KRITIK FILSAFAT PADA PROSES PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI INDONESIA

Authors

  • Mohamad Arif Majid

DOI:

https://doi.org/10.35457/konstruk.v9i2.250

Keywords:

pendidikan, agama Islam, mendalam

Abstract

Dalam Islam, pendidikan agama Islam adalah hal yang sangat mendasar. Karena itu meninjaunya secara mendalam adalah hal yang juga mendasar. Tulisan ini akan berusaha meninjau dengan kacamata ontology, epistemology, dan axiology sehingga sampai pada pemahaman yang mendalam dalam melihat pendidikan agama Islam. Pendidikan Agama Islam adalah usaha sadar untuk mewariskan nilai-nilai Islam kepada generasi penerus agar kelak pada gilirannya juga bisa mewariskan nilai-nilai Islam secara lebih berkualitas dan begitu seterusnya. Menyoal nilai-nilai yang diwariskan inilah yang akan menjadi fokus pertama dalam pembahasan ini. Kedua, fokus yang akan diulas adalah bagaimana upaya (metode,teknik/ strategi) mewariskan nilai yang lebih berkualitas dari generasi ke generasi, berhadapan dengan budaya dan peradaban modern. Nilai- nilai Islam yang rahmatan lil -˜alamin sesungguhnya sudah menjadi kesepakatan diantara para sarjana, para -˜ulama, para guru, dan para pemuka agama. Namun tampaknya pembicaraan tentang katagori Islam Rahmatan lil -˜alamin hingga saat ini bisa dibilang belum selesai.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-06-14

Issue

Section

Articles

Deprecated: json_decode(): Passing null to parameter #1 ($json) of type string is deprecated in /home/ejournal.unisbablitar.ac.id/public_html/plugins/generic/citations/CitationsPlugin.php on line 68

How to Cite

KRITIK FILSAFAT PADA PROSES PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI INDONESIA. (2017). Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 9(2), 180-199. https://doi.org/10.35457/konstruk.v9i2.250

Similar Articles

1-10 of 176

You may also start an advanced similarity search for this article.