Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian
(Pada UMKM Batik Sendang Lestari Kota Blitar)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh produk batik yang dihasilkan memiliki kualitas yang detail, rapi, dan konsisten karena menggunakan teknik malam dingin yang masih pertama dan satu-satunya di Kota Blitar. Selain itu citra merek dapat dibangun dengan baik dengan bergabungnya dengan Asosiasi Batik Asli Blitar (ABABIL). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana keputusan pembelian konsumen Batik Sendang Lestari di Kota Blitar dipengaruhi oleh persepsi merek dan kualitas produk. Pendekatan kuantitatif digunakan untuk mengumpulkan 84 sampel dari 490 populasi dalam penelitian ini. Accidental sampling merupakan metode yang digunakan dalam proses pengambilan sampel. Dengan nilai signifikansi 0,007 < 0,05 maka temuan penelitian menunjukkan bahwa “variabel kualitas produk (X1) berpengaruh signifikan terhadap variabel pilihan pembelian (Y). Selanjutnya dengan nilai signifikansi sebesar 0,013 < 0,05 maka variabel citra merek (X2) berpengaruh terhadap variabel keputusan pembelian (Y). Selain itu variabel keputusan pembelian (Y) dipengaruhi secara simultan oleh variabel citra merek (X2) dan kualitas produk (X1), dengan nilai signifikan F sebesar 0,000 < 0,05.”
Downloads
References
Agustinawati. (2016). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Keputusan Membeli Shampo Dove Di Kota Lhokseumawe. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 5(juli), 1–11.
Ariella, R. I. (2018). “Pengaruh kualitas produk, harga produk dan desain produk terhadap keputusan pembelian Konsumen Mazelnid.” PERFORMA: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 3(2), 215–221.
Ernawati, D. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Inovasi Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hi Jack Sandals Bandung. JWM (Jurnal Wawasan Manajemen), 7(1), 17. https://doi.org/10.20527/jwm.v7i1.173
Fatmaningrum, S. R., & Fadhilah, M. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Frestea. Ilmiah MEA, 4(1), 176–188.
Juliana, K. E., Telagawathi, N. L. W. S., & Susila, G. P. A. J. (2017). Pengaruh Citra Merk Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Mio. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 5(3), 1–8. https://doi.org/10.35137/jmbk.v5i3.178
Junaris, I., & Haryanti, N. (2024). Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Buku Di Store Intrans Publishing Malang. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi (JRPE), 9(1), 57–65. https://doi.org/https://doi.org/10.21067/jrpe.v9i1.9629
Kotler, K. (2012). Marketing Management. Person Education.
Kotler, P. (2017). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2018). Prinsip-prinsip Marketing. Pasuruan: CV. Penerbit Qiara.
Larika, W., & Ekowati, S. (2020). Pengaruh Citra Merek, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Handphone OPPO. Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis (JMMIB), 1, 128–136.
Mewoh, F. M., Tampi, J. R. E., & Mukuan, D. D. S. (2019). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Pada Matahari Department Store Manado Town Square. Jurnal Administrasi Bisnis, 9(1), 35. https://doi.org/10.35797/jab.9.1.2019.23529.35-42
Rachmawati, S. D., & Andjarwati, A. L. (2020). Pengaruh Kesadaran Merek dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian. E-Journal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 7(1), 25. https://doi.org/10.19184/ejeba.v7i1.14849
Saidani, B., Rachman, M. A., & Rizan, M. (2013). Pengaruh Kualitas Produk dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Olahraga Futsal Adidas Di Wilayah Jakarta Timur. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI), 4(2), 201–217.
Sunyoto, D. (2015). Manajemen dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Center for Academic Publishing Service.
Tarmizi, A. (2018). Pengaruh pelayanan purna jual terhadap keputusan pembelian konsumen pada PT Jaya Indah Motor Cabang Jambi. Jurnal Ilmiah Uni- Versitas Batanghari Jambi, 16(3).
Widiawati, A. (2017). Pengaruh citra merek dan promosi penjualan melalui media sosial instagram terhadap keputusan pembelian pada laundry 5Asec cabang Makassar. Ilmiah BISNIS, 6(2), 207–219.
Copyright (c) 2024 Rangga Kusuma Wijaya, Hanik Amaria
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- Author grant the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License