RANCANG BANGUN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENRUAN CALON PENERIMA BEASISWA MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING PADA KPw BANK INDONESIA BALIKPAPAN

  • M. Ihsan Alfani Putera Institut Teknologi Kalimantan
  • M. Gilvy Langgawan Putra Institut Teknologi Kalimantan
Abstract views: 27 , PDF downloads: 11

Abstract

Republik Indonesia, tetapi juga peduli akan dunia pendidikan Indonesia dengan cara memberikan beasiswa kepada mahasiswa-mahasiswa yang berhak mendapatkannya melalui lembaga Beasiswa Bank Indonesia. Beasiswa Bank Indonesia Balikpapan adalah lembaga yang memberikan beasiswa kepada mahasiswa berprestasi, baik dalam bidang akademik maupun social, dan juga kepada mahasiswa yang kurang mampu. Dalam menentukan penerima beasiswa saat ini, dilakukan proses seleksi satu per satu kepada para pendaftar dan dilakukan pembahasan oleh para penyeleksi untuk mengambil keputusan bersama. Berdasarkan hasil analisis permasalahan yang ada, maka pada penelitian ini dikembangkan sistem informasi terkait proses penyeleksian calon peserta beasiswa Bank Indonesia. Pada penelitian ini digunakan metode SAW (Simple Additive Weighting). Metode ini mencari nilai bobot untuk setiap atribut kemudian melakukan proses perankingan yang akan menentukan alternatif yang optimal, yaitu mahasiswa terbaik. Penelitian ini dikembangkan dan diuji menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL. Hasil uji coba menunjukkan bahwa telah berhasil dikembangkan sistem informasi pendukung keputusan yang dapat memberikan kemudahan dalam menyeleksi calon penerima beasiswa Bank Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

S. Eniyati, "Perancangan Sistem Pendukung Pengambilan Keputusan untuk Penerimaan Beasiswa dengan Metode SAW (Simple Additive Weighting)," Dinamik, vol. 16, no. 2, pp. 171-177, 2011.

D. Darmastuti, "Implementasi metode simple additive weighting (SAW) dalam sistem informasi lowongan kerja berbasis web untuk rekomendasi pencari kerja terbaik," Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (JustIN), vol. 2, no. 1, pp. 1-6, 2013.

F. Nugraha, B. Surarso and B. Noranita, "Sistem Pendukung Keputusan Evaluasi Pemilihan Pemenang Pengadaan Aset dengan Metode Simple Additive Weighting (SAW)," Jurnal Sistem Informasi Bisnis, vol. 2, no. 2, pp. 2502-2377, 2012.

S. S. Sundari and Y. F. Taufik, "Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Pegawai Baru Dengan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW)," Sisfotenika, vol. 4, no. 2, pp. 140-151, 2014.

R. Fauzan, Y. Indrasary and N. Muthia, "Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Beasiswa Bidik Misi di POLIBAN dengan Metode SAW Berbasis Web," Jurnal Online Informatika, vol. 2, no. 2, pp. 79-83, 2018.

R. S. Pressman, Software Engineering, New York: McGraw-Hill, 2010.

K. Asnawati, "Penerapan Metode Simple Additive Weight (SAW) Dalam Sistem Pendukung Keputusan Promosi Kenaikan Jabatan," Pilar Nyusa Mandiri, 2002.

R. J. McLeod, "Management Information System 6th Ed," New Jersey, Prentice Hall, 1995.

S. Kusumadewi, "Jurnal Komparasi Metode Simple Additive Weight (SAW) Dan Analytical Hierarcy Process (AHP) Untuk Pemilihan Staf Laboratorium Komputer," STIMIK WIDYA CIPTA DHARMA, 2006.

R. Nina, “Macam-macam metode DSS. Retrieved from https://mti.raharja.ac.id/2016/12/23/macam-macam-metode-dss/”, 2019 september 20.

Published
2020-11-07
How to Cite
Putera, M. I. A., & Putra, M. G. L. (2020). RANCANG BANGUN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENRUAN CALON PENERIMA BEASISWA MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING PADA KPw BANK INDONESIA BALIKPAPAN. Antivirus : Jurnal Ilmiah Teknik Informatika, 14(2), 100-110. https://doi.org/10.35457/antivirus.v14i2.1213