Pengembangan E-BOOK “BUMEBAL” (Buku Mengenal Usia Baligh) sebagai Media Dakwah pada Pembelajaran PAI Kelas IV Sekolah Dasar

  • Hani Farihan Apriliani Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Sumedang
  • Nabila Rahma Julianty Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Sumedang
  • Silvia Nurshobah Nasution Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Sumedang
  • Ani Nur Aeni Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Sumedang
Abstract views: 287 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 198
Keywords: instrumen, efektif, visual

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur keefektifan e-book “BUMEBAL” (Buku Mengenal Usia Baligh) sebagai media dakwah dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas IV SDN Lembangsari Kabupaten Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Design & Development (D&D) dengan model ADDIE yang memiliki lima tahapan yaitu analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Instrumen berupa penilaian dalam bentuk lembar validasi untuk penilaian ahli materi dan ahli media. Data dianalisis menggunakan uji normalitas gain. Hasil penelitian menunjukan bahwa e-book BUMEBAL efektif digunakan di sekolah karena dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang materi usia baligh. Nilai rata-rata siswa meningkat dari 47,6 (pre-test) menjadi 83,0 (post-test) setelah menggunakan e-book BUMEBAL. Tampilan visual menarik, adanya kuis interaktif dan audio yang melengkapi gaya belajar menjadikan e-book BUMEBAL efektif digunakan dalam sebuah bentuk media pembelajaran PAI dalam mempersiapkan siswa kelas IV SD menghadapi masa usia baligh.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Garriga, J. Martínez-Lucena, and A. Moreno, “Parents’ Relationship Quality and Children’s Externalizing Problems: The Moderating Role of Mother–Child Relations and Family Socio-demographic Background,” Child and Adolescent Social Work Journal, vol. 36, no. 2, pp. 137–154, Apr. 2019, doi: 10.1007/s10560-018-0558-0.

M. Suherman, “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Fiqih Siswa Melalui Media Pembelajaran Audio Visual,” vol. 4, 2018.

R. A. C. Putri, D. N. Karochmah, S. Nurrohmah, and A. N. Aeni, “Video ‘The Muharram Celebration’ sebagai Media Pengenalan Kebudayaan Islam pada Siswa SD,” Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, vol. 16, no. 4, p. 1256, May 2022, doi: 10.35931/aq.v16i4.1067.

I. Amin, Lendrawati, F. Efendi, and Hertasmaldi, “The Concept of Baligh Perspective of Fiqh and Positive Law,” Al-Istinbath: Jurnal Hukum Islam, vol. 7, no. 2, pp. 441–466, Nov. 2022, doi: 10.29240/jhi.v7i2.5268.

D. E. Putra, H. Agustini, D. S. Ridhania, and A. N. Aeni, “Penggunaan E-Book BDSM (Buku Dakwah Siswa Milenial) Sebagai Media Dakwah Dalam Pembinaan Akhlak Siswa Di Sekolah Dasar,” Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, vol. 16, no. 3, p. 1174, Apr. 2022, doi: 10.35931/aq.v16i3.1051.

Hanifah Nurjanah, Isrok’atun, and Rana Gustian Nugraha, “Pengembangan Media Edukasi Berbasis Android Untuk Meningkatkan Kemampuan Calistung Siswa Kelas 2 SD,” Perspektif Ilmu Pendidikan, vol. 37, no. 1, pp. 53–61, Apr. 2023, doi: 10.21009/pip.371.7.

A. N. Aeni, D. Djuanda, M. Maulana, R. Nursaadah, and S. B. P. Sopian, “PENGEMBANGAN APLIKASI GAMES EDUKATIF WORDWALL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MEMAHAMI MATER PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI SISWA SD,” Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, vol. 11, no. 6, p. 1835, Dec. 2022, doi: 10.33578/jpfkip.v11i6.9313.

