Building E-Learning Application Using Cloud Computing with Software As A Service (SAAS) Model
Studi Kasus STMIK Methodist Binjai
Abstract
Teknologi informasi saat ini berkembang dengan sangat kuat dan cepat dimana berpengaruh besar terhadap segala segi kehidupan masyarakat, salah satunya dalam bidang pendidikan sehingga memicu lahirnya ide e-learning. STMIK Methodist Binjai sudah memiliki virtual class berbasis web e-learning akan tetapi konten dalam e-learning yang dimiliki STMIK Methodist Binjai belum lengkap, dan desain kurang menarik karena hanya terfokus pada text based serta sering mengalami kendala hilang file saat proses mahasiswa mengirim tugas. Oleh karena itu, penulis mengembangkan sistem e-learning dengan memanfaatkan layanan dari komputasi awan menggunakan model Software as a Service (SaaS). Dengan memanfaatkan komputasi awan kebutuhan untuk server web dapat dengan mudah ditingkatkan kemampuannya, layanan saas ini memiliki fitur pembaruan otomatis dalam pemeliharaan perangkat lunak sehingga menghindari terjadinya bug. Jasa komputasi awan yang digunakan yaitu codeanywhere, dimana terdapat dua (2) implementasi yaitu Frond End dan Back End. Back End adalah bagian "awan" dari sistem mini, sedangkan Frond End terletak pada bagian pengguna atau client. Setelah dilakukan pengujian pada laptop, e-learning berbasis komputasi awan dengan menggunakan jasa codeanywhere dapat berjalan dengan baik secara online.
Downloads
References
[2] Cahya Kurniawan, Agung, and Faizatul Amalia. “Implementasi Teknologi Cloud Computing Untuk E-Learning Berbasis Website Dengan Framework Laravel (Studi Kasus: MAN 9 Jombang)”. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer 4(11):3833–44. 2020.
[3] Wu, Wei, and Anastasiia Plakhtii. “E-Learning Based on Cloud Computing”. International Journal of Emerging Technologies in Learning 16(10):4–17. doi: 10.3991/ijet.v16i10.18579. 2021.
[4] Fauzi, Muhammad Restu R. "Rancang Bangun È-Learning Berbasis Lms Moodle Menggunakan Teknologi Cloud Computing." PhD diss., Univeristas Komputer Indonesia, 2021.
[5] Haryadi, Rudi, Hanifa Nuraini, and Al Kansaa. “Pengaruh Media Pembelajaran E-Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa.” AtTàlim : Jurnal Pendidikan 7(1):2548–4419. 2021.
[6] Handoyo, Muhammad Aldy. “BAB II Tinjauan Pustaka BAB II TINJAUAN PUSTAKA 2.1. 1–64.” Gastronomía Ecuatoriana y Turismo Local. 1(69):5–24. 2019.
[7] Yustanti, I., and D. Novita. “Pemanfaatan E-Learning Bagi Para Pendidik Di Era Digital 4.0 Utilization of E-Learning for Educators in Digital Era 4.0’, Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang.” Jurnal Univ PGRI Palembang 12(1):338–46. 2019.
[8] Shiddiq, Mayendra Muhammad. “Implementasi Teknologi Cloud Computing Pada Aplikasi Task Assignment Project Di Pt. Daya Inovasi Mandiri.” (252):1–61. 2021.
[9] Riza, Faisal. “Analisis Pengujian Kinerja Web Server Yang Dibangun Atas Penyedia Layanan Virtual Private Server (Vps) Antara Digital Ocean Dan Vultr.” 2018.
[10] Jajang Winanjar, Deffy Susant. “2 Universitas Majalengka 1.” 97–105. 2021.
[11] Deci Irmayani, Musthafa Haris Munandar. “Menyimpan Data Dan Menampilkannya Data”. 8(2). 2020.
Copyright (c) 2023 Antivirus : Jurnal Ilmiah Teknik Informatika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- Author grant the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License