KRITIK FILSAFAT PADA PROSES PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI INDONESIA

  • Mohamad Arif Majid
Abstract views: 237 , PDF downloads: 1443
Keywords: pendidikan, agama Islam, mendalam

Abstract

Dalam Islam, pendidikan agama Islam adalah hal yang sangat mendasar. Karena itu meninjaunya secara mendalam adalah hal yang juga mendasar. Tulisan ini akan berusaha meninjau dengan kacamata ontology, epistemology, dan axiology sehingga sampai pada pemahaman yang mendalam dalam melihat pendidikan agama Islam. Pendidikan Agama Islam adalah usaha sadar untuk mewariskan nilai-nilai Islam kepada generasi penerus agar kelak pada gilirannya juga bisa mewariskan nilai-nilai Islam secara lebih berkualitas dan begitu seterusnya. Menyoal nilai-nilai yang diwariskan inilah yang akan menjadi fokus pertama dalam pembahasan ini. Kedua, fokus yang akan diulas adalah bagaimana upaya (metode,teknik/ strategi) mewariskan nilai yang lebih berkualitas dari generasi ke generasi, berhadapan dengan budaya dan peradaban modern. Nilai- nilai Islam yang rahmatan lil -˜alamin sesungguhnya sudah menjadi kesepakatan diantara para sarjana, para -˜ulama, para guru, dan para pemuka agama. Namun tampaknya pembicaraan tentang katagori Islam Rahmatan lil -˜alamin hingga saat ini bisa dibilang belum selesai.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2017-06-14
How to Cite
Majid, M. A. (2017). KRITIK FILSAFAT PADA PROSES PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI INDONESIA. Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 9(2), 180-199. https://doi.org/10.35457/konstruk.v9i2.250
Section
Articles