EVALUATION OF USER EXPERIENCE OF BELANJO APPLICATION USING USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE (UEQ)

Authors

  • Nurmita Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin
  • Yerix Ramadhani
  • Sepriano

DOI:

https://doi.org/10.35457/antivirus.v19i1.4286

Keywords:

Evaluasi, User Experience, E-commerce, Aplikasi Belanjo, UEQ

Abstract

Aplikasi Belanjo merupakan platform e-commerce yang dirancang untuk memudahkan pengguna, khususnya di wilayah Jambi, dalam memenuhi kebutuhan dapur dan produk lainnya. Penelitian ini dilakukan untuk menilai pengalaman pengguna (User Experience/UX) pada aplikasi Belanjo dengan menerapkan pendekatan User Experience Questionnaire (UEQ). Survei dilakukan terhadap 100 responden untuk menilai enam dimensi pengalaman pengguna, yaitu daya tarik (attractiveness), kejelasan (perspicuity), efisiensi (efficiency), presisi (dependability), stimulasi (stimulation), dan kebaruan (novelty). Hasil penelitian menunjukkan lima dimensi mendapatkan evaluasi positif dengan rata-rata nilai di atas 0,8, sementara dimensi kebaruan mendapatkan evaluasi netral (0,480). Dibandingkan benchmark UEQ, aplikasi berada dalam kategori "di bawah rata-rata" untuk sebagian besar dimensi, kecuali stimulasi yang masuk kategori "di atas rata-rata". Kesimpulannya, meskipun aplikasi Belanjo telah memenuhi kebutuhan dasar pengguna, peningkatan pada aspek kebaruan dan daya tarik diperlukan untuk memperbaiki pengalaman pengguna serta meningkatkan daya saing aplikasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] A. Fadillah, J. Hartanto, N. A. Achsani, dan N. Hasanah, “Tukang.com Business Model Re-Design: Smartphone-Based Builder Service Application,” dalam Journal of Physics: Conference Series, Institute of Physics Publishing, Agu 2020. doi: 10.1088/1742-6596/1594/1/012011.
[2] Abdullah, “DAYA SAING OTT (OVER THE TOP) E-COMMERCE INDONESIA DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN GLOBAL,” LABATILA: Jurnal Ilmu Ekonomi Islam, vol. 3, no. 1, 2019, doi: 10.33507/lab.v4i01.
[3] R. T. Saerang dkk., “THE ROLE OF DIGITAL MARKETING AND ONLINE FOOD DELIVERY SERVICES IN INCREASNG SALES OF TINUTUAN DINERS IN MANADO,” vol. 10, no. 4, hlm. 1225–1233, 2022.
[4] W. Riyadi dan Kurniabudi, “Analisis Usability Aplikasi Belanjo Dengan PSSUQ Dan UMUX,” Jurnal Ilmiah Media Sisfo, vol. 17, no. 2, hlm. 240–251, Okt 2023, doi: 10.33998/mediasisfo.2023.17.2.811.
[5] M. Azman Maricar, D. Pramana, D. R. Putri, dan P. Korespondensi, “EVALUASI PENGGUNAAN SLiMS PADA E-LIBRARY DENGAN MENGGUNAKAN USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE (UEQ),” vol. 8, no. 2, hlm. 319–328, 2021, doi: 10.25126/jtiik.202184443.
[6] M. Aset dkk., “Penerapan UCD (User Centered Design) Pada Perancangan Sistem Informasi,” 2020. [Daring]. Tersedia pada: http://jurnal.polibatam.ac.id/index.php/JAIC
[7] S. Prasetyaningsih dan W. P. Ramadhani, “Analisa User Experience pada TFME Interactive Learning Media Menggunakan User Experience Questionnaire,” Jurnal Integrasi |, vol. 13, no. 2, hlm. 147, 2021.
[8] D. Yolanovia1 dan A. Dwi, “Evaluasi User Experience Aplikasi TIX ID Menggunakan Metode Heuristic Evaluation,” JEISBI, vol. 02, hlm. 2021.
[9] Amanda Zulfi Kurnia Tsani, “Evaluasi User Experience EduSmart Menggunakan System Usability Scale (SUS),” Repeater : Publikasi Teknik Informatika dan Jaringan, vol. 2, no. 3, hlm. 91–101, Jul 2024, doi: 10.62951/repeater.v2i3.113.
[10] S. Y. R. Marpaung dan N. Nuraeni, “Evaluasi User Experience Website E-Learning My-Elnusa Menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ),” Swabumi, vol. 11, no. 1, hlm. 78–84, Mar 2023, doi: 10.31294/swabumi.v11i1.15354.
[11] H. C. S. Ciputra dan A. Farisi, “Analisis Kualitas Pengalaman Pengguna Website Payoprint Menggunakan Metode UEQ,” MDP Student Conference, vol. 2, no. 1, hlm. 568–574, Apr 2023, doi: 10.35957/mdp-sc.v2i1.4354.
[12] B. Huda dan B. Priyatna, “Penggunaan Aplikasi Content Manajement System (CMS) Untuk,” 2019.
[13] A. Hinderks, M. Schrepp, F. J. Domínguez Mayo, M. J. Escalona, dan J. Thomaschewski, “Developing a UX KPI based on the user experience questionnaire,” Comput Stand Interfaces, vol. 65, hlm. 38–44, Jul 2019, doi: 10.1016/j.csi.2019.01.007.
[14] I. Díaz-Oreiro, G. López, L. Quesada, dan L. Guerrero, “Standardized Questionnaires for User Experience Evaluation: A Systematic Literature Review,” MDPI AG, Nov 2019, hlm. 14. doi: 10.3390/proceedings2019031014.
[15] P. K. Sugiharto, S. H. Wijoyo, dan M. C. Saputra, “EVALUASI USER EXPERIENCE APLIKASI ‘J-KOPI (JEMBER KOTA PINTAR)’MENGGUNAKAN METODE SURVEI DENGAN USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE DAN USER INTERVIEW,” Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK), vol. 10, no. 6, hlm. 1389–1400, 2023, doi: 10.25126/jtiik.2023107430.
[16] F. F. Alawiyah dan D. S. Canta, “Evaluasi Pengalaman Pengguna Pada Aplikasi Shopee Menggunakan Metode User Experience Questionnaire (UEQ),” Journal of Information System Research (JOSH), vol. 3, no. 4, hlm. 344–350, Jul 2022, doi: 10.47065/josh.v3i4.1574.
[17] V. Intanny, I. Widiyastuti, dan M. Dolorosa Kusuma Perdani, “Pengukuran Kebergunaan dan Pengalaman Pengguna Marketplace Jogjaplaza.id dengan Metode UEQ dan USE Questionnaire Measuring Usability and User Experience of The Marketplace of Jogjaplaza.id Using UEQ and USE Questionnaire,” 2018.
[18] R. A. Agustina dan A. Gustalika, “Bulletin of Information Technology (BIT) Evaluasi User Experience Pada Aplikasi Linkaja Menggunakan Metode User Experience Questionnaire (UEQ),” vol. 3, no. 4, hlm. 323–331, 2022, doi: 10.47065/bit.v3i1.
[19] Schrepp Dr Martin, “User Experience Questionnaire Handbook,” 2023. [Daring]. Tersedia pada: www.ueq-online.org

Downloads

Published

2025-05-30

How to Cite

[1]
N. Nurmita, Y. Ramadhani, and Sepriano, “EVALUATION OF USER EXPERIENCE OF BELANJO APPLICATION USING USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE (UEQ)”, antivirus, vol. 19, no. 1, pp. 30–40, May 2025.

Issue

Section

Articles