https://ejournal.unisbablitar.ac.id/index.php/transgenera/issue/feed Transgenera: Jurnal Ilmu Sosial, Politik, dan Humaniora 2024-08-14T18:48:16+07:00 Editor Jurnal Transgenera jurnaltransgenera@gmail.com Open Journal Systems <p style="text-align: justify;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Frasa Transgenera berasal dari dua kata yaitu transformasi dan generasi. Frasa ini merujuk pada makna perubahan dan pembaharuan dari generasi lama ke generasi baru yang diharapkan menuju ke arah perkembangan, perubahan dan kemajuan yang semakin baik. Transgenera adalah jurnal peer-review yang membuka pengiriman artikel asli dan belum pernah diterbitkan.</span></span></span></span></p> https://ejournal.unisbablitar.ac.id/index.php/transgenera/article/view/3742 Peran Komunikasi Interpersonal Pelatih Golden Silat Club dengan Atletnya dalam Meningkatkan Prestasi 2024-08-14T14:46:19+07:00 Rosa Arumsari rosaarumsari0101@gmail.com Yefi Dyan Nofa Harumike yeanfake@gmail.com Endah Siswati endah.soepeno71@gmail.com <p>Komunikasi interpersonal adalah proses pertukaran informasi dan pemahaman antara dua orang atau lebih dengan tujuan memberikan pesan yang bermakna dan dapat menimbulkan umpan balik. Tujuan dari penelitian mengeksplorasi dan memahami peran komunikasi interpersonal antara pelatih dan atlet dalam meningkatkan motivasi, kinerja, dan hubungan kerja sama di Golden Silat Club untuk meningkatkan pencapaian prestasi atlet. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal yang baik antara pelatih dan atlet dapat meningkatkan motivasi, kinerja, dan hubungan kerja sama di Golden Silat Club, sehingga berdampak positif pada pencapaian prestasi atlet. Kesimpulan penelitian ini adalah komunikasi interpersonal yang eektif antara pelatih dan atlet sangat penting dalam meningkatkan kinerja dan prestasi atlet.</p> 2024-07-31T09:29:38+07:00 Copyright (c) 2024 Rosa Arumsari Rosa Arumsari https://ejournal.unisbablitar.ac.id/index.php/transgenera/article/view/3756 Dinamika Pembangunan Jembatan Siratal Mustaqim untuk Menopang Wisata Religi 2024-08-05T15:03:22+07:00 Hifzil Alifan Cahya Hifzilalifancahya2@gmail.com Adam Hilman adam_hilman@umpo.ac.id Irvan Nur Ridho irvannurridho@gmail.com Bambang Triono bambangtriono@umpo.ac.id <p>Level pemerintahan di Indonesia tersusun secara hierarkis di level pusat hingga daerah, desa &nbsp;merupakan level pemerintahan terkecil, dengan tugas dna fungsi untuk melakukan pengembangan dan pembangunan desa agar terwujud kesejahteraan bagi masyarakatnya, Desa Tegalsari Kecamatan Jetis Kabupaten Ponorogo, berupaya untuk melakukan pembangunan untuk mendukung potensi lokal yakni wisata religi yang dimiliki, bagaimana upaya tersebut dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dinamika pengembangan jembatan siratal mustaqim. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu menggambarkan tentang peran pemerintah desa dalam pembangunan jembatan siratal mustaqim. Pada saat penyusunan rencana pembangunan hingga evaluasi pelaksanaan pemerintah desa ikut terlibat secara aktif dalam proses tersebut. Pada penyusunan rencana pemerintah secara berkala mengajukan pembangunan jembatan 5 kali dengan menggandeng pihak terkait. Untuk penetapan rencana menggunakan Undang-Undang nomor 13 Tahun 2021 tentang pembangunan dan pengembangan potensi desa. Pada tahap pelaksanaan pembangunan masyarakat dan pemerintah bergotong-royong membantu tenaga dan koordinasi kepada pihak terkait. Pada tahap evaluasi berjalan dengan lancar dari semua pihak dengan keberhasilan pembangunan jembatan siratal mustaqim ini. Masyarakat berharap agar dapat senantiasa merawat dan menjaga kelestarian jembatan ini agar jembatan ini dapat terus digunakan dengan tanpa kendala.