KRITIK FILSAFAT PADA PROSES PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI INDONESIA
Abstract views: 237
,
PDF downloads: 1443
Keywords:
pendidikan, agama Islam, mendalam
Abstract
Dalam Islam, pendidikan agama Islam adalah hal yang sangat mendasar. Karena itu meninjaunya secara mendalam adalah hal yang juga mendasar. Tulisan ini akan berusaha meninjau dengan kacamata ontology, epistemology, dan axiology sehingga sampai pada pemahaman yang mendalam dalam melihat pendidikan agama Islam. Pendidikan Agama Islam adalah usaha sadar untuk mewariskan nilai-nilai Islam kepada generasi penerus agar kelak pada gilirannya juga bisa mewariskan nilai-nilai Islam secara lebih berkualitas dan begitu seterusnya. Menyoal nilai-nilai yang diwariskan inilah yang akan menjadi fokus pertama dalam pembahasan ini. Kedua, fokus yang akan diulas adalah bagaimana upaya (metode,teknik/ strategi) mewariskan nilai yang lebih berkualitas dari generasi ke generasi, berhadapan dengan budaya dan peradaban modern. Nilai- nilai Islam yang rahmatan lil -˜alamin sesungguhnya sudah menjadi kesepakatan diantara para sarjana, para -˜ulama, para guru, dan para pemuka agama. Namun tampaknya pembicaraan tentang katagori Islam Rahmatan lil -˜alamin hingga saat ini bisa dibilang belum selesai.
Downloads
Download data is not yet available.
Published
2017-06-14
How to Cite
Majid, M. A. (2017). KRITIK FILSAFAT PADA PROSES PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI INDONESIA. Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 9(2), 180-199. https://doi.org/10.35457/konstruk.v9i2.250
Section
Articles
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).