Pengembangan Video Pembelajaran Adobe Illustrator Materi Pengenalan User Interface untuk Peserta Didik Sekolah Menengah Kejuruan
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan video pembelajaran dengan model ADDIE dalam pembelajaran Adobe Illustrator materi User Interface. Pengembangan ini dilaksanakan dengan memperhatikan kurangnya media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan dalam menjalankan perangkat lunak berbasis vektor (Adobe Illustrator). Kelayakan video pembelajaran dapat diketahui dengan melakukan validasi oleh ahli media dan ahli materi. Untuk mengetahui respon dari peserta didik, dilakukan dengan menguji coba kelompok kecil, dan kelompok besar dengan menggunakan instrument angket yang sama. Uji kefektifan video pembelajaran dengan menggunakan data pretest dan posttest. Hasil uji kelayakan ahli produk yang dikembangkan sangat layak untuk dilakukan uji coba dalam proses pembelajaran, dengan hasil validasi ahli materi sebesar 95,83% dan validasi ahli media sebe-sar 97,91%. Perolehan untuk uji coba kelompok kecil diperoleh 89,09% dan untuk uji coba kelompok besar memperoleh prosentasi 90,68%. Tahap terakhir yaitu uji kefektifan video pembelajan Adobe Illustrator materi User Interface terhadap 30 (tiga puluh) peserta didik kelas X SMK Al Islah Surabaya sebesar 0,49. Pencapaian tersebut dikategorikan sedang yang artinya pemahaman peserta didik setelah belajar menggunakan video pembelajaran Adobe Illustrator materi User Interface meningkat dengan kategori “sedang” atau cukup baik. Peningkatan yang masih cukup baik dikarenakan keterbatasan waktu peneliti yang hanya dua kali pertemuan. Berdasarkan hasil ini memberikan kesimpulan bahwa pengembangan video pembelajaran Adobe Illustrator materi User Interface dengan model ADDIE, dikatakan layak untuk dipergunakan dan diterapkan dalam proses pembelajaran.
Downloads
References
Agustini, K., & Ngarti, J. G. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Model R&D. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 62–78.
Ahmad Zainuri Fachri1, Hamidillah Ajie2, Vina Oktaviani3 (2021) Pengembangan Video Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis Kelas X Smk Negeri 40 Jakarta, Jurnal Pinter, Vol 5 No. 2, Edisi Desember.
Ainina, I. A. 2014. Pemanfaatan Media Audio Visual sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah. Indonesia Journal Of History Education, Vol.3 (1) Tahun 2014.
Anderson, Ronald. (1987). Pemilihian dan pengembangan media untuk pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Andi Pratama, Saida Ulfa, Henry Praherdhiono (Juni, 2020). Pengembangan Video Animasi Budaya Reog Ponorogo sebagai Suplemen Kegiatan Ekstrakurikuler Siswa Sekolah Dasar. JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 7(1), 9-17.
Arikunto, S. (2009). Dasar – Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.
Arsyad, A.(2011). Media Pembelajaran. Jakarta: RajawaliPers
Asiah, Muhamad. (2018). Mengenal Filmora, Aplikasi Video Editing yang Ringan dan Powerful. [Online]. Tersedia: https://www.luwungdesain.com/ 2018/03/mengenal-filmora-aplikasi-video-editing.html [18 Februari 2020]
Bahrawi. (2020). Analysis of Factors That Influence The Preference of Cognitive Style Learning Model when Using Technology Devices. Journal Pekommas, 5(1), 31–38. https://doi.org/10.30818/jpkm.2020.2050104
BPS. (2021). Hasil Sensus Penduduk 2020. Badan Pusat Statistik: Jakarta.
Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. In Instructional Design: The ADDIE Approach. Springer. https://doi.org/10.1007/978-0-387-09506-6
Chun C, Dudoit K., Fujihara S. (2016).Teaching Generation Z at the University of Hawaii Gamification of Kahoot! Boosts Students’ Motivation in ESL Classroom Rosmawati binti Mohd Daud. (n.d.). 746–752.
Daryanto. (2011). Konsep Dasar Manajemen Pendidikan di Sekolah. Yogyakarta: Gavamedia Yogyakarta.
