Pengembangan Video Pembelajaran Teknik Kendaraan Ringan Materi Scan Tools untuk Peserta Didik Sekolah Menengah Kejuruan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran menggunakan Video Pembelajaran berbasis ADDIE dalam pembelajaran Teknik Kendaraan Ringan materi Scan Tools. Pengembangan video pembelajaan ini dilaksanakan dengan memperhatikan kurangnya media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan dalam menjalankan perangkat Scan Tools. Pengembangan video pembelajaran menggunakan model ADDIE melalui tahapan mengetahui kelayakan video pembelajaran dilakukan validasi oleh ahli media dan ahli materi. Selanjutnya untuk mengetahui respon dari peserta didik Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dilakukan dengan uji coba kelompok kecil, dan kelompok besar dengan menggunakan instrumen angket yang sama. Langkah yang terakhir adalah uji kefektifan video pembelajaran dengan menggunakan data pretest dan posttest. Dari hasil uji kelayakan ahli disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan dikatakan sangat layak untuk dilakukan uji coba dalam proses pembelajaran. Untuk uji coba kelompok kecil diperoleh prosentase 88,5% dan untuk uji coba kelompok besar memperoleh prosentase 91,10 %. Berdasarkan hasil ini memberikan kesimpulan bahwa produk yang dikembangkan tentang media pembelajaran dengan menggunakan video yang dikembangkan dengan model ADDIE pada mata pelajaran Teknik Kendaraan Ringan materi Scan Tools dikatakan layak untuk dipergunakan dan diterapkan dalam proses pembelajaran.
Downloads
References
Adnyana, I.G.M. & Suyanto, W., 2013. Penggunaan EFI Scanner Sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan minat, motivasi, dan prestasi belajar siswa. Singaraja, Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol 3, No. 2
Aldoobie, N. (2015). ADDIE Model Analysis phase. American International Journal of Contemporary Research, 5(6), 68–72.
Amri F. C., & Wicaksono. T. T. (2021) Media Pembelajaran Interaktif berbasis video dalam penggunaan scan tool tipe launch Thinkdiag Easydiag 4.0, Jurnal Jasatec Vol.1, No. 1, Hal. 42-53.
Andriani, W., Subandowo, M., Karyono, H., & Gunawan, W. (2021). Learning Loss dalam Pembelajaran Daring di masa Pandemi Corona. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran, 484–501.
Andriani, W., Subandowo, M., Karyono, H., & Gunawan, W. (2021). Learning Loss dalam Pembelajaran Daring di masa Pandemi Corona. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran, 484–501.
Arikunto, S. (2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pembelajaran Edisi 3. Bumi Aksara
Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada
Blenzinky, A. T. 2012. YMJET-FI: Kala teknologi MotoGP Diperkenal. https://www.kompasiana.com/ahmedahmed-tsar-blenzinky/ymjet-fiteknologi-motogp-diperkenal_660d6aa4a33311241e2e3aeb. 19 maret 2023 (14:20).
BPS. (2022). Hasil Sensus Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) SMK 2021. Badan Pusat Statistik: Jakarta.
Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. In Instructional Design: The ADDIE Approach. Springer. https://doi.org/10.1007/978-0-387-09506-6
Daryanto. (2016). Media Pembelajaran: Perananya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Efrialda, P. P., & Subiantoro, A. W. (2022). Pengembangan E-Modul Sistem Pertahanan Tubuh Dengan Instagram untuk Meningkatkan Keterampilan Argumentasi Siswa Kelas Xi SMA. Jurnal Pendidikan Biologi, 13(1), 41– 51
Furqon, Z., Pramono, J., 2019, Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan (Program Keahlian Teknik Otomotif Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif SMK/MAK Kelas XI, Kurikulum 2013 revisi tahun 2017, Yogyakarta, Andi.
Gustini, K., & Ngarti, J. G. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Model R&D. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 62–78.
Hardani, Aulya, H. N., Andriani, H., Fardani, A. R., Ustiawaty, J., Utami, F. E., Sukmana, J. D., & Istiqomah, R. R. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Pustaka Ilmu.
Hardani, Aulya, H. N., Andriani, H., Fardani, A. R., Ustiawaty, J., Utami, F. E., Sukmana, J. D., & Istiqomah, R. R. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Pustaka Ilmu.
Hikmawati, F. (2020). Metodologi Penelitian. Rajawali Press.
Irawan, A., & Hakim, M. A. R. (2021). Kepraktisan Media Pembelajaran Komik Matematika pada Materi Himpunan Kelas VII SMP/MTs. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 91–100.
Kustandi C. dan Sutjipto. B. 2013. Media Pembelajaran (Manual dan Digital). Bogor:Ghalia Indonesia.
Mamik. (2015). Metode Kualitatif. Zifatama Publishing
Milala, H. F., Endryansyah, Joko, & Agung, A. I. (2022). Keefektifan dan Kepraktisan Media Pembelajaran Menggunakan Adobe Flash Player. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 11(1), 195–202.
Mubasir, M. M, & Raharjo, W. D. (2020). Pengembangan multimedia interaktif penggunaan scan tools EFI berbasis flash pada kompetensi dasar memahami dan memelihara engine management system,
Sainteknol: Jurnal Sains dan Teknologi, vol 18, No.2.
Munadi, Y. 2013. Media Pembelajaran (Sebuah Pendekatan Baru). Jakarta:GP Press Group.
Murniati & Usman, N. (2009). Implementasi Manajemen Stratejik Dalam Pemberdayaan Sekolah Menengah Kejuruan. Bandung: Citapustaka Media Perintis
Nawawi, M. I. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar: Tinjauan berdasarkan Karakter Generasi Z. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 4(2), 197–210.
Nur Adisasongko. (2019). Pemanfaatan Media Video Tutorial Sebagai Alternatif Pembelajaran di Masa Pandemi pada Peserta Didik Kompetensi TKR SMK. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES.
Pamungkas, S. 2014. Analisa Sistem Bahan Bakar Injeksi pada Mesin Bensin Menggunakan Scan Tools dan Gas Analyzer. Jurnal Teknik Mesin 03(3):38-45.
Perdirjen Kemdikbud Nomor 464/D.D5/KR/2018 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Muatan Nasional (A), Muatan Kewilayahan (B), Dasar Bidang Keahlian (C1), Dasar Program Keahlian (C2), dan Kompetensi Keahlian (C3).
Prasetya, M. I., & Wijaya, M. B. R. (2019) Pengembangan Multimedia Interaktif Penggunaan Scan Tool untuk Meningkatkan Hasil Belajar
Mendiagnosis Kerusakan Pada Kendaraan EFI, JPTM: Jurnal
Pendidikan Teknik Mesin, Vol.19, No.1(46-50)
Prasetya. M. I, & Wijaya. M. B. R. (2019). Development Of Interactive Multimedia Using Scan Tool To Improve Learning Outcomes Of Diagnose Damage In Efi Vehicles, Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol. 19, No. 1, Hal. 46-50.
Rusman. 2012. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Cetakan ke-2, Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Sadiman, A. S., R. Rahardjo, A. Haryono, dan Rahardjito. 2002. Media Pendidikan (Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya). Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sutirman. 2013. Media & Model - model pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Yuanta, F. (2020). Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Peserta didik Sekolah Dasar. Tripsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 91-100
Copyright (c) 2024 Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).