PENGAMANAN PESAN TEKS MENGGUNAKAN TEKNIK STEGANOGRAFI SPREAD SPECTRUM BERBASIS ANDROID

  • Achmad Noercholis, Yohanes Nugraha
Abstract views: 480 , PDF downloads: 621
Keywords: Steganografi, Spread Spectrum, Android

Abstract

Keamanan dalam pengiriman informasi yang bersifat rahasia merupakan salah satu faktor penting yang harus dijaga. Salah satu teknik yang dapat dipakai untuk menangani hal tersebut adalah steganografi. Steganografi merupakan ilmu dan seni yang mempelajari cara penyembunyian informasi rahasia ke dalam suatu media sedemikian sehingga manusia tidak dapat menyadari keberadaan pesan tersebut.
Dalam hal ini teknik steganografi yang digunakan adalah metode spread spectrum. Dalam teknik steganografi ini terdapat dua proses yaitu proses embedding dan proses extraction. Pada proses embedding pesan rahasia akan disisipkan ke dalam citra JPG dengan menggunakan metode spread spectrum. Dan proses extraction untuk mendapatkan hasil dari pesan rahasia yang telah disisipkan juga menggunakan spread spectrum.
Dalam proses pengujian yang dilakukan dengan beberapa image dengan ukuran yang berbeda-beda dapat disimpulkan bahwa jumlah maksimal karakter pesan yang dapat ditampung oleh sebuah image mengikuti ukuran image tersebut. Semakin besar ukuran image atau cover yang digunakan untuk menyisipkan, semakin banyak jumlah karakter atau teks yang mampu disisipkan.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2016-05-23
How to Cite
[1]
A. N. Yohanes Nugraha, “PENGAMANAN PESAN TEKS MENGGUNAKAN TEKNIK STEGANOGRAFI SPREAD SPECTRUM BERBASIS ANDROID”, antivirus, vol. 10, no. 1, May 2016.
Section
Articles