ANALISIS EFISIENSI PEMASARAN CABAI RAWIT (Capsicum frutescens L.) DI KECAMATAN SELOPURO KABUPATEN BLITAR

Authors

  • Ahmad Nizar Hasbulloh Universitas Islam Balitar
  • Jeka Widiatmanta Universitas Islam Balitar
  • Luhur Aditya Prayudhi Universitas Islam Balitar
  • Eko Wahyu Budiman Universitas Islam Balitar

DOI:

https://doi.org/10.35457/grafting.v15i2.5027

Keywords:

Cabai rawit, Distribusi, Pemasaran

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui tingkatan saluran pemasaran cabai rawit, mengetahui fungsi pemasaran yang dilakukan oleh tiap lembaga pemasaran, serta menganalisis efisiensi saluran pemasaran cabai rawit di Kecamatan Selopuro. Penelitian dilakukan pada bulan November 2024 hingga Januari 2025. Penentuan sampel menggunakan metode sampel acak untuk responden awal atau petani, sementara dalam menentukan responden selanjutnya atau pelaku pemasaran hingga konsumen menggunakan metode snowball sampling. Data diperoleh melalui wawancara secara langsung dan disertai kuesioner, observasi lapangan, serta analisis dokumen. Penelitian menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif, analisis deskriptif kualitatif untuk menjelaskan dan menggambarkan pola saluran pemasaran cabai rawit serta fungsi dari tiap lembaga pemasaran, sementara analisis data kuantitatif digunakan untuk menganalisis nilai farmer’s share, marjin pemasaran, biaya pemasaran, dan efisiensi saluran pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan terdapat setidaknya 5 pola saluran pemasaran: 1.) Petani – Konsumen. 2.) Petani – Pengecer – Konsumen. 3.)Petani – Pengepul – Pengecer – Konsumen. 4.) Petani – Pengepul – Pedagang Besar – Pengecer – Konsumen. 5.) Petani – Pedagang Besar – Pengecer – Konsumen. Dalam menjalankan fungsi pemasaran petani umumnya hanya melakukan penjualan dan sebagian kecil melakukan fungsi pemasaran pada saluran 1 dan 2, karena petani secara langsung ikut terlibat dalam distribusi. Sementara pengepul, pedagang besar dan pengecer menjalankan sebagian besar fungsi pemasaran. Saluran pemasaran cabai rawit di kecamatan Selopuro sudah efisien, yang paling efisien secara berurutan adalah saluran pemasaran 1, 2, 3, 5, dan 4, dengan masing-masing nilai efisiensi 100%, 85%, 77%, 75% dan 71%.

References

Arwan, Tinaprilla, N., & Burhanuddin. (2023). Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Pilihan Saluran Pemasaran Tandan Buah Segar Pada Perkebunan Rakyat. Jurnal Agribisnis Indonesia, 11(2), 39-47

Badan Pangan Nasional (2024). Harga rata-rata cabai rawit merah Provinsi Jawa Timur. Panel Harga Pangan. https://panelharga.badanpangan.go.id/. Diakses pada 14 Oktober 2024.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Blitar. (2024). Produksi Cabai di Kabupaten Blitar. https://blitarkab.bps.go.id/id/news/2024/03/20/194/produksi-cabai-di-kabupaten-blitar.html. Diakses pada 14 Oktober 2024.

Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Timur (2024). Produksi Tanaman Sayuran Menurut Kabupaten/Kota dan Jenis Tanaman di Provinsi Jawa Timur, 2023. https://jatim.bps.go.id/id/statistics- table/3/ZUhFd1JtZzJWVVpqWTJsV05XTllhVmhRSzFoNFFUMDkjMw==/produksi-tanaman-sayuran-menurut-kabupaten-kota-dan-jenis-tanaman-di-provinsi-jawa-timur--2023.html. Diakses pada 14 Oktober 2024.

Faot, L. M., Sirma, N., & Nainiti, S. P. N. (2019). Efisiensi Pemasaran Cabai Rawit di Kecamatan Amarasi Kabupaten Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur. Buletin Excellentia, 8(1), 90-97

Iswahyudi & Sustiyana. (2019). Pola Saluran Pemasaran dan Farmer’s Share Jambu Air Cv Camplong. Jurnal Hexagro, 3(2), 33 – 38

Lasitya, D. S., Irwandi, P., & Kharisudin, A. (2022). Analisis Saluran dan Margin Pemasaran Beras di Kecamatan Sukorejo Kabupaten Pasuruan. Jurnal Kajian Ekonomi dan Kebijakan Publik, 7(1), 169-176

Mukmin, M. H., Imran, S., & Indriani, R. (2021). Analisis Saluran Pemasaran Cabai Rawit (Capsicum Sp) Di Desa Ombulodata Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara. Jurnal Agrinesia, 6(1), 59-63

Mulyaningsih, S., Cahrial, E., & Nuryati,R. (2022). Analisis Efisiensi Pemasaran Cabai Rawit Varietas Ori 212 di Kecamatan Sukamantri Kabupaten Ciamis. Jurnal Agristan, 4(2), 114 – 135

Nurjannah, T. N., Bunda, A. P., & Indrawan, P. (2024). Efisiensi Strategi Rantai Pasok Komoditas Cabai Merah (Efficiency of Red Chili Commodity Supply Chain Strategy). Jurnal Multidisiplin Ilmu Akademik, 1(5), 131-139.

Suprianto, Karismauan, P., & Agustiani, E. (2021). Analisis Biaya dan Margin Pemasaran Produk Agroindustri Olahan di Kota Mataram. Jurnal Sosial Ekonomi dan Humaniora, 7(1), 82-95

Downloads

Published

2025-09-07

How to Cite

ANALISIS EFISIENSI PEMASARAN CABAI RAWIT (Capsicum frutescens L.) DI KECAMATAN SELOPURO KABUPATEN BLITAR. (2025). Grafting : Jurnal Ilmiah Ilmu Pertanian, 15(2), 11-22. https://doi.org/10.35457/grafting.v15i2.5027

Most read articles by the same author(s)