</p> 2024-07-31T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Hifzil Alifan Cahya, Adam Hilman, Irvan Nur Ridho, Bambang Triono https://ejournal.unisbablitar.ac.id/index.php/transgenera/article/view/3743 Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian 2024-08-05T15:09:29+07:00 Rangga Kusuma Wijaya ranggakw305@gmail.com Hanik Amaria hanikamaria84@gmail.com <p>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh produk batik yang dihasilkan memiliki kualitas yang detail, rapi, dan konsisten karena menggunakan teknik malam dingin yang masih pertama dan satu-satunya di Kota Blitar. Selain itu citra merek dapat dibangun dengan baik dengan bergabungnya dengan Asosiasi Batik Asli Blitar (ABABIL). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana keputusan pembelian konsumen Batik Sendang Lestari di Kota Blitar dipengaruhi oleh persepsi merek dan kualitas produk. Pendekatan kuantitatif digunakan untuk mengumpulkan 84 sampel dari 490 populasi dalam penelitian ini. Accidental sampling merupakan metode yang digunakan dalam proses pengambilan sampel. Dengan nilai signifikansi 0,007 &lt; 0,05 maka temuan penelitian menunjukkan bahwa “variabel kualitas produk (X1) berpengaruh signifikan terhadap variabel pilihan pembelian (Y). Selanjutnya dengan nilai signifikansi sebesar 0,013 &lt; 0,05 maka variabel citra merek (X2) berpengaruh terhadap variabel keputusan pembelian (Y). Selain itu variabel keputusan pembelian (Y) dipengaruhi secara simultan oleh variabel citra merek (X2) dan kualitas produk (X1), dengan nilai signifikan F sebesar 0,000 &lt; 0,05.”</p> 2024-07-31T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Rangga Kusuma Wijaya, Hanik Amaria https://ejournal.unisbablitar.ac.id/index.php/transgenera/article/view/3755 Implementasi Kebijakan Pendidikan Anti Korupsi di Perguruan Tinggi Studi Deskriftif di Universitas Islam 45 Bekasi 2024-08-05T15:11:13+07:00 Siti Fadilahtul Hidayah sitifadilah9537@gmail.com Aos Kuswandi koeswandi.all@gmail.com <p><em>Implementasi pendidikan anti korupsi di Universitas Islam 45 Bekasi merupakan upaya krusial dalam membentuk mahasiswa yang berintegritas dan aktif dalam pemberantasan korupsi. Melalui metode penelitian kualitatif dan studi literatur, penelitian ini menyoroti peran penting tenaga pendidik dalam menerapkan nilai-nilai anti korupsi melalui keteladanan, peningkatan kesadaran, dan penyediaan mata kuliah khusus. Mahasiswa juga berperan aktif dengan mengadopsi nilai-nilai kejujuran, integritas, dan transparansi, serta terlibat dalam forum keterbukaan dan kampanye media sosial. Keterlibatan aktif mahasiswa dalam</em><em> p</em><em>endidikan anti korupsi, baik di dalam maupun di luar kampus, akan membantu menciptakan budaya anti korupsi yang kuat dan berkelanjutan, sehingga mereka siap menjadi agen perubahan yang dapat mendorong pemberantasan korupsi di masa depan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan anti korupsi tidak hanya memengaruhi pola berpikir, sikap, dan perilaku siswa, tetapi juga menciptakan budaya yang mendukung pemberantasan korupsi di masa depan. Dengan demikian, keterlibatan aktif mahasiswa dalam pendidikan anti korupsi di universitas menjadi kunci dalam membentuk agen perubahan yang mendorong integritas dan keadilan sosial.