Strategi Pelayanan UPT Pelayanan Sosial Bina Remaja Blitar Dalam Menangani Remaja Putus Sekolah
DOI:
https://doi.org/10.35457/transgenera.v2i2.4874Keywords:
Pelayanan Sosial, Peran dan Strategi Pembinaan, Remaja Putus SekolahAbstract
Problem remaja putus sekolah merupakan masalah sosial yang rumit karena memengaruhi masa depan generasi muda dan pembangunan sosial daerah. Sebagai salah satu kota di Jawa Timur yang menghadapi masalah ini, Kota Blitar membutuhkan peran lembaga yang berpengalaman untuk memberikan layanan dan pembinaan yang tepat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur, melalui Unit Pelayanan Teknis (UPT) Pelayanan Sosial Bina Remaja Blitar, berperan dalam membina remaja di Kota Blitar dan mengetahui metode yang digunakan untuk membina dan membantu remaja yang putus sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara sebagai metode pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UPT Pelayanan Sosial Bina Remaja Blitar memiliki peran yang signifikan dalam membimbing remaja melalui berbagai program, seperti asesmen sosial, pembinaan karakter, pelatihan keterampilan, rehabilitasi sosial, dan pendampingan psikososial dengan menggabungkan partisipasi masyarakat dan koordinasi antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD), strategi yang digunakan bersifat integratif. Pelayanan berfokus pada pemulihan kondisi sosial remaja, membangun kepercayaan diri, dan membangun keterampilan untuk membantu mereka menjadi mandiri.
Downloads
References
Ahmad, F. 2024. Peranan Kepala Daerah Dalam Penyusunan Kebijakan Publik. Jurnal Manajemen dan Hukum, 2(1), 14–25.
Anderson, James E. 2014. Public Policymaking. Cengage Learning.
Andini, R. 2021. Strategi Pelayanan Sosial terhadap Remaja Putus Sekolah. Jurnal Ilmu Sosial, 18(2), 134–142.
Badan Standar Nasional. 2022. Standar nasional pendidikan. Badan Standar Nasional Pendidikan.
Darmawan, I. 2023. Manajemen Administrasi Publik. Penerbit Widina. Diakses dari: https://repository.penerbitwidina.com/media/publications/594370-manajemen-administrasi-publik-c05dea72.pdf
Denhardt, R. B., & Denhardt, J. V. 2020. Public Administration: An Action Orientation. Cengage Learning.
Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur. 2023. Laporan Tahunan Kinerja UPT Pelayanan Sosial Bina Remaja.
Diskominfo Mukomuko. 2024. Peran Teknologi dalam Meningkatkan Pelayanan Publik. Diakses dari https://diskominfo.mukomukokab.go.id/artikel/peran-teknologi-
dalam-meningkatkan-pelayanan-publik
Fatmawati, I., & Sutrisno, H. 2023. Inovasi dan Kolaborasi dalam Pelayanan Publik di Era Digital. Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 10(1), 77–89. https://journal.ipdn.ac.id/index.php/JIAN/article/view/1027
Fauziah, L. 2024. Kolaborasi dalam Implementasi Strategi Pelayanan Sosial. Jurnal
Ilmu Pemerintahan dan Sosial, 6(1), 51–62.
https://jurnal.politikjakarta.ac.id/index.php/jips/article/view/893
Forum Anak Nasional. 2022. Peran Forum Anak dalam Musrenbang: Suara Anak untuk Masa Depan. Jakarta: KPPPA.
Judijanto, L. 2024. Dinamika Administrasi Publik. ResearchGate.
Kementerian Dalam Negeri. 2023. Inovasi Pelayanan Publik pada Pemerintah Daerah di Indonesia. Jurnal Manajemen Pemerintahan, 4(1), 20–31. Diakses dari: https://jurnal.kemendagri.go.id/index.php/mp/article/download/1509/637/10699
Kementerian Sosial RI. 2021. Kebijakan Pelayanan Sosial Anak dan Remaja Berbasis Partisipatif. Jakarta: Direktorat Rehabilitasi Sosial Anak.
Ningsih, S. A. 2025. Kurangnya Koordinasi dan Kerjasama Antar Lembaga dalam Penanganan Masalah Sosial di Samarinda. eJournal Administrasi Publik, 13(1).
OECD. (2023). Innovative public participation. Link
Patton, M. Q. 2011. Developmental Evaluation: Applying Complexity Concepts to Enhance Innovation and Use. Guilford Press.
Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI). 2021. Evaluasi Partisipasi Remaja
dalam Pelayanan Sosial Berbasis Komunitas. Jakarta: LPAI.
Ramadhan, A. 2023. Evaluasi Strategi Partisipatif dalam Menurunkan Angka Putus Sekolah. Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 11(1), 25–36.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Juanda Angkasa Wati Juanda, Ulva Roifatul Lailin, Mohammad Nasyirudin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- Author grant the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



