Efektivitas Pembelajaran Bahasa Inggris dengan Falsafah Dayak Bumi Gawi Hatantiring Menggunakan Media Flip PDF pada Siswa Sekolah Dasar

  • Verawati Verawati Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Bahasa, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Nurun Ni'mah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya https://orcid.org/0000-0003-0425-9557
  • Muhammad Ziaurrahman Sistem Informasi, Fakultas Bisnis dan Informatika, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya https://orcid.org/0000-0003-4191-8080
Abstract views: 26 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 18
Keywords: Kriteria; Desain; Isi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas pembelajaran Bahasa Inggris yang mengintegrasikan falsafah Dayak Bumi Gawi Hatantiring dengan bantuan media flip PDF pada siswa sekolah dasar. Falsafah Gawi Hatantiring menekankan pada nilai-nilai gotong royong dan kearifan lokal, diterapkan dalam materi ajar untuk meningkatkan pemahaman dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran bahasa inggris. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan  one grup pretest and  post-test design dan fokus utamanya adalah mengidentifikasi efektivitas pembelajaran bahasa inggris dengan falsafah dayak bumi gawi hatantiring menggunakan media flip PDF pada siswa sekolah dasar. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan tes yang diberikan sebelum dan sesudah pembelajaran dilakukan. Analisis data penelitian ini menggunakan uji statistik deskriptif dan uji paired t test dengan SPSS. Hasil penelitian menunjukan terdapat perbedaan yang signifikan (< 0,05). Hal tersebut menghasilkan perbedaan antara hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkan pembelajaran Bahasa Inggris berlandaskan falsafah gawi hatantiring berbantuan media flip PDF. Hasil uji effect size  diperoleh angka sebesar 1,42 yang mana angka tersbeut berada pada kriteria efektivitas yag sangat besar (d > 0,8).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ummah MS, S. S., Subroto, D. E., Hamzah, M. Z., & Fentari, R. “Permainan Edukatif dalam Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Siswa Sekolah Dasar | Attractive : Innovative Education Journal.” Accessed: Jul. 26, 2024. [Online].

Kusumaningsih, R.“Investasi Keterampilan dan Kompetensi yang Relevan Untuk Anak Zaman Now | MULIA (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat).” Accessed: Jul. 26, 2024. [Online].

R. Mulyono and F. Sulistyani, “Implementasi Kurikulum Merdeka (Ikm) Sebagai Sebuah Pilihan Bagi Satuan Pendidikan: Kajian Pustaka,” Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, vol. 8, no. 2, Art. no. 2, Dec. 2022, doi: 10.36989/didaktik.v8i2.506.

Hidayat, E., Pardosi, A., & Zulkarnaen, I.“Efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka | Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran.” Accessed: Jul. 26, 2024. [Online].

I. Lazulfa, “Pengaruh Media Flash Card Terhadap Kemampuan Menghafal Kosa Kata Bahasa Inggris Di Mi Nu Matholi’ul Huda Bakalan Krapyak Kaliwungu Kudus,” masters, IAIN KUDUS, 2022. Accessed: Jul. 26, 2024. [Online].

D. K. Angraeni, “Peran Kurikulum Muatan Lokal Dalam Melestarikan Bahasa Daerah (Dayak Ngaju, Kalimantan Tengah),” Satya Sastraharing : Jurnal Manajemen, vol. 4, no. 2, Art. no. 2, Dec. 2020, doi: 10.33363/satya-sastraharing.v4i2.605.

M. A. Viola, F. A. Vilanti, I. A. Rahman, M. Masita, and B. Setiyadi, “Analisis Kurikulum Berbasis Masyarakat : Memanfaatkan Kurikulum Muatan Lokal Untuk Pendidikan yang Kontekstual,” Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, vol. 12, no. 1, Art. no. 1, Jun. 2024, doi: 10.24269/dpp.v12i1.9636.

Agus Rofii.“Kesulitan Berbicara Siswa Sekolah Dasar dalam Pembelajaran Bahasa Inggris | Jurnal Elementaria Edukasia.” Accessed: Jul. 26, 2024. [Online].

A. a. a. A. Whisnubrata and J. Dimara, “English For Life: Menginspirasi Siswa Untuk Mencintai Bahasa Inggris Dan Mengaplikasikannya Dalam Kehidupan Sehari-Hari,” Jurnal Pengabdian Mandiri, vol. 2, no. 11, Art. no. 11, Nov. 2023.

M. Fatchurahman, F. Fahmi, and A. Solikin, Huma Betang: Internalisasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Kalimantan Tengah. Tulungagung: Akademia Pustaka, 2021. Accessed: Jul. 26, 2024. [Online].

SeruyanKab.Go.Id, “Arti Dari Lambang Atau Logo Kabupaten Seruyan,” SeruyanKab.Go.Id. Accessed: Jul. 26, 2024. [Online].

“E-modul Pendidikan Pancasila Berbasis Canva Berbantuan Flip PDF Profesional untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar | Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD).” Accessed: Jul. 26, 2024. [Online].

“Teknologi Media Pembelajaran : Penerapan Teknologi Media Pembelajaran di Era ... - Justice Zeni Zari Panggabean, Muhamad Januaripin, Liza Husnita, Triyana Wulandari, Mufida Nadira Yuni Pureka, Asri Masitha Arsyati, Mardiawati Mardiawati, Remuz MB Kmurawak, Ade Supriatna, Putu Ari Dharmayanti, Juliana Mesalina.T, Loso Judijanto - Google Books.” Accessed: Jul. 26, 2024. [Online].

A. W. Kartika, “Komparasi Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning Ditinjau dari Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SD,” Thesis, 2020. Accessed: Jul. 26, 2024. [Online]. Available: https://repository.uksw.edu//handle/123456789/28650

A. Putri and M. F. Sya, “Tantangan Berbicara Bahasa Inggris pada Siswa Sekolah Dasar,” Karimah Tauhid, vol. 2, no. 2, Art. no. 2, Apr. 2023, doi: 10.30997/karimahtauhid.v2i2.7850.

R. R. R. R. Putri, K. Kaspul, and M. Arsyad, “Pengembangan Media Pembelajaran Modul Elektronik (E-Modul) Berbasis Flip Pdf Professional Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Kelas XI SMA,” JUPEIS : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, vol. 1, no. 2, Art. no. 2, Mar. 2022, doi: 10.55784/jupeis.Vol1.Iss2.46.

R. Y. Aftiani, K. Khairinal, and S. Suratno, “Pengembangan Media Pembelajaran E-Book Berbasis Flip Pdf Professional Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Dan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X Iis 1 Sma Negeri 2 Kota Sungai Penuh,” Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, vol. 2, no. 1, pp. 458–470, 2020, doi: 10.38035/jmpis.v2i1.583.

PlumX Metrics

Published
2025-01-12
How to Cite
Verawati, V., Ni’mah, N., & Ziaurrahman, M. (2025). Efektivitas Pembelajaran Bahasa Inggris dengan Falsafah Dayak Bumi Gawi Hatantiring Menggunakan Media Flip PDF pada Siswa Sekolah Dasar. Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 17(1), 63-70. https://doi.org/10.35457/konstruk.v17i1.3751