Literature Review: Perbandingan Model Pembelajaran Kolaboratif dengan Kooperatif dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah

  • Fauziah Sumarno Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Ahmad Dahlan
  • Nur Robiah Nofikusumawati Peni Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Ahmad Dahlan
Abstract views: 42 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 38
Keywords: Strategi Belajar; Pembelajaran Aktif; Kemampuan Siswa

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR). Penelitian dimulai dengan Research Question (RQ) yang membahas seberapa efektif model pembelajaran dan perbedaan signifikan antara pembelajaran kolaboratif ataupun kooperatif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Kriteria inklusi dan eksklusi digunakan untuk mengumpulkan data melalui database Google Scholar, berdasarkan proses evaluasi yang berkualitas. Hasil analisis dari dua puluh artikel terindeks S1-S6 menunjukkan bahwa, dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional, model kolaboratif dan kooperatif meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis (KPMM) siswa secara signifikan. Dalam beberapa artikel, model kolaboratif, yang menekankan interaksi siswa yang mendalam dan diskusi kelompok kecil yang heterogen, terbukti lebih efektif. Model kooperatif seperti TPS, STAD, dan NHT juga menunjukkan hasil yang baik dengan menekankan pemahaman siswa tentang bagaimana belajar berkelompok. Studi ini memberikan saran praktis bagi guru untuk menerapkan kedua model pembelajaran ini sesuai dengan kebutuhan dan tujuan pembelajaran. Untuk meningkatkan KPMM siswa, kombinasi model kolaboratif dan kooperatif dapat menjadi pendekatan yang efektif. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui bagaimana kedua model ini dapat diterapkan pada mata pelajaran matematika lainnya dan pada berbagai jenjang pendidikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

I. Yuliati, “Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Minat Belajar Peserta Didik,” Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, vol. 5, no. 2, pp. 1159–1168, May 2021, doi: 10.31004/cendekia.v5i2.547.

N. K. Sari and N. H. Hasibuan, “ Pengaruh Kedisiplinan, Rasa Percaya Diri, dan Kecerdasan Logis Matematis Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa,” PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, vol. 8, no. 1, pp. 49–59, 2019.

K. Adisaka, I. G. Margunayasa, and I. W. Gunartha, “Pengaruh Metode Pembelajaran Kolaboratif Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V,” Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, vol. 9, no. 1, pp. 141–152, Mar. 2022, doi: 10.38048/jipcb.v9i1.670.

S. Marfu, “Model Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa,” Prosiding Seminar Nasional Matematika, vol. 5, pp. 50–54, 2022, [Online]. Available: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

P. W. C. Davita and H. Pujiastuti, “Anallisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gender,” Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, vol. 11, no. 1, pp. 110–117, May 2020, doi: 10.15294/kreano.v11i1.23601.

D. Harefa and H. T. La’ia, “Media Pembelajaran Audio Video Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa,” Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, vol. 7, no. 2, p. 327, May 2021, doi: 10.37905/aksara.7.2.327-338.2021.

Y. L. Maure, K. D. Djong, and W. B. N. Dosinaeng, “Analisis Pemahaman Konsep Matematik Siswa Sma Pada Materi Program Linear,” Asimtot : Jurnal Kependidikan Matematika, vol. 2, no. 1, pp. 47–56, May 2020, doi: 10.30822/asimtot.v2i1.500.

Indraningtias, D. Ayu, and A. Wijaya, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Matematika Realistik Materi Bangun Ruang Sisi Datar Berorientasi Pada Kemampuan Berpikir Kritis Siswa,” Jurnal Pendidikan Matematika, vol. 6, no. 5, pp. 24–36, 2017.

R. Fadlurreja, N. Dewi, and R. Ridlo, “Kemampuan Penalaran Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran PACE. PRISMA,” Prosiding Seminar Nasional Matematika, vol. 2, pp. 616–621, 2019, [Online]. Available: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

I. Magdalena, E. Rizqina Agustin, and S. M. Fitria, “Konsep Model Pembelajaran,” Cendikia Pendidikan, vol. 3, no. 1, pp. 41–55, 2024, doi: 10.9644/scp.v1i1.332.

M. Mukhtar, “Pembelajaran Kooperatif & Kolaboratif Perspektif Pendidikan Islam,” Ameena Journal, vol. 1, no. 2, pp. 162–174, 2023.

Amiruddin, “Pembelajaran Kooperatif dan Kolaboratif,” Journal of Education Science, vol. 5, no. 1, pp. 24–32, 2019.