S. Narulita, A. Priyambodo, N. Dwi Atmini, and M. Apun Heses, “Sosialisasi dan Pelatihan Pengembangan e-Book Berekstensi e-Pub sebagai Media Pembelajaran di Sekolah Dasar (SD) Shalom Semarang,” 2022. [Online]. Available: https://madaniya.pustaka.my.id/journals/contents/article/view/219

M. Nurqozin, D. Putra, and U. Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, “Pembelajaran Berbasis Media Digital dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Menengah Kejuruan Islam Terpadu Tebuireng III Indragiri Hilir Riau 1,” 2023. [Online]. Available: https://jurnaldidaktika.org

E. Muhaemin, F. Dakwah dan Komunikasi, and U. Sunan Gunung Djati, “Dakwah Digital Akademisi Dakwah,” Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies, vol. 11, pp. 341–356, 2017, doi: 10.15575/idajhs.v12i.1906.

A. N. Aeni, J. A. Juneli, E. Indriani, I. N. Septiyanti, and R. Restina, “Penggunaan E – Book KIJUBI (Kisah Takjub Nabi) Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa SD Kelas V Terhadap Keteladanan Nabi Muhammad SAW,” Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, vol. 6, no. 4, p. 1214, Jul. 2022, doi: 10.35931/am.v6i4.1113.

R. Restiani1 et al., “Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Pengembangan Media Pembelajaran E-Book Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Melatih Kemampuan Membaca Pada Peserta Didik Kelas Iv Di Sekolah Dasar”.

V. M. Kusumawardani, S. A. Zahra, S. H. Adila, and A. N. Aeni, “Pemanfaatan E-book Budami (Buku Dakwah Islami) Untuk Memahami Makna Keesaan Allah Bagi Siswa Kelas 1 SD,” Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, vol. 7, no. 2, p. 864, Jun. 2023, doi: 10.35931/am.v7i2.2093.

A. Rahmaniyah, D. Kania, N. Ela, S. D. Nurhamidah, A. N. Aeni, and A. Zaman, “Pengembangan E-Book Cerita Bergambar ‘Kino Dan Kiya Anak Sholeh’ Sebagai Media Dakwah Untuk Siswa SD Kelas 1,” Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, vol. 6, no. 3, 2022, doi: 10.35931/am.v6i3.1095.

N. Agustin, A. Nur Aeni, A. Inaydamariny, and K. Rachmawanti, “Penggunaan E-Book Badi (Buku Animasi Dakwah Islami) Sebagai Media Dakwah Siswa SD,” Perspektif Ilmu Pendidikan, vol. 37, no. 1, pp. 20–28, Apr. 2023, doi: 10.21009/pip.371.3.

D. Disa Fadilla, N. Az-Zahra, S. Nursaadah, and A. N. Aeni, “Penggunaan Aplikasi Coomis (Comic Islami) Sebagai Media Dakwah Untuk Memupuk Sikap Sederhana Pada Siswa SD.”

M. Oktavia and A. Teja Prasasty, “Uji Normalitas Gain Untuk Pemantapan Dan Modul Dengan One Group Pre And Post Test”, doi: 10.30998/simponi.v0i0.439.

D. Rahayu, A. Y. Fajri, D. Handayani, and A. N. Aeni, “The Use Of Budikasta Media – The Digital Book Of Kak Arin The Storyteller To Form The Elementary Students’ Noble Character,” Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, vol. 12, no. 3, p. 873, Jun. 2023, doi: 10.33578/jpfkip.v12i3.9851.

N. A. Aeni, M. R. Ariefin, H. Rizky, and Y. H. Hidayat, “Pengembangan E-Book KITANA (Kisah Keteladanan Nabi) untuk Meningkatkan Sikap Keteladanan Peserta Didik Sekolah Dasar,” Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, vol. 7, no. 1, pp. 194–208, 2023, doi: 10.24036/jippsd.v7i1.

N. Latifah, Waspodo Tjipto Subroto, and Budi Purwoko, “Systematic Literature Review (SLR): Development of Online Market Corner Learning Media for Fifth Grade Elementary School Students,” Jurnal Elementaria Edukasia, vol. 6, no. 4, pp. 1971–1983, Dec. 2023, doi: 10.31949/jee.v6i4.7553.

PlumX Metrics

Published
2024-07-22
How to Cite
Apriliani, H. F., Julianty, N. R., Nasution, S. N., & Aeni, A. N. (2024). Pengembangan E-BOOK “BUMEBAL” (Buku Mengenal Usia Baligh) sebagai Media Dakwah pada Pembelajaran PAI Kelas IV Sekolah Dasar. Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 16(2), 309-321. https://doi.org/10.35457/konstruk.v16i2.3587
Section
Articles