Daryanto, dan Rahardjo, M. 2012. Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media
Djamarah,Syaiful Bahri. 2010. Guru & anak didik dalam interaksi edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Efrialda, P. P., & Subiantoro, A. W. (2022). Pengembangan E-Modul Sistem Pertahanan Tubuh Dengan Instagram untuk Meningkatkan Keterampilan Argumentasi Siswa Kelas Xi SMA. Jurnal Pendidikan Biologi, 13(1), 41–51.
Fieka Nurul Arifa, (2020, April) Tantangan Pelaksanaan Kebijakan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Covid-19, Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR RI.
Han Tantri Hardini, Mohammad Taufiq, Moh. Danang Bahtiar, Vivi Pratiwi (2021) The Use of Online Learning Media and Learning Behavior as Predictors of Student Accounting Understanding, Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 3 Nomor 6 Tahun 2021 Halm 3663 – 3674
Hardani, Aulya, H. N., Andriani, H., Fardani, A. R., Ustiawaty, J., Utami, F. E., Sukmana, J. D., & Istiqomah, R. R. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Pustaka Ilmu.
Hasanudin, C., Fitrianingsih, A., & Saddhono, K. (2019). The Use of Wondershare Filmora Version 7.8.9 Media Apps in Flipped Classroom Teaching. Review of Computer Engineering Studies, 6(3), 51–55. https://doi.org/10.18280/rces.060301
Hendi Hendratman, 2018, The Magic Of Adobe Illustrator, Penerbit : Informatika
Hikmawati, F. (2020). Metodologi Penelitian. Rajawali Press.
Irawan, A., & Hakim, M. A. R. (2021). Kepraktisan Media Pembelajaran Komik Matematika pada Materi Himpunan Kelas VII SMP/MTs. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 91–100.
Kustandi, Cecep & Sutjipto, Bambang. (2011). Media Pembelajaran Manual Dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.
Lendra Mardani 2019. Dasar Desain Grafis Program Keahlian Teknik Komputer dan Informatika, Penerbit: Yudhistira
Luv Devi Herliandry, Nur Hasanah, Maria Enjelina Suban, Heru Kuswanto, (April, 2020) Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid -19, Jurnal Teknologi Pendidikan Vol 22, No, 1
Mamik. (2015). Metode Kualitatif. Zifatama Publishing.
Milala, H. F., Endryansyah, Joko, & Agung, A. I. (2022). Keefektifan dan Kepraktisan Media Pembelajaran Menggunakan Adobe Flash Player. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 11(1), 195–202.
Nawawi, M. I. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar: Tinjauan berdasarkan Karakter Generasi Z. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 4(2), 197–210.
Prastowo, Andi. (2012). Panduan Kreatif Untuk Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Pres.
Pribadi, Benny A. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.
Ridwan & Sunarto. 2013. Pengantar Statistika untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi, dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Sagala, Syaiful. 2005. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Saifuddin. (2014). Pengelolaan Pembelajaran Teoretis Dan Praktis. Yogyakarta: DEEPUBLISH.
Sumiharsono, Rudy & Hasanah, Hisbiyatul. (2017). Media Pembelajaran. Ed ke-1. Jember: CV PUSTAKA ABADI.
Supriatna, Dadang,. 2006. ”Konsep Dasar Desain Pembelajaran”. Tersedia pada http://itsinfo.tamu.edu/workshops/handouts/pdf_handouts/addie.pdf. Tjandrawina, R.R. (2016). Industri 4.0: Revolusi industry abad ini dan pengaruhnya pada bidang kesehatan dan bioteknologi. Jurnal Medicinus, vol 29, Nomor 1, Edisi April.
Sutiono, 2017, https://dosenit.com/kuliah-it/desain/kelebihan-adobe-illustrator
Wibisurya, A. (2018, December 15). Pengenalan QR Code. Https://Socs.Binus.Ac.Id/2018/12/15/Pengenalan-Qr-Code/.
Yulia Anggraeni, Zainal Arifin, Dydik Kurniawan, Tri Wahyuningsih (2021), Pengembangan Video Pembelajaran Menggunakan Software Wondershare Filmora pada pelajaran Matematika Materi Nilai Mutlak Kelas X di Sekolah Menengah Kejuruan Pada Masa COVID-19 Tahun ajaran 2020/2021, Jurnal Teknologi Pendidikan Madrasah, 4(1), 80-90
Copyright (c) 2024 Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).