</em></p> 2024-07-31T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Siti Fadilahtul Hidayah, Aos Kuswandi https://ejournal.unisbablitar.ac.id/index.php/transgenera/article/view/3746 Kualitas Pelayanan dalam Pengajuan Pembuatan E-KTP di Kantor Desa Suruhwadang Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar 2024-08-05T15:12:15+07:00 Mareisa Kusumaningtyas mareisakusumaningtyas@gmail.com Sutowo ariaisvara@gmail.com Nuryanti nury41954@gmail.com <p>Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui gambaran serta hambatan dalam Kualitas Pelayanan dalam Pengajuan Pembuatan E-KTP di Kantor Desa Suruhwadang. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu <em>data collection </em>(pengumpulan data), <em>data condensation</em> (kondensasi data), <em>data display</em> (penyajian data),&nbsp; serta <em>conclusion drawing/verifications</em> (menggambarkan dan memverifikasi kesimpulan). Hasil penelitian Kualitas Pelayanan dalam Pengajuan Pembuatan E-KTP di Kantor Desa Suruhwadang Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar bisa dikatakan belum cukup baik, dapat dilihat dari beberapa kendala pada pelayanan di Kantor Desa Suruhwadang diantaranya adalah kurangnya jumlah petugas, serta fasilitas pelayanan yang belum memadai. Kualitas Pelayanan dalam Pengajuan Pembuatan E-KTP di Kantor Desa Suruhwadang Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar dilihat dari indikator 1) <em>Tangible</em> (Bukti Fisik) berupa fasilitas pelayanan yang kurang memadahi seperti ruangan terbatas, kurangnya pendingin AC, jaringan tidak stabil, dan kurangnya meja pelayanan khusus untuk pengisian formulir, 2) <em>Reliability</em> (Kehandalan) kehandalan pegawai di Kantor Desa Suruhwadang dalam mengoperasikan alat bantu pelayanan belum sepenuhnya baik, ditunjukkan dengan adanya beberapa petugas yang belum mahir dalam mengoperasikan alat bantu pelayanan karena adanya rolling jabatan yang tidak sesuai dengan kemampuan SDM sehingga menghambat pelayanan yang mengakibatkan tidak maksimal, 3) <em>Responsiviness</em> (Ketanggapan) pegawai cukup tanggap dalam membantu masyarakat ketika menanggapi kebutuhan dan menunjukkan kepedulian saat merespon masyarakat, 4) <em>Assurance</em> (Jaminan) jaminan ketepatan waktu pelayanan di Kantor Desa Suruhwadang masih belum sesuai dengan keinginan masyarakat, ditunjukkan dengan adanya keluhan mengenai estimasi waktu pembuatan E-KTP, 5) <em>Emphaty</em> (Empati) kesan yang menyenangkan pada saat proses pelayanan dapat dilihat dari sikap petugas yang ramah, tersenyum, tidak diskriminatif dan menghargai masyarakat.</p> 2024-07-31T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Mareisa Kusumaningtyas, Sutowo, Nuryanti https://ejournal.unisbablitar.ac.id/index.php/transgenera/article/view/3747 Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen 2024-08-14T14:03:30+07:00 Erdina Trianindi Nindi erdinatrianindi@gmail.com Eko Adi Susilo adisusiloeko@gmil.com <p>Tingkat kepuasan konsumen yang tinggi&nbsp; dipengaruhi oleh kualitas produk dan harga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan harga terhadap kepuasan konsumen. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner.&nbsp;&nbsp; Teknik sampling yang digunakan yaitu sampel jenuh/total sampling. Jumlah responden yang diperoleh sebnayak 45 responden. Analisis data dilakukan dengan analisis linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kualitas produk (X1) dan harga (X2) berpengaruh secara simultan (bersama-sama) terhadap kepuasan konsumen (Y). Hal tessebut dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0.001, yang artinya&nbsp; &lt; α 0.05.