Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality pada Materi Bangun Ruang untuk Kelas V SD
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan media pembelajaran augmented reality pada materi bangun ruang untuk kelas V SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu Analyze, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Inpres 09 Anggori. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket pedoman wawancara, angket penilaian ahli media, ahli materi dan ahli desain pembelajaran, angket respon peserta didik dan tes hasil belajar. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini terdiri dari tes tertulis, angket, wawancara dan dokumentasi. Hasil rata-rata keseluruhan validasi media pembelajaran augmented reality adalah 3.88, dan berada pada kategori sangat valid. Kepraktisan respon peserta didik terhadap media pembelajaran augmented reality yaitu 3,74 yang berada pada kategori sangat positif. Keefektifan ditinjau dari hasil belajar peserta didik setelah mengikuti tes, menunjukkan bahwa sebanyak 21 orang mencapai nilai tuntas atau 84 % peserta didik mencapai nilai tuntas. Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran augmented reality yang sudah dikembangkan sangat efektif dan dapat memberikan dampak yang positif bagi siswa.
Downloads
References
R. Akbar dan Efrizon, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality pada Mata Pelajaran Perencanaan dan Instalasi Sistem Audio Video,” Jurnal Pendidikan Tambusai, vol. 8, no. 1, hlm. 10637–10647, 2024.
Sofyan Moh Alif Hidayat dan K. Dewantari, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Pada Mata Pelajaran TIK (Studi Kasus: SMP Negeri 1 Kota Mojokerto),” INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, vol. 3, no. 2, hlm. 13981–13989, 2023.
C. W. Sukma, I. Gede Margunayasa, dan B. R. Werang, “Android Pada Materi Sistem Tata Surya Untuk Siswa Kelas VI Sekolah Dasar,” INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, vol. 3, hlm. 4261–4275, [Daring]. Tersedia pada: https://j-innovative.org/index.php/Innovative
A. P. Wulandari, A. A. Salsabila, K. Cahyani, T. S. Nurazizah, dan Z. Ulfiah, “Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar,” Journal on Education, vol. 05, no. 02, hlm. 3928–3936, 2023.
M. Suryaman, L. Setiyani, R. Gunawan, D. Budhi Santoso, R. Fitriyani, dan N. Ikhsan, “Pengenalan Pemanfaatan Teknologi Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR) Dalam Proses Pembelajaran Kepada Para Guru Dan Siswa Di SMK Negeri 1 Cilamaya Kabupaten Karawang,” JPM Jurnal Pengabdian Mandiri, vol. 2, no. 1, 2023, [Daring]. Tersedia pada: http://bajangjournal.com/index.php/JPM
Sarwandi, Norenta Sitohang, dan Ridwan Syahputra, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada SDS Alwashliyah 13 Pasar Senen,” ENGAGEMENT: Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 2, no. 3, hlm. 129–134, Agu 2023, doi: 10.58355/engagement.v2i3.36.
A. V. Mardiah dan R. Yogica, “Analisis Kebutuhan Komik Islami sebagai Suplemen Media Pembelajaran Sistem Sirkulasi untuk SMA/MA,” BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, vol. 9, no. 2, hlm. 42–49, 2023, doi: 10.22437/bio.v9i2.20385.
Kristina, M. Fatih, dan C. Alfi, “Pengembangan Media 3D Berbasis Augmented Reality Menggunakan PBL Materi Penggolongan Hewan untuk Meningkatkan Self Esteem Siswa Kelas V SD,” Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar), vol. 11, no. 1, hlm. 59–72, 2023, doi: 10.22219/jp2sd.
M. S. Suganda dan S. Fahmi, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar,” THETA: Jurnal Pendidikan Matematika, vol. 2, no. 2, hlm. 50–57, 2020.
I. P. Sari, A.-K. Al-Khowarizmi, M. Saragih, A. H. Hazidar, dan A. A. Manurung, “Perancangan Sistem Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Virtual Reality dan Augmented Reality,” Sudo Jurnal Teknik Informatika, vol. 2, no. 2, hlm. 61–67, Mei 2023, doi: 10.56211/sudo.v2i2.249.
M. F. Harahap, Triase, dan A. Muliani Harahap, “Augmented Reality Pengenalan Raja Kesultanan Deli Medan Berbasis Mobile,” INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, vol. 4, no. 2, hlm. 5771–5780, 2024.
A. Putri dan Guspatni, “Desain Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Augmented Reality pada Materi Sifat Keperiodikan Unsur,” Jurnal Pendidikan Tambusai, vol. 7, no. 2, hlm. 15034–15045, 2023.
I. P. Sari, I. H. Batubara, A. H. Hazidar, dan M. Basri, “Pengenalan Bangun Ruang Menggunakan Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran,” Hello World Jurnal Ilmu Komputer, vol. 1, no. 4, hlm. 209–215, Des 2022, doi: 10.56211/helloworld.v1i4.142.
Jusuf Wahyudi, N. Qurniati, R. Zulfiandry, D. Mahdalena, dan W. Al Amar, “Sosialisasi Manfaat Teknologi Virtual Augmented dan Virtual Reality,” Jurnal Dehasen Untuk Negeri, vol. 2, no. 2, hlm. 281–286, 2023.
D. A. I. Saraswati, I. M. A. W. Putra, dan I. M. A. O. Gunawan, “Pengembangan Media Edukasi Pengenalan Profesi bagi PAUD Melalui Augmented Reality Menggunakan Assemblr,” Jurnal Informasi dan Teknologi, vol. 5, no. 4, hlm. 348–357, 2023.
P. Ekaningtiass, H. Fitriani, M. Nanang Nurudin, dan S. Akhodiyah, “Pengembangan Media Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Teknologi pada Materi Teks Prosedur untuk Siswa Kelas VII SMP,” Journal on Education, vol. 06, no. 01, hlm. 841–847, 2023.
L. Hidayat, “Pengembangan Media Belajar IPA Materi Tata Surya melalui Aplikasi Augmented Reality untuk Peningkatan Motivasi Belajar Siswa SD Negeri di Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal,” Journal of Education Research, vol. 5, no. 1, hlm. 781–794, 2024.
Y. Dela Carolina, “Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran Interaktif 3D untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Digital Native,” Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, vol. 8, no. 1, hlm. 10–16, Okt 2022, doi: 10.51169/ideguru.v8i1.448.
S. Hikmah, M. Kanzunnudin, J. Kragan Km, K. Sedan, K. Rembang, dan J. Tengah, “Pengembangan Media 3D Materi Indera Pendengaran Manusia dengan Augmented Reality Assembler Edu,” Journal on Education, vol. 05, no. 03, hlm. 7430–7439, 2023.
Copyright (c) 2024 Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).