Moderasi Beragama dalam Sistem Pembelajaran Dayah Salafiyah di Aceh

  • Lismijar Lismijar STAI Tgk Chik Pante Kulu Banda Aceh
  • Imam Azhari STAI Tgk Chik Pante Kulu Banda Aceh
Abstract views: 113 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 81
Keywords: pendidikan, pembiasaan, bentuk

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk moderasi beragama dan penguatannya yang terdapat dalam sistem pengajaran Dayah Salafiyah di Aceh. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sumber datanya adalah dewan guru dan santri Dayah Salafiyah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah: (1) teknik observasi-partisipan; (2) teknik wawancara mendalam (deep interview); (3) teknik dokumentasi. Teknik analisis dan pengolahan data dilakukan cara reduksi data, display data dan verifikasi data. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk-bentuk moderasi beragama yang terdapat dalam sistem pembelajaran Dayah Salafiyah di Aceh yaitu toleransi, egaliter atau persamaan, musyawarah, sikap sopan santun dan saling tolong menolong. Sedangkan penguatan moderasi beragama dalam sistem pengajaran Dayah Salafiyah di Aceh dilakukan melalui pembelajaran kitab kuning dan pembiasaan di Dayah Salafiyah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

M. Kamal and J. Junaidi, “Pengembangan Materi PAI Berwawasan Multikultural Dalam Upaya Menanamkan Nilai Keragaman Bagi Siswa,” Edukasia J. Penelit. Pendidik. Islam, vol. 13, no. 1, p. 181, 2018, doi: 10.21043/edukasia.v13i1.3798.

A. Akhmadi, “Moderasi Beragama Dalam Keragaman Indonesia Religious Moderation in Indonesia ’ S Diversity,” J. Diklat Keagamaan, vol. 13, no. 2, pp. 45–55, 2019.

Abdul Harim, Peran Strategi Pesantren dalam Membangun Spiritual. Jakarta, 2021.

H. A. Karim, “Implementasi Moderasi Pendidikan Islam Rahmatallil ’Alamin dengan Nilai-Nilai Islam,” Ri’ayah J. Sos. dan Keagamaan, vol. 4, no. 01, p. 1, 2019, doi: 10.32332/riayah.v4i01.1486.

A. M. Billah, “Formulasi Konsep Maslahah ‘Ammah Menurut Perspektif Nahdlatul Ulama dalam Konteks Kehidupan Berbangsa dan Bernegara.,” J. Wasathiyah, vol. 2, no. 1, 2018.

Musthafa Rahman, Humanisasi Pendidikan Islam, Plus-Minus Sistem Pendidikan Pesantren. Semarang: Wali Songo Press, 2011.

A. K. D. Satori, Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta, 2017.

A. Nur and M. Lubis, “Konsep Wasathiyah dalam Al-Quran (Studi Komparatif antara Tafsir al-Tahrîr wa at-Tanwîr dan Aisar at-Tafâsîr),” An-Nur, vol. 4, no. 2, pp. 205–225, 2015.

K. M. Nisa, “Integrasi Nilai-Nilai Moderasi pada Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Living Values Education (LVE),” Proc. Annu. Conf. Muslim Sch., no. Series 2, pp. 721–730, 2018.

B. Busyro, A. H. Ananda, and T. S. Adlan, “Moderasi Islam (Wasathiyyah) di Tengah Pluralisme Agama Indonesia,” FUADUNA J. Kaji. Keagamaan dan Kemasyarakatan, vol. 3, no. 1, p. 1, 2019, doi: 10.30983/fuaduna.v3i1.1152.

Kemenag RI, Implementasi Moderasi Beragama dalam Pendidikan Islam. Jakarta, 2019.

N. Nurainiah, “Sistem Pendidikan Dayah Tradisional di Aceh,” Serambi Tarbawi, vol. 9, no. 1, pp. 75–92, 2021, doi: 10.32672/tarbawi.v9i1.5054.

A. Mas’ud, Reproduksi Ulama di Era Globalisasi. Yogyakarta, 2005.

Z. Misrawi, Al-Qur’an Kitab Toleransi: Tafsir Tematik Islam Rahmatan Lil Alamiin. Jakarta: Grasindo, 2010.

M. Asnawi, “Kedudukan dan Tugas, Oleh. Moh. Asnawi,” Kedudukan Dan Tugas Pendidik. Dalam Pendidik. Islam, vol. 23, no. juli, pp. 36–52, 2012.

I. S. P. Wiantamiharja, “Implementasi Toleransi Beragama di Pondok Pesantren (Studi Kasus di Pondok Pesantren Universal Bandung),” Hanifiya J. Stud. Agama-Agama, vol. 2, no. 1, pp. 1–15, 2019, doi: 10.15575/hanifiya.v2i1.4267.

PlumX Metrics

Published
2024-08-09
How to Cite
Lismijar, L., & Azhari, I. (2024). Moderasi Beragama dalam Sistem Pembelajaran Dayah Salafiyah di Aceh. Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 16(2), 380-393. https://doi.org/10.35457/konstruk.v16i2.3696
Section
Articles