Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Literasi Sains pada Materi Sistem Tata Surya di SMPS Santo Agustinus
Abstract
Rendahnya literasi sains menyebabkan siswa menjadi kurang tanggap terhadap perkembangan dan permasalahan yang ada di sekitar lingkungan terutama yang berkaitan dengan fenomena alam yang berada di lingkungan sekitar. Penelitian ini bertujuan menggambarkan tahapan pengembangan media pembelajaran IPA berbasis literasi sains pada materi system tata surya. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek dari penelitian ini adalah siswa siswi SMP Swasta Santo Agustinus. Hasil dari penelitian yang dilakukan di SMP Swasta Santo Agustinus menunjukan bahwa media pembelajaran IPA berbasis literasi sains pada materi sistem tata surya valid dan sangat layak digunakan pada pembelajaran IPA.
Downloads
References
I. W. C. Sujana, “Fungsi dan tujuan pendidikan Indonesia,” J. Pendidik. Dasar, vol. 4, no. 1, pp. 29–30, 2019.
Z. & Khairi, “Analisis Kemampuan Kognitif Dalam Pembelajaran IPA SMP,” J. Pendidik. dan Pembelajaran Sains Indones., 2019.
L. D. Hammond, “Kualitas Guru dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Indonesia,” PGMI, 2017.
M. Tukiran, “Total Quality Management untuk Organisasi Pendidikan,” PT Kanisius, 2020.
Alifah, “Kualitas Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Indonesia,” PGMI, vol. 8, no. 2, 2021.
N. W. P. A. Kua, Maria Yuliana Kua, Roswita Margarit Wonga, “Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Kontekstual Interaktif Pada Mata Pelajaran IPA SMP Kelas VIII,” J. Citra Pendidik., vol. 1, no. 4, pp. 587–598, 2021.
and W. W. Putri, Annisa Lutviana, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Flipbook pada Materi Sistem Pencernaan Manusia untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD,” J. Ilm. Ilmu Pendidik., vol. 5, no. 10, pp. 4504–4509, 2022.
S. Zaenah, “Upaya Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Kelas Xi Dalam Pelajaran Fikih Selama Pembelajaran Dalam Jaringan Di MA AL-MUDDATSIRIYAH,” Dr. Diss. UNUSIA, 2021.
Yaum, “Pemanfaatan Teknologi Media Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19,” J. Pendidik. Dasar, vol. 2, no. 2, 2020.
U. Amelia, “Tantangan pembelajaran era society 5.0 dalam perspektif manajemen pendidikan,” J. Manaj. Pendidik. Islam, vol. 1, no. 1, pp. 68-82., 2023.
D. P. Arohman, Mamat, Saefudin Saefudin, “Kemampuan literasi sains siswa pada pembelajaran ekosistem,” Proceeding Biol. Educ. Conf., vol. 13, no. 1, 2016.
N. Wulandari, “Analisis kemampuan literasi sains pada aspek pengetahuan dan kompetensi sains siswa smp pada materi kalor,” Edusains, vol. 8, no. 1, pp. 66–73, 2016.
Abidin, “Strategi meningkatkan kemampuan literasi matematika, sains, membaca, dan menulis,” Bumi Aksara, 2021.
I. Sugiyono, S., Aunurahman, A., & Astuti, “Pengembangan media pembelajaran video program pelatihan di sekolah polisi negara pontianak,” J. Pendidik. Inform. dan Sains, vol. 10, no. 2, pp. 169–176, 2021.
M. P. Kumalasani, “Kepraktisan penggunaan multimedia interaktif pada pembelajaran tematik kelas IV SD,” J. Bid. Pendidik. Dasar, vol. 2, no. 1, pp. 1-11., 2018.
G. R. Antari , Ni Ngh Madri Asrama, and I. Gd Puja, “Penerapan Metode Kerja Kelompok Berbantuan Benda-Benda Di Lingkungan Sekolah Sebagai Media Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas IV SD,” Mimb. PGSD Undiksha, vol. 1, no. 1, 2013.
Nazalin and Muhtadi, A. “Pengembangan multimedia interaktif pembelajaran kimia pada materi hidrokarbon untuk siswa kelas XI SMA,” J. Inov. Teknol. Pendidik., vol. 3, no. 2, pp. 221–236, 2016.
Copyright (c) 2024 Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).