Penguatan Pendidikan Karakter Religius melalui Pembiasaan Budaya Sekolah di MI Nahdlatul Ulama KH. Mukmin Sidoarjo

  • Laila Mustika Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FPIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Muhlasin Amrullah Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FPIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
Abstract views: 323 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 195
Keywords: peserta didik, spiritual, lingkungan sekolah

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) melalu pembiasaan budaya sekolah serta kendala dan upaya yang dilakukan sekolah dalam memperkuat karakter religius pada peserta didik. Metode penelitian dengan pendekatan kualitatif secara deskriptif. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Adapun dalam menguji validitas data penelitian menggunakan triangulasi teknik. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pembiasaan religius melalui budaya sekolah di MI Nahdlatul Ulama KH. Mukmin Sidoarjo yang sesuai dengan visi dan misi Madrasah. Kegiatan rutin seperti pembiasaan 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan dan Santun), berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran, pembiasaan bersyukur dan toleransi, serta pembiasaan beribadah sesuai dengan ajaran agama yang dianut, menjadi bagian dari implementasi tersebut. Dengan demikian, penguatan pendidikan karakter religius melalui pembiasaan budaya sekolah menjadi strategi efektif untuk memperkuat karakter religius peserta didik di MI Nahdlatul Ulama KH. Mukmin Sidoarjo.

Downloads

Download data is not yet available.

References

M. N. Fahmi and S. Susanto, “Implementasi pembiasaan pendidikan islam dalam membentuk karakter religius siswa sekolah dasar,” Pedagog. J. Pendidik., vol. 7, no. 2, pp. 85–89, 2018, doi: 10.21070/pedagogia.v7i2.1592.

S. Sudiarni, R. B, and I. Idawati, “Implementasi pendidikan karakter pada sekolah inklusi di sd negeri unggulan mongisidi 1 makassar,” Al-Madrasah J. Pendidik. Madrasah Ibtidaiyah, vol. 6, no. 4, p. 1484, 2023, doi: 10.35931/am.v6i4.1344.

D. Kurniadi and M. F. Nugroho, “Pengembangan bahan ajar english-textual-genre berbasis android dalam implementasi ppk kurikulum 2013 edisi revisi,” J. Cult. (Culture, Lang. Lit. Rev., vol. 7, no. 1, pp. 17–36, 2020, doi: 10.53873/culture.v7i1.204.

M. Z. Ahmadi, H. Haris, and M. Akbal, “Implementasi program penguatan pendidikan karakter di sekolah,” Phinisi Integr. Rev., vol. 3, no. 2, p. 305, 2020, doi: 10.26858/pir.v3i2.14971.

M. Amelia and Z. H. Ramadan, “Implementasi pendidikan karakter melalui budaya sekolah di sekolah dasar,” J. Basicedu, vol. 5, no. 6, pp. 5548–5555, 2021, doi: 10.31004/basicedu.v5i6.1701.

R. Khirur, S. H. Badruli Martati, D. A. Putra, K. Roziqin, B. Martati, and D. A. Putra, “Analisis karakter religius siswa dalam belajar dari rumah pada masa pandemi covid-19,” J. Rev. Pendidik. Dasar, vol. 7, no. 1, pp. 1–6, 2021, [Online]. Available: https://journal.unesa.ac.id/index.php/PD/article/view/12150

R. Rahmi, A. Hasanah, and S. L. Anti, “Konsep pendidikan karakter pada sekolah inklusi tingkat usia dasar,” AR-RIAYAH J. Pendidik. Dasar, vol. 4, no. 2, p. 155, 2020, doi: 10.29240/jpd.v4i2.1648.

E. Indriani, Desyandri, Y. Erita, and N. Henita, “Pendidikankarakter religius peserta didik sekolah dasar dalam perspekif filsafat idealisme,” Didakt. J. Ilm. PGSD STKIP Subang, vol. 8, no. 2, pp. 2274–2284, 2022, doi: 10.36989/didaktik.v8i2.540.

P. L. Pakpahan and U. Habibah, “Manajemen program pengembangan kurikulum pai dan budi pekerti dalam pembentukan karakter religius siswa,” Tafkir Interdiscip. J. Islam. Educ., vol. 2, no. 1, pp. 1–20, 2021, doi: 10.31538/tijie.v2i1.19.

F. Hukum and U. Brawijaya, “Pen d id ik an k arakter adala h s eb uah k eh ar u san,” vol. 1, no. 1, pp. 113–128.

A. Sari, “Implementasi pendidikan karakter di sekolah melalui kegiatan pembiasaan dan keteladanan,” vol. 3, no. 02, pp. 249–258, 2017.

M. Ahsanulkhaq, “Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan,” J. Prakarsa Paedagog., vol. 2, no. 1, 2019, doi: 10.24176/jpp.v2i1.4312.

al-huda, “Penguatan Pendidikan Karakter Religius sebagai Upaya Mengatasi Bullyingdi MTs Al Amin Mojokerto,” Jurnal, vol. 16, no. 1, 2024, doi: 10.35457/konstruk.v16i1.3404.

