DESIGNING A HIGH SCHOOL E-LEARNING UI USING THE USER-CENTERED DESIGN METHOD

Authors

  • Mieta Silvia Aviva Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Sucipto Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Anita Sari Wardani Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.35457/ynezta92

Keywords:

e-learning, Sistem Usability Scale, user centered design, User Experience, User Interface

Abstract

Pendidikan adalah aspek yang sangat penting bagi setiap individu, karena melalui pendidikan, kualitas suatu bangsa dapat ditingkatkan, Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi mendorong munculnya e-learning sebagai solusi pembelajaran modern. Namun, banyak platform e-learning belum dirancang sesuai kebutuhan pengguna, terutama dalam aspek User Interface (UI) dan User Experience (UX), sehingga mengakibatkan pengalaman belajar yang kurang efektif. User Centered Design (UCD) adalah metode yang menempatkan pengguna sebagai fokus utama dalam proses desain. SMA xyz telah menerapkan e-learning, namun penggunaannya masih rendah karena tampilan dan fitur yang rumit.Penelitian ini bertujuan menghasilkan rekomendasi desain UI e-learning menggunakan metode UCD untuk meningkatkan minat pengguna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan UCD berhasil meningkatkan kualitas antarmuka: learnability naik dari 76% menjadi 100%, efisiensi tugas meningkat dari 0,012 menjadi 0,063 task per second (kategori “Sangat Cepat”), dan evaluasi dengan System Usability Scale(SUS) menunjukan skor SUS naik dari 40,05 (Poor) menjadi 72,18 (Good) menandakan perbaikan signifikan dalam kepuasan dan penerimaan pengguna. Ini membuktikan bahwa UCD efektif dan mampu memberikan solusi konkret terhadap permasalahan desain sistem e-learning.

Downloads

Download data is not yet available.

References

R. Haryadi, H. Nuraini, and A. Kansaa, “PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA,” AtTàlim : Jurnal Pendidikan, vol. 7, no. 1, pp. 2548–4419, 2021, doi: 10.36835/attalim.

P. Harumsari and H. Nawwar Fikri, “RANCANG INTERFACE UI / UX E-LEARNING BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE USER CENTERED DESIGN UNTUK MENINGKATKAN EFISIENSI KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR (STUDI KASUS SDN PASIR KAMUNING II),” 2024.

M. Rifai and M. Akbar, “Implementasi Metode User Centered Design (Ucd) Pada Pembangunan Sistem Penyediaan Obat Berbasis Android,” 2020.

A. Ristyawan, R. Firliana, D. Rizky Indrawan, R. Marcell Wibisono, and T. Andriyanto, “Perancangan Antarmuka Situs web Profil DLHKP,” vol. 3, no. 2, 2024, doi: 10.29407/dimastara.v3i3.22710.

Budi Kurniawan and M.Romzi, “PERANCANGAN UI/UX APLIKASI MANAJEMEN PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT MENGGUNAKAN APLIKASI FIGMA,” 2022.

B. A. Assiddiqi, L. Nuraini, M. E. Murniati, S. H. Azura, V. Safitri, and Y. Yuliyantika, “RANCANG BANGUN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBANTUAN WEBSITE BERDU.ID POKOK BAHASAN ETNOFISIKA,” JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 11, no. 2, pp. 95–100, Apr. 2023, doi: 10.37081/ed.v11i2.4593.

A. Wicak et al., “Bulletin of Information Technology (BIT) Desain User Interface Website Pemetaan Tanaman Obat Dan Langka Di Kabupaten Kediri Dengan Menggunakan Figma,” vol. 3, no. 4, pp. 281–288, 2022, doi: 10.47065/bit.v3i1.

S. Mufti Prasetiyo and F. A. Ariestia, “OKTAL : Jurnal Ilmu Komputer dan Science Mengenal User Interface dan User Experience dalam Dunia Desain dan Teknologi,” vol. 2, no. 10, 2023, [Online]. Available: https://journal.mediapublikasi.id/index.php/oktal

M. K. Rizal, R. Indriati, and A. S. Wardani, “PENGEMBANGAN UI/UX WEBSITE STUDIO FOTOGRAFI,” 2024.

M. I. Ghozali, A. C. Murti, and S. Muzid, “KLIK: Kajian Ilmiah Informatika dan Komputer Analisis Penggunaan Metode User-Centered Design dalam Peningkatan Akseptabilitas SIMPELMAS,” Media Online), vol. 4, no. 2, pp. 1200–1206, 2023, doi: 10.30865/klik.v4i2.1317.

B. Fadli, N. Ramadlan, S. Wulandari, R. R. Hajar, P. Sejati, and A. Suhendar, “Penerapan Metode UCD (User Centered Design) Pada Sistem Perpustakaan Sekolah Berbasis Android,” Media Online, vol. 4, no. 5, pp. 2430–2441, 2024, doi: 10.30865/klik.v4i5.1803.

F. Maulana Alja, E. Daniati, and A. Ristyawan, “PERANCANGAN UI/UX E-COMMERCE MENGGUNAKAN METODE USER CENTERED DESIGN (UCD),” 2024.

M. Arroofi, A. Kusumah, R. I. Rokhmawati, and F. Amalia, “Evaluasi Usability Pada Website E-commerce XYZ Dengan Menggunakan Metode Cognitive Walkthrough dan System Usability Scale (SUS),” 2019. [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id

F. Kesuma Bhakti, I. Ahmad, and Q. J. Adrian, “PERANCANGAN USER EXPERIENCE APLIKASI PESAN ANTAR DALAM KOTA MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING (STUDI KASUS: KOTA BANDAR LAMPUNG),” Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI), vol. 3, no. 2, pp. 45–54, 2022, [Online]. Available: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI

I. Isnainrajab, S. Hadi Wijoyo, and A. R. Perdanakusuma, “Evaluasi Usability Pada Aplikasi PermataMobile X Dengan Menggunakan Metode Usability Testing Dan System Usability Scale(SUS),” 2020. [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id

A. Cory Zarkasi and A. Sari Wardani, “METHOMIKA: Jurnal Manajemen Informatika & Komputerisasi Akuntansi ANALISA USER EXPERIENCE TERHADAP FITUR DI APLIKASI ZENIUS MENGGUNAKAN HEART FRAMEWORK,” vol. 6, no. 2, 2022, doi: 10.46880/jmika.Vol6No2.pp174-179.

D. A. Saputra and T. Andriyanto, “Analisis Kualitas Website Sistem Informasi Akademik Universitas Nusantara PGRI Kediri Quality Analysis of Website Academic Information SystemUniversitas Nusantara PGRI Kediri,” Research : Journal of Computer, vol. 5, no. 1, pp. 17–22, 2022.

Downloads

Published

2025-11-29

How to Cite

[1]
“DESIGNING A HIGH SCHOOL E-LEARNING UI USING THE USER-CENTERED DESIGN METHOD”, antivirus, vol. 19, no. 2, pp. 217–232, Nov. 2025, doi: 10.35457/ynezta92.

Most read articles by the same author(s)