SISTEM INFORMASI INVENTARIS BARANG BERBASIS WEB MENGGUNAKAN LARAVEL PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL SINTANG
Abstract
Inventarisasi yang baik, sistematis, dan terstruktur atas barang yang ada pada suatu kantor atau lembaga merupakan hal yang wajib dilakukan, karena dengan adanya inventarisasi barang yang sistematis akan mengakibatkan proses kerja menjadi lebih efektif dan efisien. Sistem inventarisasi barang pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Sintang saat ini perlu untuk dikembangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangakan perangkat lunak berbasis website guna memudahkan dalam perencanaan, pengadaan, penyaluran, dan pemusnahan/penghapusan atas barang-barang yang ada di Disdukcapil Sintang. Pengembangan sistem informasi berbasis website ini dilakukan dengan menggunakan Framework Laravel dan Bootsrap serta database MySQL. Metode pengembangan sistem yang digunakan dalam pembuatan sistem informasi ini adalah SDLC (System Development Life Cycle) Waterfall menggunakan model Hefner. Penelitian ini diharapkan dapat membantu pihak Disdukcapil dalam melakukan inventarisasi barang milik kantor pemerintah sehingga menjadi lebih terstruktur dan sistematis untuk mencapai efisiensi dan efektifitas kinerja pegawai Disdukcapil Sintang.
Downloads
References
O’Brein, James A., 2005, ”Pengantar Sistem Informasi”, Penerbit : Salemba 4, Jakarta.
Turban, Efraim; McLean, Ephraim; dan Wetherbe, James, 1999, Information Technology for Management, New York: John Wiley & Sons, Inc.
Zakiyudin, Ais, 2011, Sistem Informasi Manajemen, Jakarta: Penerbit Mitra Wacana Media
Harsono, dkk. 2004.Administrsi Perkantoran 1.Bandung: Alqaprint.
Siregar, Doli D. 2014. Manajemen Aset. Jakarta. Gramedia Pustaka Utama
Aminudin. 2015. Cara Efektif Belajar Framework Laravel. Lokomedia. Yogyakarta
Sukamto,dan M. Shalahuddi, 2013, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Dan Berorientasi Objek, Bandung: Informatika.
J. W. Satzinger, R. B. Jackson and S. D. Burd, 2011, Systems Analysis and Design in a Changing World, Sixth ed.
Adi Nugroho. 2010. Rekayasa Perangkat Lunak Berbasis Objek dengan Metode USDP. Andi. Yogyakarta
Sukamto,dan M. Shalahuddi, 2013, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Dan Berorientasi Objek, Bandung: Informatika.
A.S Rosa dan Salahuddin M, 2011. Modul Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak (Terstruktur dan Berorientasi Objek), Modula, Bandung.
Copyright (c) 2019 Antivirus : Jurnal Ilmiah Teknik Informatika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- Author grant the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License