Pengembangan E-BOOK “BUMEBAL” (Buku Mengenal Usia Baligh) sebagai Media Dakwah pada Pembelajaran PAI Kelas IV Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur keefektifan e-book “BUMEBAL” (Buku Mengenal Usia Baligh) sebagai media dakwah dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas IV SDN Lembangsari Kabupaten Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Design & Development (D&D) dengan model ADDIE yang memiliki lima tahapan yaitu analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Instrumen berupa penilaian dalam bentuk lembar validasi untuk penilaian ahli materi dan ahli media. Data dianalisis menggunakan uji normalitas gain. Hasil penelitian menunjukan bahwa e-book BUMEBAL efektif digunakan di sekolah karena dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang materi usia baligh. Nilai rata-rata siswa meningkat dari 47,6 (pre-test) menjadi 83,0 (post-test) setelah menggunakan e-book BUMEBAL. Tampilan visual menarik, adanya kuis interaktif dan audio yang melengkapi gaya belajar menjadikan e-book BUMEBAL efektif digunakan dalam sebuah bentuk media pembelajaran PAI dalam mempersiapkan siswa kelas IV SD menghadapi masa usia baligh.
Downloads
References
A. Garriga, J. Martínez-Lucena, and A. Moreno, “Parents’ Relationship Quality and Children’s Externalizing Problems: The Moderating Role of Mother–Child Relations and Family Socio-demographic Background,” Child and Adolescent Social Work Journal, vol. 36, no. 2, pp. 137–154, Apr. 2019, doi: 10.1007/s10560-018-0558-0.
M. Suherman, “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Fiqih Siswa Melalui Media Pembelajaran Audio Visual,” vol. 4, 2018.
R. A. C. Putri, D. N. Karochmah, S. Nurrohmah, and A. N. Aeni, “Video ‘The Muharram Celebration’ sebagai Media Pengenalan Kebudayaan Islam pada Siswa SD,” Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, vol. 16, no. 4, p. 1256, May 2022, doi: 10.35931/aq.v16i4.1067.
I. Amin, Lendrawati, F. Efendi, and Hertasmaldi, “The Concept of Baligh Perspective of Fiqh and Positive Law,” Al-Istinbath: Jurnal Hukum Islam, vol. 7, no. 2, pp. 441–466, Nov. 2022, doi: 10.29240/jhi.v7i2.5268.
D. E. Putra, H. Agustini, D. S. Ridhania, and A. N. Aeni, “Penggunaan E-Book BDSM (Buku Dakwah Siswa Milenial) Sebagai Media Dakwah Dalam Pembinaan Akhlak Siswa Di Sekolah Dasar,” Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, vol. 16, no. 3, p. 1174, Apr. 2022, doi: 10.35931/aq.v16i3.1051.
Hanifah Nurjanah, Isrok’atun, and Rana Gustian Nugraha, “Pengembangan Media Edukasi Berbasis Android Untuk Meningkatkan Kemampuan Calistung Siswa Kelas 2 SD,” Perspektif Ilmu Pendidikan, vol. 37, no. 1, pp. 53–61, Apr. 2023, doi: 10.21009/pip.371.7.
A. N. Aeni, D. Djuanda, M. Maulana, R. Nursaadah, and S. B. P. Sopian, “PENGEMBANGAN APLIKASI GAMES EDUKATIF WORDWALL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MEMAHAMI MATER PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI SISWA SD,” Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, vol. 11, no. 6, p. 1835, Dec. 2022, doi: 10.33578/jpfkip.v11i6.9313.