A. Oktaviana, M. Marhumah, E. Munastiwi, and N. Na’imah, “Peran pendidik dalam menerapkan pendidikan akhlak anak usia dini melalui metode pembiasaan,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 6, no. 5, pp. 5297–5306, 2022, doi: 10.31004/obsesi.v6i5.2715.

S. Wahyuni and S. Purnama, “Pengembangan Religiusitas melalui Metode Kisah Qur’ani di Taman Kanak-Kanak,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 5, no. 1, p. 103, 2020, doi: 10.31004/obsesi.v5i1.523.

S. Umar and M. M. Choiri, Metode penelitian kualitatif di bidang pendidikan, vol. 53, no. 9. 2019. [Online]. Available: http://repository.iainponorogo.ac.id/484/1/METODE PENELITIAN KUALITATIF DI BIDANG PENDIDIKAN.pdf

J. Olsson, “Metode penelitian kualitatif dalam penelitian pendidikan bahasa,” 信阳师范学院, vol. 1, no. 1, p. 305, 2008, [Online]. Available: http://e-journal.usd.ac.id/index.php/LLT%0Ahttp://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/viewFile/11345/10753%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.758%0Awww.iosrjournals.org

M. Rachman, A. Munandar, and A. Suhardiyanto, “Padepokan Karakter,” Model Charakter Dev., pp. 176–190, 2014.

D. Kusuma, “Pembentukan karakter religius melalui pembiasaan sholat berjamaah,” J. Kewarganegaraan P-ISSN 1978-0184 E-ISSN 2723-2328, vol. 2 No. 2, no. 2, pp. 34–40, 2018.

I. P. Haji, “Pola Asuh Orang Tua Dalam Menumbuhkan Akidah Pada Anak Usia Dini,” Al Athfal J. Kaji. Perkemb. Anak Dan Manaj. Pendidik. Usia Dini, vol. 1, no. 2, pp. 64–93, 2018, [Online]. Available: https://www.ejournal.stainupwr.ac.id/index.php/Al_Athfal/article/download/91/43

I. P. Handayani and H. Hasrul, “Analisis kemitraan guru dan orang tua dalam pembentukan karakter anak berdasarkan Kurikulum 2013 di SMA,” J. Pembang. Pendidik. Fondasi dan Apl., vol. 9, no. 1, pp. 1–12, 2021, doi: 10.21831/jppfa.v9i1.42455.

A. Rofiqoh, “Shalat dan Kesehatan Jasmani,” Spiritualita, vol. 4, no. 1, pp. 65–76, 2020, doi: 10.30762/spr.v4i1.2324.

P. K. Religius, “Manajemen Pola Asuh dalam Penguatan Anak,” vol. 02, pp. 381–392, 2022.

indah sri anggita and M. A. Suryadilaga, “Mengajarkan Rasa Toleransi Beragama Pada Anak Usia Dini Dalam Persepektif Hadis,” KINDERGARTEN J. Islam. Early Child. Educ., vol. 4, no. 1, pp. 110–118, 2021, [Online]. Available: https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/KINDERGARTEN/article/view/12538

A. Ridwan, D. Asmita, and N. P. Wulandari, “Fungsi dan Peran Guru Pendidikan Agama Islam untuk Peningkatkan Kedisiplinan Pelaksanakan Sholat Berjamaah Siswa,” J. Educ., vol. 5, no. 4, pp. 12026–12042, 2023, doi: 10.31004/joe.v5i4.2164.

I. A. Sofannah, M. Amrullah, and M. D. K. Wardana, “Penguatan Pendidikan Karakter Religius Melalui Pembiasaan Budaya Sekolah,” JPK J. Pancasila dan Kewarganegaraan, vol. 8, no. 2, pp. 115–125, 2023, [Online]. Available: http://journal.umpo.ac.id/index.php/JPK/index

I. Rosuli and M. Amrullah, “Habituation of Religious Character Based on Al-Islam and Kemuhammadiyahan in Elementary Schools,” J. Islam. Muhammadiyah Stud., vol. 4, pp. 1–5, 2023, doi: 10.21070/jims.v4i0.1548.

F. Rozi and U. Wahyuni, “Manajemen Sekolah dalam Membentuk Anak Karakter Religius,” vol. 6, pp. 655–666, 2022.

Y. Anugerah et al., “At Turots : Jurnal Pendidikan Islam sekolah di SD Muhammadiyah 2 Gempol Analysis of Strengthening The Character of Class III Students Through School Culture at Muhammadiyah 2,” vol. 5, no. 3, pp. 146–155, 2023.

PlumX Metrics

Published
2024-07-19
How to Cite
Mustika, L., & Amrullah, M. (2024). Penguatan Pendidikan Karakter Religius melalui Pembiasaan Budaya Sekolah di MI Nahdlatul Ulama KH. Mukmin Sidoarjo. Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 16(2), 241-256. https://doi.org/10.35457/konstruk.v16i2.3613
Section
Articles