DESIGNING A HIGH SCHOOL E-LEARNING UI USING THE USER-CENTERED DESIGN METHOD
DOI:
https://doi.org/10.35457/ynezta92Keywords:
e-learning, Sistem Usability Scale, user centered design, User Experience, User InterfaceAbstract
Pendidikan adalah aspek yang sangat penting bagi setiap individu, karena melalui pendidikan, kualitas suatu bangsa dapat ditingkatkan, Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi mendorong munculnya e-learning sebagai solusi pembelajaran modern. Namun, banyak platform e-learning belum dirancang sesuai kebutuhan pengguna, terutama dalam aspek User Interface (UI) dan User Experience (UX), sehingga mengakibatkan pengalaman belajar yang kurang efektif. User Centered Design (UCD) adalah metode yang menempatkan pengguna sebagai fokus utama dalam proses desain. SMA xyz telah menerapkan e-learning, namun penggunaannya masih rendah karena tampilan dan fitur yang rumit.Penelitian ini bertujuan menghasilkan rekomendasi desain UI e-learning menggunakan metode UCD untuk meningkatkan minat pengguna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan UCD berhasil meningkatkan kualitas antarmuka: learnability naik dari 76% menjadi 100%, efisiensi tugas meningkat dari 0,012 menjadi 0,063 task per second (kategori “Sangat Cepat”), dan evaluasi dengan System Usability Scale(SUS) menunjukan skor SUS naik dari 40,05 (Poor) menjadi 72,18 (Good) menandakan perbaikan signifikan dalam kepuasan dan penerimaan pengguna. Ini membuktikan bahwa UCD efektif dan mampu memberikan solusi konkret terhadap permasalahan desain sistem e-learning.
Downloads
References
R. Haryadi, H. Nuraini, and A. Kansaa, “PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA,” AtTàlim : Jurnal Pendidikan, vol. 7, no. 1, pp. 2548–4419, 2021, doi: 10.36835/attalim.
P. Harumsari and H. Nawwar Fikri, “RANCANG INTERFACE UI / UX E-LEARNING BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE USER CENTERED DESIGN UNTUK MENINGKATKAN EFISIENSI KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR (STUDI KASUS SDN PASIR KAMUNING II),” 2024.
M. Rifai and M. Akbar, “Implementasi Metode User Centered Design (Ucd) Pada Pembangunan Sistem Penyediaan Obat Berbasis Android,” 2020.
A. Ristyawan, R. Firliana, D. Rizky Indrawan, R. Marcell Wibisono, and T. Andriyanto, “Perancangan Antarmuka Situs web Profil DLHKP,” vol. 3, no. 2, 2024, doi: 10.29407/dimastara.v3i3.22710.
Budi Kurniawan and M.Romzi, “PERANCANGAN UI/UX APLIKASI MANAJEMEN PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT MENGGUNAKAN APLIKASI FIGMA,” 2022.
B. A. Assiddiqi, L. Nuraini, M. E. Murniati, S. H. Azura, V. Safitri, and Y. Yuliyantika, “RANCANG BANGUN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBANTUAN WEBSITE BERDU.ID POKOK BAHASAN ETNOFISIKA,” JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 11, no. 2, pp. 95–100, Apr. 2023, doi: 10.37081/ed.v11i2.4593.
A. Wicak et al., “Bulletin of Information Technology (BIT) Desain User Interface Website Pemetaan Tanaman Obat Dan Langka Di Kabupaten Kediri Dengan Menggunakan Figma,” vol. 3, no. 4, pp. 281–288, 2022, doi: 10.47065/bit.v3i1.
S. Mufti Prasetiyo and F. A. Ariestia, “OKTAL : Jurnal Ilmu Komputer dan Science Mengenal User Interface dan User Experience dalam Dunia Desain dan Teknologi,” vol. 2, no. 10, 2023, [Online]. Available: https://journal.mediapublikasi.id/index.php/oktal
M. K. Rizal, R. Indriati, and A. S. Wardani, “PENGEMBANGAN UI/UX WEBSITE STUDIO FOTOGRAFI,” 2024.
M. I. Ghozali, A. C. Murti, and S. Muzid, “KLIK: Kajian Ilmiah Informatika dan Komputer Analisis Penggunaan Metode User-Centered Design dalam Peningkatan Akseptabilitas SIMPELMAS,” Media Online), vol. 4, no. 2, pp. 1200–1206, 2023, doi: 10.30865/klik.v4i2.1317.
B. Fadli, N. Ramadlan, S. Wulandari, R. R. Hajar, P. Sejati, and A. Suhendar, “Penerapan Metode UCD (User Centered Design) Pada Sistem Perpustakaan Sekolah Berbasis Android,” Media Online, vol. 4, no. 5, pp. 2430–2441, 2024, doi: 10.30865/klik.v4i5.1803.
F. Maulana Alja, E. Daniati, and A. Ristyawan, “PERANCANGAN UI/UX E-COMMERCE MENGGUNAKAN METODE USER CENTERED DESIGN (UCD),” 2024.
M. Arroofi, A. Kusumah, R. I. Rokhmawati, and F. Amalia, “Evaluasi Usability Pada Website E-commerce XYZ Dengan Menggunakan Metode Cognitive Walkthrough dan System Usability Scale (SUS),” 2019. [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id
F. Kesuma Bhakti, I. Ahmad, and Q. J. Adrian, “PERANCANGAN USER EXPERIENCE APLIKASI PESAN ANTAR DALAM KOTA MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING (STUDI KASUS: KOTA BANDAR LAMPUNG),” Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI), vol. 3, no. 2, pp. 45–54, 2022, [Online]. Available: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI
I. Isnainrajab, S. Hadi Wijoyo, and A. R. Perdanakusuma, “Evaluasi Usability Pada Aplikasi PermataMobile X Dengan Menggunakan Metode Usability Testing Dan System Usability Scale(SUS),” 2020. [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id
A. Cory Zarkasi and A. Sari Wardani, “METHOMIKA: Jurnal Manajemen Informatika & Komputerisasi Akuntansi ANALISA USER EXPERIENCE TERHADAP FITUR DI APLIKASI ZENIUS MENGGUNAKAN HEART FRAMEWORK,” vol. 6, no. 2, 2022, doi: 10.46880/jmika.Vol6No2.pp174-179.
D. A. Saputra and T. Andriyanto, “Analisis Kualitas Website Sistem Informasi Akademik Universitas Nusantara PGRI Kediri Quality Analysis of Website Academic Information SystemUniversitas Nusantara PGRI Kediri,” Research : Journal of Computer, vol. 5, no. 1, pp. 17–22, 2022.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Antivirus : Jurnal Ilmiah Teknik Informatika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- Author grant the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