S. Narulita, A. Priyambodo, N. Dwi Atmini, and M. Apun Heses, “Sosialisasi dan Pelatihan Pengembangan e-Book Berekstensi e-Pub sebagai Media Pembelajaran di Sekolah Dasar (SD) Shalom Semarang,” 2022. [Online]. Available: https://madaniya.pustaka.my.id/journals/contents/article/view/219
M. Nurqozin, D. Putra, and U. Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, “Pembelajaran Berbasis Media Digital dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Menengah Kejuruan Islam Terpadu Tebuireng III Indragiri Hilir Riau 1,” 2023. [Online]. Available: https://jurnaldidaktika.org
E. Muhaemin, F. Dakwah dan Komunikasi, and U. Sunan Gunung Djati, “Dakwah Digital Akademisi Dakwah,” Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies, vol. 11, pp. 341–356, 2017, doi: 10.15575/idajhs.v12i.1906.
A. N. Aeni, J. A. Juneli, E. Indriani, I. N. Septiyanti, and R. Restina, “Penggunaan E – Book KIJUBI (Kisah Takjub Nabi) Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa SD Kelas V Terhadap Keteladanan Nabi Muhammad SAW,” Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, vol. 6, no. 4, p. 1214, Jul. 2022, doi: 10.35931/am.v6i4.1113.
R. Restiani1 et al., “Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Pengembangan Media Pembelajaran E-Book Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Melatih Kemampuan Membaca Pada Peserta Didik Kelas Iv Di Sekolah Dasar”.
V. M. Kusumawardani, S. A. Zahra, S. H. Adila, and A. N. Aeni, “Pemanfaatan E-book Budami (Buku Dakwah Islami) Untuk Memahami Makna Keesaan Allah Bagi Siswa Kelas 1 SD,” Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, vol. 7, no. 2, p. 864, Jun. 2023, doi: 10.35931/am.v7i2.2093.
A. Rahmaniyah, D. Kania, N. Ela, S. D. Nurhamidah, A. N. Aeni, and A. Zaman, “Pengembangan E-Book Cerita Bergambar ‘Kino Dan Kiya Anak Sholeh’ Sebagai Media Dakwah Untuk Siswa SD Kelas 1,” Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, vol. 6, no. 3, 2022, doi: 10.35931/am.v6i3.1095.
N. Agustin, A. Nur Aeni, A. Inaydamariny, and K. Rachmawanti, “Penggunaan E-Book Badi (Buku Animasi Dakwah Islami) Sebagai Media Dakwah Siswa SD,” Perspektif Ilmu Pendidikan, vol. 37, no. 1, pp. 20–28, Apr. 2023, doi: 10.21009/pip.371.3.
D. Disa Fadilla, N. Az-Zahra, S. Nursaadah, and A. N. Aeni, “Penggunaan Aplikasi Coomis (Comic Islami) Sebagai Media Dakwah Untuk Memupuk Sikap Sederhana Pada Siswa SD.”
M. Oktavia and A. Teja Prasasty, “Uji Normalitas Gain Untuk Pemantapan Dan Modul Dengan One Group Pre And Post Test”, doi: 10.30998/simponi.v0i0.439.
D. Rahayu, A. Y. Fajri, D. Handayani, and A. N. Aeni, “The Use Of Budikasta Media – The Digital Book Of Kak Arin The Storyteller To Form The Elementary Students’ Noble Character,” Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, vol. 12, no. 3, p. 873, Jun. 2023, doi: 10.33578/jpfkip.v12i3.9851.
N. A. Aeni, M. R. Ariefin, H. Rizky, and Y. H. Hidayat, “Pengembangan E-Book KITANA (Kisah Keteladanan Nabi) untuk Meningkatkan Sikap Keteladanan Peserta Didik Sekolah Dasar,” Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, vol. 7, no. 1, pp. 194–208, 2023, doi: 10.24036/jippsd.v7i1.
N. Latifah, Waspodo Tjipto Subroto, and Budi Purwoko, “Systematic Literature Review (SLR): Development of Online Market Corner Learning Media for Fifth Grade Elementary School Students,” Jurnal Elementaria Edukasia, vol. 6, no. 4, pp. 1971–1983, Dec. 2023, doi: 10.31949/jee.v6i4.7553.
Copyright (c) 2024 Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).