Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Volume Penjualan pada Toko Bangunan Mandiri Jaya Tlogo Kanigoro Blitar
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di Toko Bangunan Mandiri Jaya Tlogo, mulai tanggal 01 Maret hingga 01 Mei 2023. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan menganalisis strategi pemasaran yang diterapkan oleh Toko Bangunan Mandiri Jaya Tlogo dalam meningkatkan volume penjualan. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data dikumpulkan dengan teknik Pengamatan secara langsung dan dokumentasi pada Toko Bangunan Mandiri Jaya Tlogo. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan 1) Toko Bangunan Mandiri Jaya Tlogo menjual bahan bangunan dengan kualitas terbaik dan melengkapi segala jenis macam produk yang dijual, Harga yang ditawarkan bersahabat atau lebih murah harganya daripada pesaingnya dengan kualitas barang yang sama, memiliki toko bangunan di tempat yang strategis sehingga membuat masyarakat lebih mudah menemukan Toko Bangunan Mandiri Jaya Tlogo, serta membuka peluang untuk mendapatkan pengunjung yang lebih banyak, Sistem promosi yaitu dari mulut kemulut dengan orang-orang terdekat, seperti saudara, teman, dan keluarga dan dengan cara menempelkan tulisan pada barang baik dalam bentuk diskon ataupun pengurangan harga apa bila membeli banyak; 2) Analisis SWOT yang meliputi strengths, weaknesses, opportunities, dan threats. Telah diaplikasikan oleh Toko Bangunan Mandiri Jaya Tlogo dalam meningkatkan penjualan barang. Berdasarkan dari analisis internal dan eksternal yang dilakukan di Toko Bangunan Mandiri Jaya Tlogo maka dapat diperoleh bahwa Toko Bangunan Mandiri Jaya Tlogo saat ini berada pada strategi Growth (perkembangan). Dimana keputusan yang akan diambil yaitu mengembangkan perusahaannya dengan cara meningkatkatkan kualitas dan kelengkapan produk dan memperbanyak segala bentuk promosi.
Downloads
References
Assauri, S. (2011). Manajemen Pemasaran edisi pertama. Jakarta: Rajawali Pers.
Cravens, D. W. (2001). Pemasaran Strategi. Jakarta: Erlangga.
Giatno. (2015). Analisis Strategi pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Batik Di Batik Putra Laweyan. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta
Hastuti. (2010). Analisis Penerapan Pemasaran dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Roti pada CV Jordan Bakery Di Landasan Banjar Baru. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis Universitas Achmad Yani Banjr Masin
Kurniawan, A. (2005). Analisis Strategi Promosi Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Pada Toko Eva Elektronik Sragen.
Listama, R. (2018). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Di Toko Akahijab Tulungagung Ditinjau Dari Ekonomi Islam.
Makmur. (2014). Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Pada S-Mart Swalayan Pasir Pengaraian). Jurnal Cano Ekonomos.
Nafarin, M. (2009). Penganggaran Perusahaan. Jakarta: Salemba Empat.
Sexton, D. (2006). Marketing 101. Jakarta: PT. Bhuana Ilmu Populer.
Sukirno, S. (2006). Pengantar Bisnis. Jakarta: Kencana.
Swasth, B. (2001). Manajemen Penjualan Edisi Ketiga. Yogyakarta: BBFE.
Swastha, B. (2002). Pengantar Bisnis Modern. Yogyakarta: Liberty.
Tjiptono, F. (2012). Pemasaran startegi. Yogyakarta: Andi.
Yamit, Z. (2003). Manajemen Produksi dan Operasi Edisi kedua. Yogyakarta: Ekonisia.
Copyright (c) 2024 Zunita Afifatur Rohmah, Anwar Hakim Darajat, Endah Siswati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- Author grant the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License