N. K. R. Purwati and N. K. Erawati, “Pengembangan Buku Ajar Metode Numerik Berbasis Pembelajaran Kolaboratif,” Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, vol. 10, no. 1, pp. 37–48, 2021, [Online]. Available: http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa

T. Bakhtiar Guru SMA Negeri and S. Tiga Kabupaten Pidie, “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X IPA-3 Materi Bilangan Berpangkat, Bentuk Akar Dan Logaritma Pelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Kolaborasi Pada SMA Negeri 1 Simpang Tiga Kabupaten Pidie,” Jurnal Serambi Akademica, vol. 9, no. 4, pp. 509–519, 2021, doi: https://doi.org/10.32672/jsa.v9i4.3068.

A. Khoiriyah, “Pembelajaran Kolaboratif Pada Matematika Untuk Membentuk Karakter Generasi,” JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, vol. 1, no. 1, p. 13, Apr. 2016, doi: 10.26594/jmpm.v1i1.502.

N. W. Ina Sukma Dewi, I. M. Suarsana, and I. P. Pasek Suryawan, “Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif Berbantuan Masalah Autentik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika,” Jurnal Matematika, vol. 12, no. 1, 2018.

P. Pholphuet, K. Kanyaprasith, P. Khumwong, and N. Praphairaksit, “The effect of integrating cooperative learning into 5E inquiry learning model on interpersonal skills of high school students,” in AIP Conference Proceedings, 2018, p. 030038. doi: 10.1063/1.5019529.

S. Suryatin, “The Effectiveness Of Cooperative Learning In The Course Of Mathematic Problem Solving,” Indonesian Journal of Elementary Teachers Education, vol. 1, no. 2, pp. 85–98, Nov. 2020, doi: 10.25134/ijete.v1i2.3683.

L. Arshed et al., “An Experimental Study to Assess the Impacts of Cooperative Teaching on Academic Performance of Higher Secondary School Students in Faisalabad,” Journal of Education and Social Studies, vol. 4, no. 1, pp. 106–111, Apr. 2023, doi: 10.52223/jess.20234110.

L. Lutfiyana, E. Pujiastuti, and I. Kharisudin, “Systematic Literature Review: Resiliensi Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis,” Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, vol. 7, no. 3, pp. 2167–2177, Aug. 2023, doi: 10.31004/cendekia.v7i3.2445.

E. Triandini, S. Jayanatha, A. Indrawan, G. Werla Putra, and B. Iswara, “Metode Systematic Literature Review untuk Identifikasi Platform dan Metode Pengembangan Sistem Informasi di Indonesia,” Indonesian Journal of Information Systems, vol. 1, no. 2, p. 63, Feb. 2019, doi: 10.24002/ijis.v1i2.1916.

M. R. Kurniawan and A. Agoestanto, “Systematic Literature Review: Identifikasi Kemampuan Berpikir Aljabar dan Resiliensi Matematis pada Pembelajaran Matematika,” Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, vol. 7, no. 3, pp. 2208–2221, Aug. 2023, doi: 10.31004/cendekia.v7i3.2442.

E. A. Juniawan, “Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Penalaran Matematis Siswa Madrasah Tsanawiyah Melalui Pembelajaran Collaborative Learning,” GEOMATH, vol. 3, no. 2, p. 25, Apr. 2023, doi: 10.55171/geomath.v3i2.879.

A. Zuhriyah, “Model Pembelajaran Kolaboratif Teknik Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Kreativitas Berpikir Matematika Siswa,” Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara, vol. 13, no. 2, pp. 100–108, Jan. 2022, doi: 10.37640/jip.v13i2.1016.

K. B. A. Permana, N. T. Renda, and I. G. Margunayasa, “Model Pembelajaran Kolaboratif Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa,” Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, vol. 3, no. 2, p. 223, Jul. 2020, doi: 10.23887/jp2.v3i2.26552.

D. B. Setiawan and S. Susanah, “Penerapan Goal-Free Problems dalam Pembelajaran Matematika secara Kolaboratif untuk Melatih Kemampuan Siswa dalam Memecahkan Masalah,” MATHEdunesa, vol. 12, no. 1, pp. 275–288, Jul. 2023, doi: 10.26740/mathedunesa.v12n1.p275-288.

N. Sihombing and R. D. Suyanti, “Pengaruh Model Learning CycleBerorientasi Collaborative LearningBerbantuan EModul Laju Reaksi terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa,” Jurnal Indonesia Sosial Sains, vol. 3, no. 3, pp. 419–428, 2022.

