Implementasi Kebijakan Pendidikan Anti Korupsi di Perguruan Tinggi Studi Deskriftif di Universitas Islam 45 Bekasi
Abstract
Implementasi pendidikan anti korupsi di Universitas Islam 45 Bekasi merupakan upaya krusial dalam membentuk mahasiswa yang berintegritas dan aktif dalam pemberantasan korupsi. Melalui metode penelitian kualitatif dan studi literatur, penelitian ini menyoroti peran penting tenaga pendidik dalam menerapkan nilai-nilai anti korupsi melalui keteladanan, peningkatan kesadaran, dan penyediaan mata kuliah khusus. Mahasiswa juga berperan aktif dengan mengadopsi nilai-nilai kejujuran, integritas, dan transparansi, serta terlibat dalam forum keterbukaan dan kampanye media sosial. Keterlibatan aktif mahasiswa dalam pendidikan anti korupsi, baik di dalam maupun di luar kampus, akan membantu menciptakan budaya anti korupsi yang kuat dan berkelanjutan, sehingga mereka siap menjadi agen perubahan yang dapat mendorong pemberantasan korupsi di masa depan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan anti korupsi tidak hanya memengaruhi pola berpikir, sikap, dan perilaku siswa, tetapi juga menciptakan budaya yang mendukung pemberantasan korupsi di masa depan. Dengan demikian, keterlibatan aktif mahasiswa dalam pendidikan anti korupsi di universitas menjadi kunci dalam membentuk agen perubahan yang mendorong integritas dan keadilan sosial.
Downloads
References
Abdussamad, H. Z., Sik, M. S., & Patta Rapanna, S. E. (2023). Pusaran Kemiskinan Dalam Perspektif Pelayanan Publik: The Vircle Of Poverty From A Public Service Perspective. Syakir Media Press.
Achjar, K. A. H., Rusliyadi, M., Zaenurrosyid, A., Rumata, N. A., Nirwana, I., & Abadi,
A. (2023). Metode Penelitian Kualitatif: Panduan Praktis untuk Analisis Data Kualitatif dan Studi Kasus. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Basyiroh, I. (2017). Program Pengembangan Kemampuan Literasi Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru Paud Stkip Siliwangi Bandung, 3(2), 120–134.
Halimah, L., Fajar, A., & Hidayah, Y. (2021). Pendidikan Anti Korupsi Melalui Mata Kuliah Pancasila: Tingkatan Dalam Memahami Kejujuran. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 5(1), 1–14. Https://Doi.Org/10.31571/Pkn.V5i1.2561
Hartiwingsih, H., & Sulistiyono, B. (2017). Analisis Efektivitas Kebijakan Pendidikan Anti Korupsi Pada Pendidikan Tinggi Sebagai Land Of Integrity.
Hasanah, S. U. (2018b). Kebijakan Perguruan Tinggi Dalam Menerapkan Pendidikan Anti Korupsi. 2(1).
Herdayati, S. P., Pd, S., & Syahrial, S. T. (2019). Desain Penelitian Dan Teknik Pengumpulan Data Dalam Penelitian. Issn 2502-3632 Issn 2356-0304 J. Online Int. Nas. Vol. 7 No. 1, Januari–Juni 2019 Univ. 17 Agustus 1945 Jakarta, 53(9),1689–1699.
Kadir, Y. (2018). Kebijakan Pendidikan Anti Korupsi Di Perguruan Tinggi. Gorontalo Law Review, 1(1), 25-38.
Lailiyah, K. (2022). Peran Perguruan Tinggi Dalam Membangun Generasi Anti Korupsi Melalui Pendekatan Pendidikan Anti Korupsi. Journal Legal Dialectics, 1(2).
Munawwirah, Z., Juniati, R., & Rizkia, N. A. (2023). Peran Perguruan Tinggi Dalam Rangka Penguatan Karakter Kejujuran Pada Mahasiswa. Universal Grace Journal, 1(2), Article 2.
Niâ, N., Leli, N., & Pasaribu, Y. O. (2024). Kontribusi SDM Bidang Ekonomi Kreatif Dalam Mengurangi Kemiskinan. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(12).
Permatasari, I. A. (2020). Kebijakan Publik (Teori, Analisis, Implementasi Dan Evaluasi Kebijakan). Thejournalish: Social And Government, 1(1), 33-37.
Prabowo, H. (2010). Knowledge Management Di Perguruan Tinggi. Binus Business Review, 1(2), 407-415.
Sedyati, Rn (2022). Pendidikan Tinggi Sebagai Agen Pendidikan Dan Agen Pertumbuhan Ekonomi. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Sosial , 16 (1), 155-160.
Setiadi, W. (2018). Korupsi Di Indonesia. Jurnal Legislasi Indonesia, 15(3).
Siswandari, Susilaningsih, & Muchsini, B. (2019). Pembelajaran Strategis Untuk Menyiapkan Generasi Antikorupsi Dalam Rangka Menyongsong Era Berkelimpahan. Prosiding Seminar Nasional Lp3m, 1, 1–8.
Tahmidaten, L., & Krismanto, W. (2019). Implementasi Pendidikan Kebencanaan Di Indonesia (Sebuah Studi Pustaka Tentang Problematika Dan Solusinya). Lectura: Jurnal Pendidikan, 10(2), 136–154.
Tampubolon, P., Panggabean, M. L., & Tampubolon, M. (2024). Kajian Kriminologi Korupsi Di Sektor Publik Di Indonesia. Berajah Journal, 4(2), 211-234.
Utomo, S. T. (2023). Pendidikan Anti Korupsi berbasis Aswaja. Mata Kata Inspirasi.
Copyright (c) 2024 Siti Fadilahtul Hidayah, Aos Kuswandi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- Author grant the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License