EVALUASI JEMBATAN RANGKA BAJA SOEKARNO HATTA DITINJAU DARI GELAGAR INDUK, DIAFRAGMA, LANTAI JEMBATAN MENGGUNAKAN APLIKASI STAAD PRO

  • Nurjanah universitas Islam Balitar
  • Febryanti universitas Islam Balitar
Abstract views: 283 , PDF downloads: 264
Keywords: Bridge, Service Limit, Load

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh jembatan merupakan suatu konstruksi yang gunanya untuk meneruskan jalan melalui suatu rintangan yang berada lebih rendah. Untuk itu pengadaan prasarana transportasi khususnya jembatan harus mendapat perhatian khusus dari para pelaku pekerja konstruksi. Berdasarkan batas layan perlu dievaluasi untuk mengetahui tingkat batas layan Jembatan Soekarno-Hatta deformasi permanen dari komponen struktur jembatan, menimbulkan instabilitas struktural, bahaya permanen termasuk korosi dan fatik yang mengurangi kekuatan struktur dan umur layan jembatan.

Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian kuantitatif. Tujuan penelitian ini, yaitu Mengetahui nilai dari gelagar induk, diafragma, serta plat lantai,dan, mengetahui hasil dari perencanaan ulangan struktur atas pada jembatan. dengan menggunakan STAAD PRO. Dengan memperhitungkan perencanaan ulang struktur atas jembatan rangka baja berdasarkan pembebanan SNI 1725:2016. Hasil penelitian dengan memakai aplikasi STAAD Pro sebesar 15,5 cm. Pada jurnal, jembatan Soekarno-Hatta Kota Malang memiliki tingkat kepadatan lalu lintas pada perkembangannya hingga saat ini jembatan tersebut telah mengalami perkuatan karena mengalami kelelahan struktur dan hampir memasuki usia fatik sebuah jembatan. Perencanaan Penulangan menggunakan D10 – 250 mm dengan AS 314,2. Dimensi Profil WF Gelagar Memanjang profil WF 450.200.8.12. Dari hasil penelitian yang didapatkan bahwa Gelagar Induk menggunakan profil WF 450 x 200 x 8 x 12 Untuk diafragma  profil wf 800 x 300 x 16 x 30. Dan Perencanaan plat lantai digunakan Ø 10 – 250 mm Dalam perencanaan jembatan pada aplikasi STAAD PRO langkah yang digunakan adalah dengan menghitung plat lantai kendaraan, balok memanjang, balok melintang, perhitungan sambungan balok memanjang dan melintang dst

References

Aisyah, N.R. 2018. Pengendalian Biaya dan Waktu pada Proyek Penyelesaian Gedung Perawatan Obsgyn dan Anak (Dua Lantai) (Studi Kasus: RSUD Kolonedale Kabupaten Morowali Utara). Skripsi, Fakultas Teknik, Universitas Hasanuddin, Makasar.

Ardika, O.P. 2014. Analisis Time Cost Trade Off dengan Penambahan Jam Kerja pada Proyek Konstruksi: Studi Kasus Proyek Pembangunan Jalan Tol Bogor Ring Road Seksi IIA. Skripsi, Fakultas Teknik Sipil, Universitas Sebelas Maret, Surabaya.

Fika G.A.N., Widi H., Sugiyarto. 2017. Penerapan Metode Crashing Dalam Percepatan Durasi Proyek dengan Alternatif Penambahn Jam Lembur dan Shift Kerja (Studi Kasus : Proyek Pembangunan Hotel Grand Keisha, Yogyakarta). Jurnal, Fakultas Teknik, Universitas Sebelas Maret, Surabaya.

Frederika, Ariany. 2010. Analisis Percepatan Pelaksanaan dengan Menambah Jam Kerja Optimum pada Proyek Konstruksi. Skripsi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana, Denpasar.

Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia. Nomor Kep.102/Men/IV/2004 tentang Waktu Kerja Lembur dan Upah Kerja Lembur.

Nurhayati. 2010. Manajemen Proyek. Penerbit: Graha Ilmu, Yogyakarta.

Priyo M., Meiki R.A.P. 2018. Studi Optimasi Waktu dan Biaya dengan Metode Time Cost Trade Off pada Proyek Konstruksi Pembangunan Gedung Olah Raga (Gor). Jurnal, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Yogyakarta.

Priyo M., Raa’uf Aulia M. 2015. Aplikasi Metode Time Cost Trade Off Pada Proyek Konstruksi: Studi Kasus Proyek Pembangunan Gedung Indonesia. Jurnal, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Yogyakarta.

Santosa, B. 2013. Manajemen Proyek: Konsep & Implementasi. Penerbit: Graha Ilmu, Yogyakarta.

Soeharto, Iman. 1999. Manajemen Proyek Dari Konseptual Sampai Operasional, Penerbit: Erlangga, Jakarta.

PlumX Metrics

Published
2023-03-31
How to Cite
nurjanah, & Febryanti, R. (2023). EVALUASI JEMBATAN RANGKA BAJA SOEKARNO HATTA DITINJAU DARI GELAGAR INDUK, DIAFRAGMA, LANTAI JEMBATAN MENGGUNAKAN APLIKASI STAAD PRO. Jurnal Qua Teknika, 13(1), 26-33. https://doi.org/10.35457/quateknika.v13i1.2711
Section
Articles