A PILOT PROJECT APPLICATION LEARNING MODEL TO IMPROVE KINDERGARTEN STUDENTS' ABILITY IN UNDERSTANDING PANCASILA VALUES

  • Udin Erawanto UNIPA Kampus Blitar
  • Miranu Triantoro UNIPA Kampus Blitar
Abstract views: 157 , pdf downloads: 99
Keywords: Kata kunci : Model Pembelajaran, Pilot Project, Pancasila

Abstract

Permasalahan penelitian adalah rendahnya kemampuan siswa Taman Kanak-Kanak dalam memahami nilai-nilai  Pancasila. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dilaksanakan dengan siklus,  menggunakan  model Kemis dan Tagart setiap siklus terdiri atas empat tahap : 1) perencanaan, 2) pelaksanaan tindakan kelas, 3) observasi, dan 4)  melakukan refleksi. Subjek penelitian siswa Taman Kanak-Kanak Bustanul Muta’allimat Blitar Kelas B. Instrumen penelitian adalah tes dan non tes. Teknik pengumpulan data  menggunakan observasi dan tes. Teknik analisis datanya  memakai teknik kualitatif dan kuantitatif. Temuan hasil penelitian bahwa guru sudah bisa melaksanakan sintak pembelajaran berbasis pilot project dengan baik. Ada kenaikan dari siklus satu  85% pada  siklus dua menjadi 95%, dan pada siklus tiga  semakin tinggi yakni 97%. Demikian juga dengan temuan hasil penelitian tentang kemampuan siswa dalam menjalankan sintak pembelajaran pilot project juga menunjukkan adanya peningkatan  siklus satu 74%, pada siklus dua 82%, dan pada siklus tiga semakin tinggi yakni mencapai 88% . Sementara untuk kemampuan siswa dalam memahami dan mengamalkan nilai-nilai  Pancasila juga mengalami peningkatan,  siklus satu 64%, pada siklus dua 75%, dan pada siklus tiga mengalami peningkatan sebesar 89%.

References

Abdimas, T. (n.d.). PENGUATAN MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF GURU UNTUK PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR UNIVERSITAS NEGERI MALANG.
AMALIA, D. A. Y. U. (2020). THE INFLUENCE OF USING PEER EDITING TOWARDS STUDENTS’WRITING ABILITY IN RECOUNT TEXT AT THE FIRST SEMESTER OF TENTH GRADE OF SMA NEGERI 17 BANDAR LAMPUNG IN THE ACADEMIC YEAR OF 2019/2020 A Thesis. UIN Raden Intan Lampung.
Ani Widayati. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI INDONESIA Vol. VI No. 1 – Tahun 2008 Hal. 87 - 93 PENELITIAN, VI(1), 87–93.
Dominggus, R., Kristin, S., Martha M, B., Since Y, K., Vera V, K., & CorneliLatu, P. (2021). Cypriot Journal of Educational improve students ’ creative thinking skills , concept gaining , and. Cypriot Journal of Educational Sciences, 16(1), 288–302.
Kartikasari, N. P. D., & Wiarta, I. W. (2021). The Contribution of Adversity Quotient dan Working Motivation to Teachers’ Performance. Proceedings of the 2nd International Conference on Technology and Educational Science (ICTES 2020), 540(Ictes 2020), 469–477. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210407.280
Sari, H. P. (n.d.). Research and Development : Model of Clinical Collaborative Supervision for Scientific Based English Instruction.
Sari, H. P., Sutanti, N., & Wahyuningsih, L. T. (2018). DEVELOPING FLASHCARD MEDIA FOR TEACHING VOCABULARY TO THE SEVENTH GRADE STUDENTS OF JUNIOR HIGH SCHOOL (Study Case in the seventh grade students at SMPN 1 Sanankulon). Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan & Pembelajaran. https://doi.org/10.30957/konstruk.v10i2.512
Sari, H. P., & Setiawan, W. H. (2021). Peningkatan Teknologi Pendidik Pesantren Anak Sholeh melalui MEMRiSE: Coaching & Training. Prima Abdika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 81–90.

PlumX Metrics

Published
2022-09-28
How to Cite
Erawanto, U., & Triantoro, M. (2022). A PILOT PROJECT APPLICATION LEARNING MODEL TO IMPROVE KINDERGARTEN STUDENTS’ ABILITY IN UNDERSTANDING PANCASILA VALUES. JOSAR (Journal of Students Academic Research), 7(2), 343-352. https://doi.org/10.35457/josar.v8i2.2395
Section
Articles