Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Volume Penjualan pada Toko Bangunan Mandiri Jaya Tlogo Kanigoro Blitar

  • Zunita Afifatur Rohmah Universitas Islam Balitar
  • Anwar Hakim Darajat Universitas Islam Balitar
  • Endah Siswati Universitas Islam Balitar
Abstract views: 110 , PDF downloads: 219
Keywords: strategi pemasaran, penjualan, toko bangunan mandiri jaya tlogo

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di Toko Bangunan Mandiri Jaya Tlogo, mulai tanggal 01 Maret hingga 01 Mei 2023. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan menganalisis strategi pemasaran yang diterapkan oleh Toko Bangunan Mandiri Jaya Tlogo dalam meningkatkan volume penjualan. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data dikumpulkan dengan teknik Pengamatan secara langsung dan dokumentasi pada Toko Bangunan Mandiri Jaya Tlogo. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan 1) Toko Bangunan Mandiri Jaya Tlogo menjual bahan bangunan dengan kualitas terbaik dan melengkapi segala jenis macam produk yang dijual, Harga yang ditawarkan bersahabat atau lebih murah harganya daripada pesaingnya dengan kualitas barang yang sama, memiliki toko bangunan di tempat yang strategis sehingga membuat masyarakat lebih mudah menemukan Toko Bangunan Mandiri Jaya Tlogo, serta membuka peluang untuk mendapatkan pengunjung yang lebih banyak, Sistem promosi yaitu dari mulut kemulut dengan orang-orang terdekat, seperti saudara, teman, dan keluarga dan dengan cara menempelkan tulisan pada barang baik dalam bentuk diskon ataupun pengurangan harga apa bila membeli banyak; 2) Analisis SWOT yang meliputi strengths, weaknesses, opportunities, dan threats. Telah diaplikasikan oleh Toko Bangunan Mandiri Jaya Tlogo dalam meningkatkan penjualan barang. Berdasarkan dari analisis internal dan eksternal yang dilakukan di Toko Bangunan Mandiri Jaya Tlogo maka dapat diperoleh bahwa Toko Bangunan Mandiri Jaya Tlogo saat ini berada pada strategi Growth (perkembangan). Dimana keputusan yang akan diambil yaitu mengembangkan perusahaannya dengan cara meningkatkatkan kualitas dan kelengkapan produk dan memperbanyak segala bentuk promosi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Assauri, S. (2011). Manajemen Pemasaran edisi pertama. Jakarta: Rajawali Pers.

Cravens, D. W. (2001). Pemasaran Strategi. Jakarta: Erlangga.

Giatno. (2015). Analisis Strategi pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Batik Di Batik Putra Laweyan. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta

Hastuti. (2010). Analisis Penerapan Pemasaran dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Roti pada CV Jordan Bakery Di Landasan Banjar Baru. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis Universitas Achmad Yani Banjr Masin

Kurniawan, A. (2005). Analisis Strategi Promosi Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Pada Toko Eva Elektronik Sragen.

Listama, R. (2018). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Di Toko Akahijab Tulungagung Ditinjau Dari Ekonomi Islam.

Makmur. (2014). Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Pada S-Mart Swalayan Pasir Pengaraian). Jurnal Cano Ekonomos.

Nafarin, M. (2009). Penganggaran Perusahaan. Jakarta: Salemba Empat.

Sexton, D. (2006). Marketing 101. Jakarta: PT. Bhuana Ilmu Populer.

Sukirno, S. (2006). Pengantar Bisnis. Jakarta: Kencana.

Swasth, B. (2001). Manajemen Penjualan Edisi Ketiga. Yogyakarta: BBFE.

Swastha, B. (2002). Pengantar Bisnis Modern. Yogyakarta: Liberty.

Tjiptono, F. (2012). Pemasaran startegi. Yogyakarta: Andi.

Yamit, Z. (2003). Manajemen Produksi dan Operasi Edisi kedua. Yogyakarta: Ekonisia.

PlumX Metrics

Published
2024-08-06
How to Cite
Zunita Afifatur Rohmah, Anwar Hakim Darajat, & Endah Siswati. (2024). Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Volume Penjualan pada Toko Bangunan Mandiri Jaya Tlogo Kanigoro Blitar. Transgenera: Jurnal Ilmu Sosial, Politik, Dan Humaniora, 1(1), 45-52. https://doi.org/10.35457/transgenera.v1i1.3781