SISTEM CERDAS PREDIKSI PRESTASI BELAJAR MENGGUNAKAN ALGORITMA K-MEANS PADA UPT SATUAN PENDIDIKAN SMPN 5 BLITAR

  • AHMAD FARID ARWANI FARID UNIVERSITAS ISLAM BALITAR
Abstract views: 40 , pdf downloads: 26
Keywords: sistem cerdas, prediksi prestasi belajar, algoritma k-means clustering, klasterisasi, silhoutte coeffisient

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem cerdas yang dapat memprediksi prestasi belajar siswa menggunakan algoritma k-means clustering pada UPT Satuan Pendidikan SMPN 5 Blitar. Metode pengumpulan data melibatkan pengambilan nilai-nilai siswa pada pendidik pengampu mata pelajaran tersebu  sebagai input dalam sistem cerdas. Jenis penelitian ini dilakukan dengan cara penelitian kuantitatif . Pada penelitian ini data di dapat dari hasil nilai siswa sebagai variabel masukan dikumpulkan dengan jumlah sempel data sebanyak 227 siswa. Metode K-Means clustering digunakan untuk membagi siswa ke dalam nilai per mata pelajaran yaitu nilai mata pelajaran (Pendidikan Agama, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, IPA, IPS, Seni Budaya, PJOK, dan Informatika ) dan nilai perilaku (nilai sikap dan disiplin).. Setelah dilakukan pengujian menggunakan uji data silhouette coefficient diperoleh hasil keakurasian data mencapai 86%. Hasil dari penelitian ini adalah implementasi metode K-Means clustering dapat meningkatkan efisiensi dan ketepatan dalam penentuan siswa berprestasi.

References

Bernissa. (2020). Implementasi Algoritma K-Means Untuk Menentukan Kelas Unggulan Pada Smpn 1 Bojong. Eprosiding Sistem Informasi (Potensi), 44 - 46.
Fayyad, U., G. P.-S., & Padhraic, S. (2016, Juni 19). From Data Mining To Knowledge Discovery In Databases. Doi Foundation. Diakses dari https://doi.org/10.1609/aimag.1230.
Fitri, S. U. (2018). Pemetaan Siswa Berprestasi Menggunakan Metode K-Means Clustering. Jurteksi (Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi), 98 - 103.
Husein, M. (2022). Penerapan Algoritma C4.5 Dalam Pemilihan Siswa Berprestasi di SMPN 10 Medan. Digital Transformation Technology (Digitech), 4(2), 78 - 80.
Lutfi. (2021). Optimalsi Penentualn Centroid Paldal Algoritmal K-Means Untuk Pemilihan Jurusan Berbasis Genetikal Algoritmal. Jurnall UIN Alaludin, 3(1), 54 - 55.
Salsabila . (2021). Penerapan Algoritma Decision Tree Dalam Menentukan Prestasi Akademik Siswa. Jurnal Informatika dan Sistem Informasi (JIFoSI) , 44 - 49.
Nengsih, S. W. (2021). Analisis Pengelompokan Penentuan Jurusan Siswa SMA Menggunakan Metode K-Means Clustering. Jurnal Ilmiah Betrik, 4(1), 14 - 16.
Wibowo, A. S. (2022). K-Means Clustering Untuk Klasifikasi Standar Kualifikasi Pendidikan Dan Pengalaman Kerja Guru Smk Di Indonesia. Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin. 6(2), 97 - 99.
Xiong, X. (2019). Topic Anallysis of Microblog About “Didi Talxi” Balsed On K-Means Algorithm. Journall of Informaltion Science alnd Technology, 4(6), 102..
Zeebalree, M. R., & Siron, R. B. (2017). The Impalct of Entrepreneuriall Orientaltion on Competitive Advalntalge Moderalted by Finalncing Support in SMEs. Internaltionall Review of Malnalgement alnd Malrketing, 6(2), 98 - 106.

PlumX Metrics

Published
2024-05-04
How to Cite
FARID, A. F. A. (2024). SISTEM CERDAS PREDIKSI PRESTASI BELAJAR MENGGUNAKAN ALGORITMA K-MEANS PADA UPT SATUAN PENDIDIKAN SMPN 5 BLITAR. JOSAR (Journal of Students Academic Research), 9(1), 215-222. https://doi.org/10.35457/josar.v9i1.3100
Section
Articles