The Implementation of Flashcard in Learning Writing Recount Text : A Case Study at SMPN 3 Blitar
Keywords:
EFL, flashcard, recount text, writing processAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi tantangan siswa dalam menulis text recount, khususnya kosakata yang terbatas, kesulitan dalam memunculkan ide, dan kurangnya penguasaan bentuk lampau (past tense). Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan penerapan media flashcard dalam pembelajaran menulis text recount dan mengkaji respons siswa selama tahapan proses menulis. penelitian ini menggunakan desain studi kasus tunggal kualitatif di SMPN 3 Blitar, dengan melibatkan seorang guru Bahasa Inggris dan empat siswa kelas delapan. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan model interaktif Miles dan Huberman yang mencakup kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa flashcard berhasil diintegrasikan secara efektif ke dalam tahapan menulis Harmer (perencanaan, penulisan draf, penyuntingan, dan finalisasi). Siswa menunjukkan peningkatan dalam pengembangan ide, penyusunan kalimat, dan aktivitas revisi. Respons mereka mencerminkan partisipasi perilaku yang lebih tinggi, keterlibatan emosional yang positif, serta perolehan kognitif dalam mengingat kosakata dan akurasi struktur kalimat. Studi ini menyimpulkan bahwa flashcard merupakan media instruksional yang efektif untuk mendukung keterampilan menulis siswa dan merekomendasikan integrasinya dalam praktik kelas.
References
Andika, A., Sari, H. P., Sutanti, N., & Supriyono, S. (2023). Developing Android Based English Learning Media For Writing Text Of The Tenth Grade Students. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FPMIPA (Vol. 1, No. 1, pp. 195-203).
Aisyah, N., Ridwan, R., Huda, H., Faisol, W., & Muawanah, H. (2022). Effectiveness of Flash Card Media To Improve Early Childhood Hijaiyah Letter Recognition. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3537-3545.
Azharra, A. P., Shodiq, J., & Setyaji, A. (2022). The use of flashcard to improve students' vocabulary mastery in writing descriptive text: case of grades 7 of SMPN 5 Ambarawa in the academic year 2021/2022. Journal of Research on English and Language Learning (J-REaLL), 3(2), 98-103.
Chen, R. W., & Chan, K. K. (2019). Using Augmented Reality Flashcards To Learn Vocabulary In Early Childhood Education. Journal of Educational Computing Research, 57(7), 1812-1831.
Gayatri, D. D., & Gaffar, M. A. (2023). The Implementation of Picture Series as Learning Media to Improve Students' Writing Ability Related to Historical Events in Recount Text. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(2), 790-803.
Hadi, M. S., Izzah, L., & Paulia, Q. (2021). Teaching Writing Through Canva Application. Journal of Languages and Language Teaching, 9(2), 228-235.
Hani, U. (2023). Effektivitas Peningkatan Keterampilan Menulis Recount Text Melalui Pendekatan Genre Based. LOKAKARYA, 2(1), 77-84.
Husni, R., & Saputri, E. N. (2023). Kesulitan Siswa SMP Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), 8046-8052.
Kalsum, Z. U., & Ansari, K. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Flashcard Terhadap Kemampuan Menulis Surat Dinas Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Medan. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 2(3), 199-209.
Lubis, B. N. A., Sagala, R. W., & Niswa, K. (2023). Flashcard Media Effectiveness In Enriching Students’english Vocabulary At Vocational School.
Musyaffa, M. L. (2020). Flashcard As A Media To Improve Students’ Writing Skill In Descriptive Paragraph. E-Link Journal, 7(2), 83-97.
Purnamasari, D., Hidayat, D. N., & Kurniawati, L. (2021). An analysis of students’ writing skill on English descriptive text. English Education: Jurnal Tadris Bahasa Inggris, 14(1), 101-114.
Susilawati, E. L. K. (2021). Improving Students'writing Skills In Recount Text Using Teaching Media Pictures And Learning Interests. Inference: Journal of English Language Teaching, 4(1), 84-92.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rico Ilhan Zakaria, Hesty Puspita Sari, Yusniarsi Primasari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
