Penggunaan Alat Peraga Tangga Konversi Satuan dengan Metode Demonstrasi di Kelas VII SMPN 1 Soa

  • Maria Rongga Program Studi Pendidikan IPA STKIP Citra Bakti Ngada
  • Maria Yuliana Kua Program Studi Pendidikan IPA STKIP Citra Bakti Ngada
  • Prisko Yanuarius Djawaria Pare Program Studi Pendidikan IPA STKIP Citra Bakti Ngada
  • Ngurah Mahendra Dinatha Program Studi Pendidikan IPA STKIP Citra Bakti Ngada
Abstract views: 8 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 3
Keywords: alat bantu, belajar, teknik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) siswa kelas Vll SMP Negeri 1 Soa melalui penggunaan alat peraga tangga konversi satuan dengan metode demonstrasi. Penelitian dilakukan dengan menerapkan metode demonstrasi menggunakan alat peraga tangga konversi satuan dalam proses pembelajaran IPA. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas Vll di SMP Negeri 1 Soa yang berjumlah 31 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar tes hasil belajar. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu kegiatan perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan yang signifikan pada hasil belajar siswa serta proses pembelajaran guru dan siswa setelah diterapkannya metode demonstrasi menggunakan alat peraga tangga konversi satuan. Proses guru pada siklus l sebesar 89% (kategori baik) pada siklus ll meningkat menjadi 91% (kategori sangat baik). Proses siswa pada siklus l sebesar 81% (kategori baik) pada siklus ll meningkat menjadi 92% (kategori sangat baik). Peningkatan hasil belajar yang mencapai nilai di atas KKM (66) dengan presentase pra siklus 19%, siklus l (51%), dan siklus ll (78%).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Rawa, N. R ., Bela M.B., & Pegi, M. J. (2021) “Pengembangan Bahan Ajar Geometri Datar Berbasis Model Learning Cycle 7E Untuk Siswa Smp,” J. Ilm. Pendidik. Citra Bakti, vol. 8, no. 1, pp. 25–37, doi: 10.38048/jipcb.v8i1.132.

Widyastari, D., & Damanik, D. S. (2020). “Prokrastinasi Akademik Ditinjau Dari Kontrol Diri Pada Siswa-Siswi SMA Swasta Ar-Rahman Medan Academic Procrastination Viewed From Self Control On Students At SMA Swasta Ar-Rahman MEDAN sumber daya manusia yang bermutu sehingga dapat hidup mandiri , produ,” J. Penelit. Pendidikan, Psikol. Dan Kesehat., vol. 1, no. 2, pp. 82–91, [Online]. Available: www.jurnalp3k.com/index.php/J-P3K/index

Junaedi, I. (2019). “Proses pembelajaran yang efektif,” J. Inf. Syst. Applied, Manag. Account. Res., vol. 3, no. 2, pp. 19–25.

Kua, (2021). “Pendampingan Belajar Matematika Secara Online Pada Masa Pandemi Covid-19,” Proc. UIN Sunan Gunung Djati Bandung, vol. 1, no. 7, pp. 24–36.

Songkares, M. F., Kua, M. Y. & Aryani, N. W. P. (2021). “Pengembangan Lembar Kerja Siswa Multi Representase dengan Real World Problem Berbasis Kearifan Lokal Ngada Pada Pembelajaran IPA untuk Siswa Smp Kelas VII,” J. Citra Pendidik., vol. 1, no. 4, pp. 576–586,

Astari, F. A., Suroso, S.,& Yustinus, Y. (2018). “Efektifitas Penggunaan Model Discovery Learning Dan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas 3 Sd,” J. Basicedu, vol. 2, no. 1, pp. 1–10, doi: 10.31004/basicedu.v2i1.20.

Kua et al., (2024). “Pendampingan Guru Ipa Smp Dalam Pemanfaatan Media Belajar Berbasis Kearifan Lokal,” J. Abdimas Ilm. Citra Bakti, vol. 5, no. 1, pp. 73–84, doi: 10.38048/jailcb.v5i1.2934.

Umami, R., (2022).“Difficulties In Understanding The Science Learning Material as Related to Educational Psychology,” Psikologia J. Psikol., vol. 6, no. 1, pp. 13–22, doi: 10.21070/psikologia.v6i1.1119.

Novianti, R., (2021). “Model Pembelajaran Untuk Menumbuhkan Krakter Peduli Lingkungan Mta Pelajaran IPA,” JPB - J. Pendidik. Biol., vol. 2, no. 2, pp. 16–23, 2021.

