Life: Menginspirasi Siswa Untuk Mencintai Bahasa Inggris Dan Mengaplikasikannya Dalam Kehidupan Sehari-Hari,” Jurnal Pengabdian Mandiri, vol. 2, no. 11, Art. no. 11, Nov. 2023.
M. Fatchurahman, F. Fahmi, and A. Solikin, Huma Betang: Internalisasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Kalimantan Tengah. Tulungagung: Akademia Pustaka, 2021. Accessed: Jul. 26, 2024. [Online].
SeruyanKab.Go.Id, “Arti Dari Lambang Atau Logo Kabupaten Seruyan,” SeruyanKab.Go.Id. Accessed: Jul. 26, 2024. [Online].
“E-modul Pendidikan Pancasila Berbasis Canva Berbantuan Flip PDF Profesional untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar | Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD).” Accessed: Jul. 26, 2024. [Online].
“Teknologi Media Pembelajaran : Penerapan Teknologi Media Pembelajaran di Era ... - Justice Zeni Zari Panggabean, Muhamad Januaripin, Liza Husnita, Triyana Wulandari, Mufida Nadira Yuni Pureka, Asri Masitha Arsyati, Mardiawati Mardiawati, Remuz MB Kmurawak, Ade Supriatna, Putu Ari Dharmayanti, Juliana Mesalina.T, Loso Judijanto - Google Books.” Accessed: Jul. 26, 2024. [Online].
A. W. Kartika, “Komparasi Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning Ditinjau dari Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SD,” Thesis, 2020. Accessed: Jul. 26, 2024. [Online]. Available: https://repository.uksw.edu//handle/123456789/28650
A. Putri and M. F. Sya, “Tantangan Berbicara Bahasa Inggris pada Siswa Sekolah Dasar,” Karimah Tauhid, vol. 2, no. 2, Art. no. 2, Apr. 2023, doi: 10.30997/karimahtauhid.v2i2.7850.
R. R. R. R. Putri, K. Kaspul, and M. Arsyad, “Pengembangan Media Pembelajaran Modul Elektronik (E-Modul) Berbasis Flip Pdf Professional Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Kelas XI SMA,” JUPEIS : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, vol. 1, no. 2, Art. no. 2, Mar. 2022, doi: 10.55784/jupeis.Vol1.Iss2.46.
R. Y. Aftiani, K. Khairinal, and S. Suratno, “Pengembangan Media Pembelajaran E-Book Berbasis Flip Pdf Professional Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Dan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X Iis 1 Sma Negeri 2 Kota Sungai Penuh,” Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, vol. 2, no. 1, pp. 458–470, 2020, doi: 10.38035/jmpis.v2i1.583.
Copyright (c) 2025 Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).