APLIKASI PEMBELAJARAN UNTUK ORANG TUA DALAM MENDIDIK ANAK

  • Andhik Ampuh Yunanto Politeknik Elektronika Negeri Surabaya
  • Mochammad Farhan Alfiansyah Politeknik Elektronika Negeri Surabaya
  • Rafly Arief Kanza Politeknik Elektronika Negeri Surabaya
  • Khofifah Vionillah Fauzia Politeknik Elektronika Negeri Surabaya
  • Sinta Apriliya Tri Prastiani Politeknik Elektronika Negeri Surabaya
Abstract views: 752 , PDF downloads: 650

Abstract

Perkembangan anak yang begitu cepat dengan media teknologi terbaru menuntut peran orang tua untuk mempelajari dan mengikuti teknologi yang sama. Sehingga orang tua juga dapat dengan mudah mengawasi, membimbing, mengontrol kegiatan anak. Orang tua juga wajib untuk mempelajari Pendidikan anak zaman sekarang agar dapat memahami keadaan dan dapat mengikuti perkembangan anak pada zaman sekarang. Dengan begitu anak bisa merasa nyaman dengan orang tuanya dan tidak merasa tertekan. Dengan adanya permasalahan tersebut, kami mengajukan sebuah aplikasi baru yaitu Aplikasi Pembelajaran Untuk Orang Tua Dalam Mendidik Anak (HalOrtu). Aplikasi tersebut menyediakan suatu fungsi atau fitur berupa video pembelajaran Pendidikan anak mulai dari usia dini hingga usia SD untuk orang tua. Pada video ini orang tua dapat membeli sebuah class parenting dan memilih kelas atau tema sesuai yang diinginkan. Uji coba yang dilakukan dalam aplikasi ini adalah user dapat melakukan pembelian kelas dan melihat video dari psikolog terpercaya tentang cara mendidik anak pada zama sekarang dengan baik dan benar. Terbukti bahwa hasil pembuatan HalOrtu (Aplikasi pembelajaran untuk orang tua dalam mendidik) dapat menciptakan budaya pengasuhan yang efektif melalui komunikasi yang berkualitas baik antara orang tua dan anaknya, dapat memberikan informasi pengasuhan yang andal, relevan, dan dapat diterapkan melalui platform dan acara digital serta dapat mendorong komunikasi antar orang tua dan anak yang lebih sehat

Downloads

Download data is not yet available.

References

Rahman Ulfiani, 2009, “Karakteristik perkembangan anak usia dini”., Lentera Pendidikan

Elizabet B. Hurlock, Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan, Edisi Relima, Jakarta: Erlangga, 1980,h. 108

I Ketut Sudarsana, 2017, “MEMBENTUK KARAKTER ANAK SEBAGAI GENERASI PENERUS BANGSA MELALUI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI”., Purwadita.

A. A. Yunanto and S. Rochimah, "Systematic Literature Review Terhadap Evaluasi Perangkat Lunak Tentang Serious Game," Jurnal Informatika, 2017.

A. A. Yunanto, D. Herumurti, I. Kuswadayan, R. R. Hariadi and S. Rochimah, "Design and Implementation of Educational Game to Improve Arithmetic Abilities for Children," in 12th International Conference on Information & Communication Technology and System (ICTS), Surabaya, Indonesia, 2019.

A. A. Yunanto, D. Herumurti, S. Rochimah and I. Kuswardayan, "English Education Game using Non-Player Character Based on Natural Language Processing," in The Fifth Information Systems International Conference, Surabaya, Indonesia, 2019.

I. Kuswadayan, D. Herumurti, R. R. Hariadi, M. Wildianurahman, A. A. Yunanto and S. Arifiani, "Survival Education for User on Unknown Islands using Simulation Games," in 12th International Conference on Information & Communication Technology and System (ICTS), Surabaya, Indonesia, 2019.

D. Herumurti, A. Yuniarti, P. Rimawan and A. A. Yunanto, "Overcoming Glossophobia Based on Virtual Reality and Heart Rate Sensors," in IEEE International Conference on Industry 4.0, Artificial Intelligence, and Communications Technology (IAICT), Bali Indonesia, 2019 .

A. A. Yunanto, D. Herumurti, I. Kuswadayan and S. Rochimah, "Intelligent System for Agent in Educational Game Using Dynamic Gram Similarity," in 2018 International Seminar on Application for Technology of Information and Communication, Semarang, 2018.

A. A. Yunanto, D. Herumurti and I. Kuswardayan, "Kecerdasan Buatan Pada Game Edukasi Untuk Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Pendekatan Heuristik Similaritas," Jurnal Sistem dan Informatika (JSI), 2018.

D. Herumurti, I. Kuswardayan, W. N. Khotimah, A. A. Yunanto and A. A. Yusuf, "Implementation of Artificial Ant Colony Algorithm (AACA) in dynamic labyrinth generation for android-based 2D games," in International Conference on Science Education and Technology (ICOSETH) 2019, Surakarta, Indonesia, 2019.

PlumX Metrics

Published
2020-11-01
How to Cite
[1]
A. A. Yunanto, M. F. Alfiansyah, R. A. Kanza, K. V. Fauzia, and S. A. T. Prastiani, “APLIKASI PEMBELAJARAN UNTUK ORANG TUA DALAM MENDIDIK ANAK ”, antivirus, vol. 14, no. 2, pp. 99-109, Nov. 2020.