</p> 2024-07-31T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Eko Adi Susilo, Erdina Trianindi Nindi https://ejournal.unisbablitar.ac.id/index.php/transgenera/article/view/3757 Persepsi Masyarakat Terhadap Kesetaraan Gender dalam Organisasi Sosial Masyarakat 2024-08-05T15:15:50+07:00 Wahyuningsih wahyuningsih03062018@gmail.com Anwar Hakim Derajat drajat.pb1@gmail.com Hanik Amaria hanikamaria84@gmail.com <p>Persepsi merupakan salah satu faktor psikologis yang berperan dalam pembentukan perilaku seseorang. Adanya persepsi terhadap suatu objek, peristiwa atau benda, maka akan lahir tindakan yang akan diambil oleh seseorang yang mempersepsikannya. Maka dari itu persepsi penting karena menjadi bagian dari pendapat seseorang yang dapat mempengaruhi suatu objek atau fenomena dan bisa menjadi alasan orang untuk bertindak dan berperilaku. Penulis mendapatkan ilmu baru, dan baru mengetahui bagaimana persepsi masyarakat Desa Sukosewu terhadap kesetaraan gender. Betapa pentingnya persepsi masyarakat yang mampu membentuk nilai dan norma di tengah masyarakat itu sendiri.Objek penelitian ini adalah anggota organisasi sosial masyarakat Desa Sukosewu Kecamatan Gandusari. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, dokumentasi dan wawancara.</p> 2024-07-31T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Wahyuningsih, Anwar Hakim Derajat, Hanik Amaria https://ejournal.unisbablitar.ac.id/index.php/transgenera/article/view/3793 Analisis Pinjaman Bermasalah (PAR) Terhadap Return on Investment (ROI) pada Unit Pengelola Keuangan Lembaga Keswadayaan Masyarakat UPK-LKM Desa Jerukseger Kecamatan Gedeg Kabupaten Mojokerto 2024-08-12T11:53:11+07:00 Muhammad Halim Fawazi fawazi884@gmail.com <p>Portofolio at Risk (PAR) adalah indikator kesehatan kegitan perguliran dana dari aspek kelancaran angsuran pinjaman, sedangkan Return on Investmant (ROI) melihat dari aspek kemampuan mendapatkan laba. Kedua intikator tersebut diukur untuk mengetahui hubungan atau pengaruh pinjaman bermasalah (PAR) terhadap Return on Investment (ROI) UPK Sejahtera Mandiri pada Pinjaman Bergulir Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) di Desa Jerukseger Kecamatan Gedeg. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif. Metode ini dilakukan dengan melakukan analisa seluruh data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah Portofolio at Risk (PAR) UPK LKM Desa Jerukseger cenderung meningkat dengan rata-rata rasio sebesar 12% dan Return On Investment (ROI) cenderung menurun dengan rata-rata rasio sebesar 9%. Terdapat relasi yang kuat antara rasio PAR dan ROI pada UPK LKM Desa jerukseger, dimana Portofolio at Risk (PAR) yang kecil akan lebih menguntungkan bagi UPK dan sebaliknya jika Portofolio at Risk (PAR) yang tinggi akan membuat keuntungan UPK LKM akan semakin menurun.</p> 2024-08-12T11:17:55+07:00 Copyright (c) 2024 Muhamm Halim Fawazi https://ejournal.unisbablitar.ac.id/index.php/transgenera/article/view/3799 Implementasi Tata Kelola Administrasi Kearsipan di Kelompok Bermain Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu Al Hikmah 2 Kanigoro 2024-08-14T18:43:05+07:00 Desika Erna Yuliati dessika05@gmail.com Ferida Asih Wiludjeng wiludjeng02@gmail.com Sutowo ariaisvara@gmail.com <p>Administrasi kearsipan adalah salah satu aspek penting dalam pengelolaan institusi pendidikan, termasuk di Taman Kanak-Kanak (TK). Di tingkat TK, dokumen dan arsip yang dihasilkan meliputi berbagai jenis, mulai dari data murid, laporan perkembangan, catatan administrasi, hingga komunikasi dengan orang tua dan pihak eksternal. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan sistem yang efisien, aman, dan sesuai dengan regulasi, sehingga dapat mendukung operasional kelompok bermain dan proses pembelajaran dengan lebih baik. Penelitian ini berlokasi di Kelompok Bermain Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu Al Hikmah 2 Kanigoro, yang berada di Jalan Mawar RT 03 / RW 05 No. 33 Satreyan, Kanigoro. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif untuk memberikan gambaran dan penjelasan yang jelas mengenai keadaan atau gejala yang diteliti. Validitas data diuji melalui triangulasi sumber. Hasil penelitian ini adalah Tata kelola administrasi kearsipan di Kelompok Bermain Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu Al Hikmah 2 Kanigoro sudah tergolong baik, dilihat dari indikator-indikator keteraturan dan keberesan penyimpanan&nbsp; arsip, kecepatan dan ketepatan arsip, penemuan kembali arsip dan kondisi fisik serta keamanan arsip, sistem pemeliharaan dan pelestarian arsip, tingkat penggunaan arsip, efektifitas sistem pemindahan arsip, kepatuhan terhadap kebijakan dan peraturan kearsipan, ketersediaan dan kompetensi sumber daya manusia, pemanfaatan teknologi, serta tingkat kepuasan penggunaaan arsip. Dengan kondisi ini dapat menunjang perkembangan Kelompok Bermain ke arah yang lebih baik.</p> 2024-07-31T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Desika Erna Yuliati, Ferida Asih Wiludjeng, Sutowo https://ejournal.unisbablitar.ac.id/index.php/transgenera/article/view/3795 Peningkatan Akses Permodalan bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) 2024-08-14T18:48:16+07:00 Soebiantoro soebiantoro7@gmail.com Nik Haryanti nikharyanti1983@gmail.com <p>Seiring denagn perkembangannya, diperlukan berbagai faktor diantaranya dari segi permodalan yang harus terus di penuhi demi tetap berlangsungnya kegiatan distribusi dari produsen kepada konsumennya. &nbsp;Kemudahan akses permodalan bagi UMKM meliputi dari kemudahan persyaratan dalam pengajuan pembiayaan formal agar para pelaku usaha tidak memilih pinjaman pribadi atau non formal yang bisa dibilang ketersediaan modalnya kurang stabil. Persyratan yang mudah bahkan di barengi jasa pembiayaan yang ringan ini sangat memacu para pelaku usaha untuk mengembangkan usahanya agar terus mendapatkan pembiayaan bersiklus. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian <em>library research</em> atau penelitian pustaka. &nbsp;Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi. &nbsp;&nbsp;Metode analisis data lebih mengedepankan pada pengungkapan aspek isi (esensi) dari beberapa proposisi yang ada. Lebih lanjut metode ini merupakan watak dari peninjauan berbagai teori dan analisis. Hasil penelitiannya Pelaku UKM biasanya menggunakan&nbsp;<a href="https://www.jurnal.id/id/blog/cara-mudah-mencari-modal-usaha-untuk-bisnis/">modal usaha</a>&nbsp;dari kantong pribadi atau modal gabungan bersama mitra pada awal mula mendirikan usaha. &nbsp;UMKM penting karena dibanding perusahaan besar, sumber pembiayaan UMKM dari eksternal terbatas, baik dari sisi penawaran maupun permintaan. Modal usaha juga dapat diartikan dari berbagai segi yaitu modal pertama kali membuka usaha, modal untuk melakukan perluasan usaha, dan modal untuk menjalankan usaha sehari-hari yang diperoleh dari model invertasi dan modal kerja. Kendala UMKM terhadap kredit perbankan ini bisa ditinjau dari sisi permintaan dan panawaran. &nbsp;Upaya yang ditempuh untuk meningkatkan pemanfaatan fasilitas kredit dari lembaga perbankan oleh para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah&nbsp; dengan meningkatkan akses ke perbankan demi untuk mendapatkan fasilitas kredit bagi UMKM, melakukan penguatan UMKM dalam pengaturan keuangan, manajerial, kemitraan, dan kemampuan wirausaha.</p> 2024-07-31T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Soebiantoro, Nik Haryanti