Pengaruh Problem Based Learning Berbantuan Brainstorming terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Problem Based Learning berbantuan Brainstorming terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik observasi, dokumentasi, dan tes. Perolehan data dilakukan dengan pemberian pretest dan postest. Adapun pengujian data yang dilakukan menggunakan SPSS dan dilakukannya uji independent t-test. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Yaa Bunayya bahwasanya model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan brainstorming tidak memberikan pengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis pada siswa. Hal ini dikarenakan banyaknya siswa yang belum memahami akan alur pembelajaran dengan penerapan model tersebut.
Downloads
References
H. H. Herzon, Budijanto, and D. H. Utomo, “Pengaruh Problem-Based Learning (PBL) terhadap Keterampilan Berpikir Kritis,” Pengaruh Probl. Learn. terhadap Keterampilan Berpikir Krit., vol. 3, no. 1, pp. 42–46, 2018, [Online]. Available: http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/
R. H. Ennis, “The Nature of Critical Thinking,” Informal Log., vol. 6, no. 2, pp. 1–8, 1984, doi: 10.22329/il.v6i2.2729.
E. Susilawati, A. Agustinasari, A. Samsudin, and P. Siahaan, “Analisis Tingkat Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA,” J. Pendidik. Fis. dan Teknol., vol. 6, no. 1, pp. 11–16, 2020, doi: 10.29303/jpft.v6i1.1453.
P. A. Facione, Advancing thingking worldwide, vol. XXVIII, no. 1. 2020. [Online]. Available: http://www.insightassessment.com/pdf_files/what&why2007.pd%0Ahttp://www.eduteka.org/PensamientoCriticoFacione.php
I. Ramawati, E. Maryani, and A. Mulyana, “Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Kemampuan Berpikir Kritis,” Pendidik. Geogr., vol. 16, no. 1, pp. 66–87, 2016, [Online]. Available: https://ejournal.upi.edu/index.php/gea/article/view/3469/2455
I. K. U. Astika, I. K. Suma, and I. W. Suastra, “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Sikap Ilmiah Dan Ketrampilan Berpikir Kritis,” J. Pendidik. dan Pembelajaran IPA Indones., vol. Vol 3, no. 1, pp. 1–10, 2013, [Online]. Available: https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ipa/article/view/851/606
I. Marhamah, Yahdi, and S. Hajaroh, “Spin Jurnal Kimia Dan Pendidikan Kimia | 68 Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis,” vol. 2, no. 1, pp. 68–82, 2020, [Online]. Available: https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/spin/article/view/2012/1119
K. Nellasari, “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Metode Brainstorming Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa,” 2018, [Online]. Available: https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/40003/1/Kiki Nellasari-FITK
A. Wulandari and S. Suparno, “Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Karakter Kerjasama Anak Usia Dini,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 4, no. 2, p. 862, 2020, doi: 10.31004/obsesi.v4i2.448.
Syamsidah and H. Suryani, Buku Model Peoblem Based Learning (PBL). 2018. [Online]. Available: https://eprints.unm.ac.id/9011/1/Buku Model Problem Based Learning_Watermark.pdf
A. Karim, “Penerapan Metode Brainstorming Pada Matapelajaran Ips Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas VIII Di SMPN 4 Rumbio Jaya,” J. Pendidik. Ekon. Akunt. FKIP UIR, vol. V, no. 1, pp. 1–10, 2017, [Online]. Available: https://journal.uir.ac.id/index.php/Peka/article/view/1180/737
E. Alfian, N. Kaso, S. Raupu, and D. R. Arifanti, “Efektivitas Model Pembelajaran Brainstorming Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa,” Al asma J. Islam. Educ., vol. 2, no. 1, pp. 54–64, 2020, [Online]. Available: https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/alasma/article/view/13596/8442
F. Khaulani, E. Noviana, and G. Witri, “Penerapan Metode Brainstorming Dengan Bantuan Media Gambar Grafis Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKN Siswa Kelas V SD Negeri 009 Pulau Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar,” J. PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), vol. 3, no. 1, p. 18, 2019, doi: 10.33578/pjr.v3i1.6305.
Khoiriah, “Bab III - Metode Penelitian Metode Penelitian,” Metod. Penelit., pp. 32–41, 2022.
R. N. Ramadhana, E. P. Elyani, and F. Mu’in, “Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Analisis Sastra,” Stilistika J. Pendidik. Bhs. dan Sastra, vol. 15, no. 2, p. 279, 2022, doi: 10.30651/st.v15i2.13379.
F. Rahmatia and Y. Fitria, “Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis di sekolah dasar,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 4, no. 3, pp. 2685–2692, 2020, [Online]. Available: https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/760/681
D. N. Agnafia, “Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Biologi,” Florea J. Biol. Pembelajarannya, vol. 6, no. 1, pp. 45–53, 2019, [Online]. Available: https://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JF/article/view/4369/2130
A. R. Hidayati, W. Fadly, and R. F. Ekapti, “Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran IPA Materi Bioteknologi,” J. Tadris IPA Indones., vol. 1, no. 1, pp. 34–48, 2021, doi: 10.21154/jtii.v1i1.68.
N. Nuraini, “Profil keterampilan berpikir kritis mahasiswa calon guru biologi sebagai upaya mempersiapkan generasi abad 21,” J. Pendidik. Biol., vol. 1, no. 2, pp. 89–96, 2017, [Online]. Available: https://jurnal.um-palembang.ac.id/dikbio/article/view/676
L. D. Pratama and W. Lestari, “Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Performance Task,” Semin. Mat. Dan Pendidik. Mat., pp. 415–420, 2017, [Online]. Available: http://seminar.uny.ac.id/semnasmatematika/sites/seminar.uny.ac.id.semnasmatematika/files/full/M-61.pdf
D. Hidayanti, A. R. As’ari, and T. Daniel, “Analisis Kemampuan Berpikir Krirtis Siswa SMP Kelas XI Pada Materi Kesebangunan,” in Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP I), 2016, pp. 276–285. [Online]. Available: https://proceedings.ums.ac.id/index.php/knpmp/article/view/2490/2444
I. S. Maolidah, T. Ruhimat, and L. Dewi, “Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom Pada peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis siswa,” Edutcehnologia, vol. 3, no. 2, pp. 160–170, 2017, [Online]. Available: https://ejournal.upi.edu/index.php/edutechnologia/article/view/9147/5684
D. N. Rositawati, “Kajian Berpikir Kritis Pada Metode Inkuiri,” in Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya), 2018, p. 74. doi: 10.20961/prosidingsnfa.v3i0.28514.
P. Anindyta and S. Suwarjo, “Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Dan Regulasi Diri Siswa Kelas V,” J. Prima Edukasia, vol. 2, no. 2, p. 209, 2014, doi: 10.21831/jpe.v2i2.2720.
A. Harianti and Y. Margaretha, “Pengembangan kreativitas mahasiswa dengan menggunakan metode brainstorming dalam mata kuliah kewirausahaan,” J. Manaj., vol. 13, no. 2, pp. 175–192, 2014, [Online]. Available: https://journal.maranatha.edu/index.php/jmm/article/view/134
Copyright (c) 2024 Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).