PERMAINAN HAPPY BALL UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA DINI

  • Dewi Yuliani Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Rosa Imani Khan Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Isfauzi Hadi Nugroho Universitas Nusantara PGRI Kediri
Abstract views: 708 , PDF downloads: 565
Keywords: happy ball, reading, child

Abstract

During the early age range, children experience rapid development in various aspects. Seeing the importance of this period, appropriate stimulation efforts from the environment are needed to optimize the development of all abilities of children, including the ability to begin reading. Kindergarten children have begun to be taught to read the beginning but must be in accordance with the stages of child development, without coercion, in a fun way and should be guided by the teacher because it basically provides learning to start reading in early childhood must be with a playful atmosphere pleasant and no pressure. But in reality the process of learning to begin reading in kindergarten is still rampant using reading learning strategies that are too academic and rigid like in Elementary Schools. Therefore, researchers designed an educational game called Happy Ball that uses picture word cards. Through this Happy Ball game, it is hoped that the atmosphere of early reading learning activities for young children will be interesting and fun, the ability to read the beginning of the child is expected to be directed and develop better in a happy atmosphere. It is hoped that this game can also be used by educators to develop early reading skills in early childhood.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abas, Saleh. 2006. Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Efektif di Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas.

Anwar, Zainal. 2015. Penerapan Konseling Kelompok untuk Meningkatkan Happiness pada Remaja Panti Asuhan. Jurnal Iimiah Psikologi Terapan. 3(1), 144-153.

Ardini dan Lestariningrum. 2018. Bermain dan Permainan Anak Usia Dini. Nganjuk: Adjie Media Nusantara.

Asiah, Nur. 2018. Pembelajaran Calistung Pendidikan Anak Usia Dini dan Ujian Masuk Calistung Sekolah Dasar di Bandar Lampung. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar. 5(1), 19-41.

Asmonah, Siti. 2019. Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Model Direct Instruction Berbantuan Media Kartu Kata Bergambar. Jurnal Pendidikan Anak. 8 (1), 29-37.

Baroroh, Esny. 2017. Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Media Kartu Kata Bergambar Kelompok B Taman Kanak-kanak. Jurnal Pendidikan AUD. 4(6), 409-418.

Depdiknas. 2007. Pengembangan Kemampuan Berbahasa di Taman Kanak-kanak . Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah.

Dhieni, Nurbiana, dkk. 2008. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.

Dhieni, Nurbiana. 2013. Metode Pengembangan Bahasa. Tangerang: Universitas Terbuka.

Fitriana, R. 2016. Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan melalui Media Bola Kata pada Anak Kelompok BTKITAl-Aqsha Rembang Kecamatan Ngadiluwih. Skripsi. Dipublikasikan. Kediri: Universitas Nusantara PGRI Kediri

Ismiyati. 2018. Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Kartu Kata Bergambar pada Anak Kelompok B TK Dharma Wanita Sucen Gemawang Temanggung. Jurnal AUDI.3(2), 91-100.

Kurnia, R. 2017. Pengaruh Media Gambar Terhadap Kemampuan Membaca Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Laboraturium FKIP UNRI.JurnalEduchild PG PAUD FKIP UNRI. 6(2), 2089-7510.

Maksum, A. 2018. Metodologi Penelitian dalam Olahraga (Edisi Kedua). Surabaya: Unesa University Press.

Mulyono, Abdurrahman. 1999. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta:Rineka Cipta.

Pertiwi, Adharina Dian. 2016. Studi Deskriptif Proses Membaca Permulaan Anak Usia Dini.Jurnal Pendidikan Anak. 5(1), 759-763.

Priyanto, Aris. 2014. Pengembangan Kreativitas pada Anak Usia Dini Melalui Aktivitas Bermain. Jurnal Ilmiah Guru”COPE”.11 (2), 41-47.

Putra, Masri Sureb. 2008. Minat Membaca Sejak Dini. Jakarta: PT. Indeks.

Setyadhani, R. 2015. Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Kartu Kata Bergambar Di Kelas B1 TK ABA Gedongkiwo Mantrijeron Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Guru PAUD. 2(4),1-8.

Suhartono. 2005. Pengembangan Keterampilan Berbicara Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.

Sujiono, Bambang. 2007. Metode Pengembangan Fisik. Jakarta: Universitas Terbuka.

Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Suyadi. 2010. Psikologi Belajar Anak Usia Dini. Yogyakarta: Pedagogia.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Membaca: Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Edisi Revisi. Bandung: Angkasa.

Trisnawati, I.2019.Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca melalui Permainan Bola Huruf di Kelompok A RA Dhiyaush Shafa Desa Dompyong Wetan Kecamatan Gebang. Skripsi. Dipublikasikan. Cirebon: Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon.

Waraningsih, 2014. Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Menggunakan Media Kartu Kata di TK Sulthoni Ngaglik Sleman. Skripsi. Dipublikasikan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Wijayanti, dkk.2017. Meningkatkan Kemampuan Membaca pada Anak Kelompok A dengan Menggunakan Kartu Kata Bergambar. PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini.3(2), 43-52.

PlumX Metrics

Published
2020-07-30
How to Cite
Yuliani, D., Imani Khan, R., & Hadi Nugroho, I. (2020). PERMAINAN HAPPY BALL UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA DINI. Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 12(2), 132-143. https://doi.org/10.35457/konstruk.v12i2.1114
Section
Articles