KONTRIBUSI WANITA TANI DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN KELUARGA DI DESA TANJUNG KECAMATAN KALIDAWIR KABUPATEN TULUNGAGUNG

  • Herry Nur Faisal Herry Nur Faisal Fakultas Pertanian Universitas Tulungagung
  • Yuniar Hajar Prasekti Universitas Tulungagung
Abstract views: 140 , PDF downloads: 157
Keywords: kontribusi, pendapatan keluarga, wanita tani

Abstract

ABSTRAK

Wanita tani adalah sosok wanita pedesaan baik yang dewasa maupun muda. Mereka adalah istri dari petani atau anggota keluarga tani yang terlibat secara langsung atau tidak dengan tetap sewaktu-waktu dalam kegiatan usaha tani dan kesibukan lainnya yang berhubungan dengan kehidupan keluarga tani.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kontribusi Wanita Tani dalam Meningkatkan Pendapatan Keluarga di Desa Tanjung Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah :  Berapa curahan waktu kerja wanita tani dalam kegiatan pertanian dan berapa besar kontribusi pendapatan perempuan pada ekonomi rumah tangga dari bidang pertanian dan non pertanian.

Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Dengan cara seperti reduksi data, menyajikan atau menafsirkan data sampai tahap kesimpulan, dan juga dilakukan penghitungan dari kontribusi wanita tani dalam meningkatkan pendapatan keluarga di Desa Tanjung Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung. Responden dalam penelitian ini adalah wanita yang bekerja sebagai petani. Responden yang diteliti adalah sebanyak 10 responden sesuai dengan kecukupan informasi yang di peroleh. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan kontribusi wanita tani dalam meningkatkan pendapatan keluarga di Desa Tanjung Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung, para wanita tani telah ikut ambil dalam menambah pendapatan keluarga untuk membantu suaminya. Walaupun mereka juga bekerja tetapi tanggung jawab dalam pekerjaan rumah tetap dilaksanakan dengan baik. Dari hal tersebut kontribusi yang diperoleh dari wanita tani yaitu sebesar 27,1% yang artinya kontribusi yang diberikan itu cukup membantu kepala keluarga dalam kebutuhan sehari hari. Sehingga bila tanpa kontribusi dari perempuan maka kebutuhan dalam keluarga sudah dapat tercukupi tetapi kurang maksimal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Gilarso, 2008. Pengantar Ilmu Ekonomi Mikro. Yogyakarta: Kanisius, edisi 5. Gramedia Widiasarana Indonesia, Jakarta.
Nugraheni, M. 2007. Pengaruh Ekstrak Kecambah Kacang Hijau Sebagai Sumber Nitrogen Pada Pemanfaatan Limbah Tahu Terhadap Karakteristik Nata De Soya Mentah dan Limbahnya. Jurnal Teknologi dan Kejuruan, 30 (2): September 2007: 185-195
Sastraatmadja, E. 2005. Revitalisasi Pertanian. HKTI. Jawa Barat. 188 hlm Soekartawi. 1995. Analisis Usaha tani. Jakarta:UI-Press.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Penerbit CV. Alfabeta: Bandung.
Sukesi, K. MS. 2002. Hubungan Kerja Dan Dinamika Hubungan Gender Dalam Sistem Pengusahaan Tebu Rakyat. Lembaga Penerbitan Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya. Malang.

PlumX Metrics

Published
2023-05-31
How to Cite
Herry Nur Faisal, H. N. F., & Yuniar Hajar Prasekti. (2023). KONTRIBUSI WANITA TANI DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN KELUARGA DI DESA TANJUNG KECAMATAN KALIDAWIR KABUPATEN TULUNGAGUNG. VIABEL: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Pertanian, 17(1), 48-55. https://doi.org/10.35457/viabel.v17i1.2689
Section
Articles