Kajian Budidaya Tanaman Kelapa Di Desa Uraur Kecamatan Kairatu Kabupaten Seram Bagian Barat

  • Marlita Makaruku Universitas Pattimura
  • Anna Wattimen
  • Esther Kembauw
Abstract views: 40 , PDF downloads: 60
Keywords: Budidaya, Tanaman, Kelapa

Abstract

Kelapa merupakan komoditas strategis yang memiliki peran sosial, budaya, dan ekonomi dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Produk tanaman kelapa, selain untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, juga sebagai sumber devisa negara melalui ekspor. Untuk meningkatkan produksi kelapa, maka petani produsen kelapa perlu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan budidaya tanaman dalam mengoptimalkan produktivitas tanaman kelapa yang dikelolanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat budaya tanaman kelapa oleh petani di Desa Uraur, Kecamatan Kairatu, Kabupaten Seram Bagian Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei serta pengamatan langsung yang dilakukan terhadap petani yang mengelola tanaman kelapa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa budidaya tanaman kelapa yang dilakukan oleh petani di Desa Uraur masih bersifat tradisional berdasarkan pengetahuan turun temurun dari orang tua, sehingga belum dilaksanakan dengan baik dan benar. Hal ini dapat dilihat dari teknik pembibitan masih berasal dari benih sendiri, pemeliharaan tanaman yang dilakukan belum intensif, hanya melakukan pengendalian gulma. Petani tidak melalukan pemupukan, pengendalian hama dan penyakit terhadap tanaman kelapa, serta panen dan pasca penen yang dilakukan dengan seadanya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Badan Pusat Statistik (BPS). 2020. Kecamatan Kairatu Dalam Angka 2020. Badan Pusat Statistik Kabupaten Seram Bagian Barat.
Girsang, W., dan Laimeheriwa, S. 2009. Dalam Laporan Penelitian: Penyusunan Profil Potensi dan Investasi Sumberdaya Alam di Kabupaten Maluku Barat Daya: Persiapan Investasi Industri Pengolahan. Kerjasama Bappeda Kabupaten MBD dengan LPKP Fakultas Pertanian Unpatti, Ambon.

Gun Mardiatmoko dan Mira Ariyanti. 2018. Produksi Tanaman Kelapa (Cocos
nusifera L.). Ambon: Badan Penerbit Fakultas Pertanian Universitas Pattimura. Outlok Kelapa, 2017. Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian Sekretariat Jenderal-Kementerian Pertanian.

Hamka. 2012. Analisis Faktor Produksi Tanaman Kelapa (Cocos nucifera) Terhadap Pendapatan Petani. Jurnal Ilmiah Agribisnis dan Perikanan (agrikan UMMU-Ternate) Volume 5 Edisi 1 (Mei 2012).

Nasaruddin, Muh. Farid B.D.R, Ifayanti R, Abdul M, Tigin D, Cri W.B.Y, dan Nandi K.S. 2020. Perbaikan Teknis Budidaya Kelapa Rakyat di Kabupaten Wajo. Jurnal Dinamika Pengabdian Vol. 5 No. 2 Mei 2020. p-ISSN: 2460-8173.
Oyoo, M.E., Najya, M., Githiri, S.M., Ojwang, P.O., Muniu, F.K., Masha, E. and Owuoche, J.O. 2015. Insitu Morphological Characterization Of Coconut In The Coastal Lowlands Of Kenya. African Journal of Plant Science Vol. 9 (2). 65 –74.

Resminiasari, N., Rahmat, S., dan S Imbarwati. 2018. Budidaya Tanaman Kelapa (Cocos nucifera) Ditinjau Dari Segi Ekonomi. Munich Personal RePEc Archive. URl: https://mpra.ub.uni- muenchen.de/90324/

Sangadji, S, Mahulette, A.S, Marasabessy, D.A. 2022. Studi Produktifitas Tanaman Kelapa (Cocos nucifera
L.) di Negeri Tial Kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah. Jurnal Agrohut, Volume 13 (2), 2022. Hal.87-96.

Sipapa, G., Wibowo, K., dan Muzendi, A.S.M. 2022. Strategi Pengembangan Usahatani Kelapa (Cocos nucifera) Study Kasus Di Kampung Wau Distrik Abun Kabupaten Tambrauw. Jurnal Sosio Agri Papua Volume 11 Nomor 1 Juni 2022.
Suratinojo, S.P., Supit, J., Kamagi, Y., dan Sinolungan, M. 2013. Potensi Lahan Untuk Tanaman Kelapa (Cocos nucifera L.)Di Kecamatan Wori Kabupaten Minahasa Utara. Cocos Volume 2 Nomor 4 (2013). DOI: https://doi.org/10.35791/cocos.v2i4.1629.
Teulat, B., Aldam, C., Trehin, R. Lebrun, P., Barker, J.H.A., Arnold, G.M., Karp, A., Baudouin, L. and Rognon, F. 2000. An Analysis Of Genetic Diversity In Coconut (Cocos nucifera L.) Populations From Across The Geographic Range Using Sequence-Tagged Microsatellites (SSRs) and AFLPs, Theor. Appl. Genetics. 100 (5): 764–771.

PlumX Metrics

Published
2024-05-27
How to Cite
Makaruku, M., Wattimen, A., & Kembauw, E. (2024). Kajian Budidaya Tanaman Kelapa Di Desa Uraur Kecamatan Kairatu Kabupaten Seram Bagian Barat. VIABEL: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Pertanian, 18(1), 13-20. https://doi.org/10.35457/viabel.v18i1.3251
Section
Articles