Strategi Pelayanan UPT Pelayanan Sosial Bina Remaja Blitar Dalam Menangani Remaja Putus Sekolah

Authors

  • Juanda Angkasa Wati Juanda Universitas Islam Balitar
  • Ulva Roifatul Lailin Universitas Islam Balitar
  • Mohammad Nasyirudin Universitas Islam Balitar

DOI:

https://doi.org/10.35457/transgenera.v2i2.4874

Keywords:

Pelayanan Sosial, Peran dan Strategi Pembinaan, Remaja Putus Sekolah

Abstract

Problem remaja putus sekolah merupakan masalah sosial yang rumit karena memengaruhi masa depan generasi muda dan pembangunan sosial daerah. Sebagai salah satu kota di Jawa Timur yang menghadapi masalah ini, Kota Blitar membutuhkan peran lembaga yang berpengalaman untuk memberikan layanan dan pembinaan yang tepat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur, melalui Unit Pelayanan Teknis (UPT) Pelayanan Sosial Bina Remaja Blitar, berperan dalam membina remaja di Kota Blitar dan mengetahui metode yang digunakan untuk membina dan membantu remaja yang putus sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara sebagai metode pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UPT Pelayanan Sosial Bina Remaja Blitar memiliki peran yang signifikan dalam membimbing remaja melalui berbagai program, seperti asesmen sosial, pembinaan karakter, pelatihan keterampilan, rehabilitasi sosial, dan pendampingan psikososial dengan menggabungkan partisipasi masyarakat dan koordinasi antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD), strategi yang digunakan bersifat integratif. Pelayanan berfokus pada pemulihan kondisi sosial remaja, membangun kepercayaan diri, dan membangun keterampilan untuk membantu mereka menjadi mandiri.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, F. 2024. Peranan Kepala Daerah Dalam Penyusunan Kebijakan Publik. Jurnal Manajemen dan Hukum, 2(1), 14–25.

Anderson, James E. 2014. Public Policymaking. Cengage Learning.

Andini, R. 2021. Strategi Pelayanan Sosial terhadap Remaja Putus Sekolah. Jurnal Ilmu Sosial, 18(2), 134–142.

Badan Standar Nasional. 2022. Standar nasional pendidikan. Badan Standar Nasional Pendidikan.

Darmawan, I. 2023. Manajemen Administrasi Publik. Penerbit Widina. Diakses dari: https://repository.penerbitwidina.com/media/publications/594370-manajemen-administrasi-publik-c05dea72.pdf

Denhardt, R. B., & Denhardt, J. V. 2020. Public Administration: An Action Orientation. Cengage Learning.

Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur. 2023. Laporan Tahunan Kinerja UPT Pelayanan Sosial Bina Remaja.

Diskominfo Mukomuko. 2024. Peran Teknologi dalam Meningkatkan Pelayanan Publik. Diakses dari https://diskominfo.mukomukokab.go.id/artikel/peran-teknologi-

dalam-meningkatkan-pelayanan-publik

Fatmawati, I., & Sutrisno, H. 2023. Inovasi dan Kolaborasi dalam Pelayanan Publik di Era Digital. Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 10(1), 77–89. https://journal.ipdn.ac.id/index.php/JIAN/article/view/1027

Fauziah, L. 2024. Kolaborasi dalam Implementasi Strategi Pelayanan Sosial. Jurnal

Ilmu Pemerintahan dan Sosial, 6(1), 51–62.

https://jurnal.politikjakarta.ac.id/index.php/jips/article/view/893

Forum Anak Nasional. 2022. Peran Forum Anak dalam Musrenbang: Suara Anak untuk Masa Depan. Jakarta: KPPPA.

Judijanto, L. 2024. Dinamika Administrasi Publik. ResearchGate.

Kementerian Dalam Negeri. 2023. Inovasi Pelayanan Publik pada Pemerintah Daerah di Indonesia. Jurnal Manajemen Pemerintahan, 4(1), 20–31. Diakses dari: https://jurnal.kemendagri.go.id/index.php/mp/article/download/1509/637/10699

Kementerian Sosial RI. 2021. Kebijakan Pelayanan Sosial Anak dan Remaja Berbasis Partisipatif. Jakarta: Direktorat Rehabilitasi Sosial Anak.

Ningsih, S. A. 2025. Kurangnya Koordinasi dan Kerjasama Antar Lembaga dalam Penanganan Masalah Sosial di Samarinda. eJournal Administrasi Publik, 13(1).

OECD. (2023). Innovative public participation. Link

Patton, M. Q. 2011. Developmental Evaluation: Applying Complexity Concepts to Enhance Innovation and Use. Guilford Press.

Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI). 2021. Evaluasi Partisipasi Remaja

dalam Pelayanan Sosial Berbasis Komunitas. Jakarta: LPAI.

Ramadhan, A. 2023. Evaluasi Strategi Partisipatif dalam Menurunkan Angka Putus Sekolah. Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 11(1), 25–36.

Downloads

Published

2025-08-16

How to Cite

Strategi Pelayanan UPT Pelayanan Sosial Bina Remaja Blitar Dalam Menangani Remaja Putus Sekolah. (2025). Transgenera: Jurnal Ilmu Sosial, Politik, Dan Humaniora, 2(2), 117-133. https://doi.org/10.35457/transgenera.v2i2.4874