Rancang Bangun Permainan Ular Tangga untuk Media Belajar Fisika.

  • Syamsudin Nur Wahid Universitas Islam Balitar
Abstract views: 660 , PDF downloads: 2247
Keywords: media belajar, ular tangga, perangkat lunak, permainan.

Abstract

Fisika merupakan mata kuliah dasar yang harus dikuasai terutama oleh mahasiswa teknik, namun sulit dipahami sehingga prestasi belajarnya rendah. Untuk itu maka dibuat media belajar berupa Permaianan Ular Tangga untuk meningkatkan prestasi belajarnya. Permainan Ular Tangga dibangun dalam bentuk perangkat lunak disisipi dengan pertanyaan-pertanyaan mengenai suatu konsep pembelajaran. Permainan ini dirancang menggunakan aplikasi pemrograman Lazarus dengan ditunjang program aplikasi pengolah gambar. Penelitian ini menghasilkan permaianan pendidikan ular tangga yang dapat merangsang mahasiswa untuk belajar, khususnya untuk mata kuliah fisika. Permainan telah diujicoba dalam lingkungan sistem operasi windows 7, 64-bit, menggunakan prosesor AMD A6. Aplikasi telah berjalan dengan baik sesuai yang diharapkan. Permainan ini dapat dimainkan oleh 1-4 pemain. Permainan yang dimainkan oleh 1 pemain membutuhkan waktu minimal 4 menit untuk menyelesaikannya. Permainan yang dimainkan dengan 4 bidak dapat diselesaikan paling cepat dalam waktu 7 menit. Waktu penyelesaian permainan dapat bervariasi tergantung tingkatan tantangan soal dan kemampuan pemain. Permaian dapat berjalan lebih lama jika banyak pertanyaan yang jawabannya salah. Karena banyak yang jawabannya salah, maka tanatangannya akan semakin besar, semakin besar tantangan, maka pemain akan semakin terpacu untuk lebih banyak belajar.

References

Arsyad, A., 2000. Media Pengajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Arsyad, A., 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Dani, M., 2008. Pembelajaran Interaktif dan Atraktif Berbasis Game dan Animasi untuk Pendidikan Dasar dan Menengah di Indonesia. Jakarta, e-Indonesia Initiative 2008 (eII2008).

Novaliendry, D., 2013. APLIKASI GAME GEOGRAFI BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF. JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI & PENDIDIKAN, Volume 6, p. 106.

Rodrigues, M. & Carvalho, P. S., 2013. Teaching physics with Angry Birds: exploring the kinematics and dynamics of the game. Physics Education, p. 431.

Sourceforge, 2017. Lazarus. [Online] Available at: https://www.lazarus-ide.org/index.php?page=about [Diakses 30 Agustus 2017].

Sugiyo, W., Latifah & Abidin, Z., 2008. Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Model Pembelajaran Team Game Tournament Melalui Pendekatan Jelajah Alam Sekitar dan Penilaian Portofolio. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Volume 2, pp. 236-243.

Supriana, E., 2011. Matrix Board untuk Mempelajari Hukum Ohm dan Kirchoff pada Pokok Bahasan Listrik Dinamis di SMP dan SMA. Foton, Volume 15, pp. 23-32.

Wahid, S. N., 2012. Pembuatan Software Spada Sebagai Tool Pengisian Mikrokontroler Avr Atmega8535 , Malang: tidak dipublikasikan.

Widiastuti, N. I. & Setiawan, I., 2012. MEMBANGUN GAME EDUKASI SEJARAH WALISONGO. Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika (KOMPUTA), Volume 1, p. 41.

Wikipedia, 2013. Wikipedia bahasa Indonesia. [Online] Available at: https://id.wikipedia.org/wiki/Ular_tangga [Diakses 08 Maret 2016].

PlumX Metrics

Published
2017-09-14
How to Cite
Wahid, S. N. (2017). Rancang Bangun Permainan Ular Tangga untuk Media Belajar Fisika. Jurnal Qua Teknika, 7(2), 43-53. https://doi.org/10.35457/quateknika.v7i2.241