ANALISIS EFISIENSI PEMASARAN CABAI RAWIT (Capsicum frutescens L.) DI KECAMATAN SELOPURO KABUPATEN BLITAR
DOI:
https://doi.org/10.35457/grafting.v15i2.5027Keywords:
Cabai rawit, Distribusi, PemasaranAbstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui tingkatan saluran pemasaran cabai rawit, mengetahui fungsi pemasaran yang dilakukan oleh tiap lembaga pemasaran, serta menganalisis efisiensi saluran pemasaran cabai rawit di Kecamatan Selopuro. Penelitian dilakukan pada bulan November 2024 hingga Januari 2025. Penentuan sampel menggunakan metode sampel acak untuk responden awal atau petani, sementara dalam menentukan responden selanjutnya atau pelaku pemasaran hingga konsumen menggunakan metode snowball sampling. Data diperoleh melalui wawancara secara langsung dan disertai kuesioner, observasi lapangan, serta analisis dokumen. Penelitian menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif, analisis deskriptif kualitatif untuk menjelaskan dan menggambarkan pola saluran pemasaran cabai rawit serta fungsi dari tiap lembaga pemasaran, sementara analisis data kuantitatif digunakan untuk menganalisis nilai farmer’s share, marjin pemasaran, biaya pemasaran, dan efisiensi saluran pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan terdapat setidaknya 5 pola saluran pemasaran: 1.) Petani – Konsumen. 2.) Petani – Pengecer – Konsumen. 3.)Petani – Pengepul – Pengecer – Konsumen. 4.) Petani – Pengepul – Pedagang Besar – Pengecer – Konsumen. 5.) Petani – Pedagang Besar – Pengecer – Konsumen. Dalam menjalankan fungsi pemasaran petani umumnya hanya melakukan penjualan dan sebagian kecil melakukan fungsi pemasaran pada saluran 1 dan 2, karena petani secara langsung ikut terlibat dalam distribusi. Sementara pengepul, pedagang besar dan pengecer menjalankan sebagian besar fungsi pemasaran. Saluran pemasaran cabai rawit di kecamatan Selopuro sudah efisien, yang paling efisien secara berurutan adalah saluran pemasaran 1, 2, 3, 5, dan 4, dengan masing-masing nilai efisiensi 100%, 85%, 77%, 75% dan 71%.
References
Arwan, Tinaprilla, N., & Burhanuddin. (2023). Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Pilihan Saluran Pemasaran Tandan Buah Segar Pada Perkebunan Rakyat. Jurnal Agribisnis Indonesia, 11(2), 39-47
Badan Pangan Nasional (2024). Harga rata-rata cabai rawit merah Provinsi Jawa Timur. Panel Harga Pangan. https://panelharga.badanpangan.go.id/. Diakses pada 14 Oktober 2024.
Badan Pusat Statistik Kabupaten Blitar. (2024). Produksi Cabai di Kabupaten Blitar. https://blitarkab.bps.go.id/id/news/2024/03/20/194/produksi-cabai-di-kabupaten-blitar.html. Diakses pada 14 Oktober 2024.
Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Timur (2024). Produksi Tanaman Sayuran Menurut Kabupaten/Kota dan Jenis Tanaman di Provinsi Jawa Timur, 2023. https://jatim.bps.go.id/id/statistics- table/3/ZUhFd1JtZzJWVVpqWTJsV05XTllhVmhRSzFoNFFUMDkjMw==/produksi-tanaman-sayuran-menurut-kabupaten-kota-dan-jenis-tanaman-di-provinsi-jawa-timur--2023.html. Diakses pada 14 Oktober 2024.
Faot, L. M., Sirma, N., & Nainiti, S. P. N. (2019). Efisiensi Pemasaran Cabai Rawit di Kecamatan Amarasi Kabupaten Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur. Buletin Excellentia, 8(1), 90-97
Iswahyudi & Sustiyana. (2019). Pola Saluran Pemasaran dan Farmer’s Share Jambu Air Cv Camplong. Jurnal Hexagro, 3(2), 33 – 38
Lasitya, D. S., Irwandi, P., & Kharisudin, A. (2022). Analisis Saluran dan Margin Pemasaran Beras di Kecamatan Sukorejo Kabupaten Pasuruan. Jurnal Kajian Ekonomi dan Kebijakan Publik, 7(1), 169-176
Mukmin, M. H., Imran, S., & Indriani, R. (2021). Analisis Saluran Pemasaran Cabai Rawit (Capsicum Sp) Di Desa Ombulodata Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara. Jurnal Agrinesia, 6(1), 59-63
Mulyaningsih, S., Cahrial, E., & Nuryati,R. (2022). Analisis Efisiensi Pemasaran Cabai Rawit Varietas Ori 212 di Kecamatan Sukamantri Kabupaten Ciamis. Jurnal Agristan, 4(2), 114 – 135
Nurjannah, T. N., Bunda, A. P., & Indrawan, P. (2024). Efisiensi Strategi Rantai Pasok Komoditas Cabai Merah (Efficiency of Red Chili Commodity Supply Chain Strategy). Jurnal Multidisiplin Ilmu Akademik, 1(5), 131-139.
Suprianto, Karismauan, P., & Agustiani, E. (2021). Analisis Biaya dan Margin Pemasaran Produk Agroindustri Olahan di Kota Mataram. Jurnal Sosial Ekonomi dan Humaniora, 7(1), 82-95
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ahmad Nizar Hasbulloh, Jeka Widiatmanta, Luhur Aditya Prayudhi, Eko Wahyu Budiman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
