SISTEM CERDAS PREDIKSI PRESTASI BELAJAR MENGGUNAKAN ALGORITMA K-MEANS PADA UPT SATUAN PENDIDIKAN SMPN 5 BLITAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem cerdas yang dapat memprediksi prestasi belajar siswa menggunakan algoritma k-means clustering pada UPT Satuan Pendidikan SMPN 5 Blitar. Metode pengumpulan data melibatkan pengambilan nilai-nilai siswa pada pendidik pengampu mata pelajaran tersebu sebagai input dalam sistem cerdas. Jenis penelitian ini dilakukan dengan cara penelitian kuantitatif . Pada penelitian ini data di dapat dari hasil nilai siswa sebagai variabel masukan dikumpulkan dengan jumlah sempel data sebanyak 227 siswa. Metode K-Means clustering digunakan untuk membagi siswa ke dalam nilai per mata pelajaran yaitu nilai mata pelajaran (Pendidikan Agama, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, IPA, IPS, Seni Budaya, PJOK, dan Informatika ) dan nilai perilaku (nilai sikap dan disiplin).. Setelah dilakukan pengujian menggunakan uji data silhouette coefficient diperoleh hasil keakurasian data mencapai 86%. Hasil dari penelitian ini adalah implementasi metode K-Means clustering dapat meningkatkan efisiensi dan ketepatan dalam penentuan siswa berprestasi.
References
Fayyad, U., G. P.-S., & Padhraic, S. (2016, Juni 19). From Data Mining To Knowledge Discovery In Databases. Doi Foundation. Diakses dari https://doi.org/10.1609/aimag.1230.
Fitri, S. U. (2018). Pemetaan Siswa Berprestasi Menggunakan Metode K-Means Clustering. Jurteksi (Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi), 98 - 103.
Husein, M. (2022). Penerapan Algoritma C4.5 Dalam Pemilihan Siswa Berprestasi di SMPN 10 Medan. Digital Transformation Technology (Digitech), 4(2), 78 - 80.
Lutfi. (2021). Optimalsi Penentualn Centroid Paldal Algoritmal K-Means Untuk Pemilihan Jurusan Berbasis Genetikal Algoritmal. Jurnall UIN Alaludin, 3(1), 54 - 55.
Salsabila . (2021). Penerapan Algoritma Decision Tree Dalam Menentukan Prestasi Akademik Siswa. Jurnal Informatika dan Sistem Informasi (JIFoSI) , 44 - 49.
Nengsih, S. W. (2021). Analisis Pengelompokan Penentuan Jurusan Siswa SMA Menggunakan Metode K-Means Clustering. Jurnal Ilmiah Betrik, 4(1), 14 - 16.
Wibowo, A. S. (2022). K-Means Clustering Untuk Klasifikasi Standar Kualifikasi Pendidikan Dan Pengalaman Kerja Guru Smk Di Indonesia. Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin. 6(2), 97 - 99.
Xiong, X. (2019). Topic Anallysis of Microblog About “Didi Talxi” Balsed On K-Means Algorithm. Journall of Informaltion Science alnd Technology, 4(6), 102..
Zeebalree, M. R., & Siron, R. B. (2017). The Impalct of Entrepreneuriall Orientaltion on Competitive Advalntalge Moderalted by Finalncing Support in SMEs. Internaltionall Review of Malnalgement alnd Malrketing, 6(2), 98 - 106.
Copyright (c) 2024 AHMAD FARID ARWANI FARID
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).