Uno, M.K., & Umar., (2023). Mengelola kecerdasan dalam pembelajaran: sebuah konsep pembelajaran berbasis kecerdasan. Bumi Aksara.,

Sumardjan, S. P., & Pd, Media kartu sekolah dasar. Formaci., 2017.

Pribadi, (2017). Media & teknologi dalam pembelajaran. Prenada Media.

Hamid, M., (2017). Penggunaan Media Benda Asli Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Materi Sifat-Sifat Benda Pada Siswa Kelas Ii Sdn 2 Kecemen Manisrenggo Klaten Tahun 2016/2017. Yogyakarta: STIE Widya Wiwaha).

Susanti, B., (2019). “Penggunaan Media pembelajaran Videoscribe Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyyah At-Taqwa Pinang Kota Tanggerang Tahun 2018,” Nat. J. Kaji. Penelit. dan Pendidik. dan Pembelajaran , vol. 3, no. 2, pp. 387–396,

Kom, M., (2024). Konsep Dasar Media Pembelajaran. Yogyakarta: Cendikia Mulia Mandiri.

Kusmaharti, D., Christina, M., & Sunarsih, S., (2018).“Menghitung Konversi Satuan,” vol. 3.

Supardi, K., (2017). “Media Visual dan Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar,” J. Inov. Pendidik. Dasar, vol. 1, no. 2, pp. 160–171, [Online]. Available: https://unikastpaulus.ac.id/jurnal/index.php/jipd/article/view/266

Zega, J. N., & Susanto, Y. N., (2024). “Media Pembelajaran Alam Dalam Proses Belajar Mengajar,” Metanoia, vol. 6, no. 1, doi: 10.55962/metanoia.v6i1.121.

Putra R. E., & Clara, N., (2020). “Penggunaan Alat Peraga Sederhana Tangga Satuan Berat Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Metode Demonstrasi,” J. Muara Pendidik., vol. 5, no. 1, pp. 568–575, doi: 10.52060/mp.v5i1.263.

Muzakar, (2014). Hubungan Asupan Vitamin B3 (Niasin), C, E Dan Serat Terhadap Dislipidemia Pada Penyakit Jantung Koroner Di Rs Dr. Mohamad Hoesin Palembang. Yogyakarta: Fakultas Kedokteran, Universitas Gadjah Mada.

Irsan, I., (2021). “Implemensi Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 5, no. 6, pp. 5631–5639, doi: 10.31004/basicedu.v5i6.1682.

Kua, “Virtual Physics Laboratory With Real Word Problem Based On Ngada Local Wisdom In Basic Physics Practium.,” J. Abdimas Ilm. Citra Bakti, vol. 5(1), pp. 73-84., 2021.

K. H. Primayana, W. I. Lasmawan, and P. B. Adnyana, “Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Lingkungan Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau Dari Minat Outdoor Pada Siswa Kelas IV,” J. Pendidik. Dan Pembelajaran IPA Indones., vol. 9, no. 2, pp. 72–79, 2019, [Online]. Available: http://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ipa/index

Laksana, “Penggunaan Media Berbasis Budaya Lokal Dalam Pembelajaran Ipa Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Pemahaman Konsep Ipa Siswa Sekolah Dasar,” J. Ilm. Pendidik., vol. 1(2), pp. 27–37, 2020.

J. M. M. Asmani, Tips Efektif Cooperative Learning: Pembelajaran Aktif, Kreatif, Dan Tidak Membosankan. Yogyakarta: Diva Press, 2016.

M. C. S. Sunarsih, “Penggunaan Alat Peraga Piramida Kelajuan Dan Tangga Konversi Untuk Meningkatkan Pemahaman Menghitung Konversi Satuan.,” J. Pendidik. Dasar, vol. 9(2), pp. 87–101, 2018.

N. Fadiyah, Efektivitas alat peraga edukatif (APE) balok dalam mengembangkan kognitif anak usia dini. Alim, 2020.

E. S. Wahyuningsih, Model Pembelajaran Mastery Learning Upaya Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa. Yogyakarta: Edisi, 2020.

Z. Ulfiah, “Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar.,” J. Educ., vol. Journal On, pp. 3928–3936, 2023.

P. Hutauruk, “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Alat Peraga Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas Iv Sdn Nomor 14 Simbolon Purba.,” Sch. Educ. J., vol. 8(2), pp. 121-129., 2018.

PlumX Metrics

Published
2024-07-23
How to Cite
Rongga, M., Kua, M. Y., Pare, P. Y. D., & Dinatha, N. M. (2024). Penggunaan Alat Peraga Tangga Konversi Satuan dengan Metode Demonstrasi di Kelas VII SMPN 1 Soa. Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 16(2), 337-348. https://doi.org/10.35457/konstruk.v16i2.3565
Section
Articles