F. Fitriyanti, I. S. Laras, K. Khasanah, I. D. Anita, and F. Rahmawati, “Implementasi Metode Collaborative Learning Dalam Pembelajaran Statistika Untuk Meningkatkan Keterampilan 4C (Critical And Problem Solving Skills, Collaboration Skills, Communication Skills, And Creativity And Innovation Skills) Pada Siswa Kelas XI,” Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, vol. 2, no. 1, pp. 249–259, Jan. 2021, doi: 10.51276/edu.v2i1.115.

E. Kholisoh, A. Buchori, A. Rochmah, and L. Ariyanto, “Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Lembar Aktivitas Siswa (LAS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika,” Journal on Education, vol. 6, no. 4, pp. 19292–19299, 2024.

E. Hannania, T. Y. E. Siswono, and E. B. Rahaju, “Keterampilan Pemecahan Masalah Kolaboratif Siswa Smp Yang Berbeda Adversity Quotient Pada Materi Segiempat,” JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), vol. 5, no. 2, p. 471, Mar. 2022, doi: 10.22460/jpmi.v5i2.10353.

S. S. Latifah and I. P. Luritawaty, “Think Pair Share sebagai Model Pembelajaran Kooperatif untuk Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis,” Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, vol. 9, no. 1, pp. 35–46, Jan. 2020, doi: 10.31980/mosharafa.v9i1.590.

A. E. Fatimah, “UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MTS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD,” Journal of Didactic Mathematics, vol. 1, no. 1, pp. 33–40, Apr. 2020, doi: 10.34007/jdm.v1i1.156.

S. Aminah, F. Taqiyyah, R. M. Nakhlah, L. K. Puryati, and D. Ermawati, “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis di Sekolah Dasar,” Jurnal Basicedu, vol. 7, no. 4, pp. 2041–2050, Aug. 2023, doi: 10.31004/basicedu.v7i4.5831.

T. J. Siregar, “Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Keterampilan Sosial Siswa Smp Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD,” AXIOM : Jurnal Pendidikan dan Matematika, vol. 10, no. 1, p. 97, Jul. 2021, doi: 10.30821/axiom.v10i1.9265.

N. Tambunan, E. Y. Siregar, and M. S. Harahap, “Efektivitas Model Pembelajarankooperatif Tipe Student Teams Achievenment Division(Stad) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sma Negeri 1angkola Selatan,” Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), vol. 3, no. 1, pp. 61–68, 2020.

M. Muksin, T. Y. E. Siswono, and R. Ekawati, “Pengaruh Model Pembelajaran Pair Cheks Berbasis Tugas Pengajuan Masalah terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa,” Jurnal Didaktik Matematika, vol. 7, no. 2, pp. 188–199, Sep. 2020, doi: 10.24815/jdm.v7i2.17334.

C. Pasalbessy, W. Mataheru, and C. S. Ayal, “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (Stad) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Penalaran Matematis,” Jurnal Magister Pendidikan Matematika (JUMADIKA), vol. 2, no. 1, pp. 16–20, Jul. 2020, doi: 10.30598/jumadikavol2iss1year2020page16-20.

F. C. Octafi and I. Isnaniah, “Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Pada Siswa,” KadikmA, vol. 13, no. 3, p. 153, Dec. 2022, doi: 10.19184/kdma.v13i3.35206.

T. B. Tarigan and M. P. D. Irwan, “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Materi Pecahan Kelas VII,” Jurnal Serunai Matematika, vol. 12, no. 2, pp. 60–68, Jan. 2021, doi: 10.37755/jsm.v12i2.306.

M. S. Harahap, R. Lubis, and L. A. Harahap, “Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa,” Jurnal Pendidikan Matematika SIGMA, vol. 12, no. 2, pp. 148–160, 2020.

N. Nicomse and S. P. Gultom, “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Teorema Pythagoras di kelas VIII SMP Negeri 40 Medan T. A. 2021/2022,” Sepren, Oct. 2022, doi: 10.36655/sepren.v4i0.828.

J. A. Pendidikan, R. Wahid, and L. Sahidin, “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa,” Jurnal Amal Pendidikan, vol. 3, no. 3, pp. 223–233, 2022, doi: 10.36709/japend.v3i3.19.

PlumX Metrics

Published
2025-01-15
How to Cite
Sumarno, F., & Peni , N. R. N. (2025). Literature Review: Perbandingan Model Pembelajaran Kolaboratif dengan Kooperatif dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 17(1), 94-109. https://doi.org/10.35457/konstruk.v17i1.3727