PENERAPAN ALGORITMA K-MEANS CLUSTERING UNTUK PENENTUAN PENERIMA BEASISWA PIP PADA SMPN 9 BLITAR

  • Andi Abrianto Universitas Islam Balitar
Abstract views: 30 , pdf downloads: 19
Keywords: Kelayakan, Program Indonesia Pintar, K-Means Clustering, Algoritma, PIP

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentuan kelayakan penerima Program Indonesia Pintar (PIP) pada siswa SMPN 9 Blitar dengan menerapkan algoritma K-means clustering. PIP merupakan program bantuan pendidikan yang ditujukan kepada siswa dari keluarga kurang mampu di Indonesia. Namun, proses seleksi penerima masih memerlukan perbaikan agar lebih efisien dan akurat. Pada penelitian ini data di dapat dari hasil sosioekonomi siswa sebagai variabel masukan dikumpulkan dengan jumlah sempel data sebanyak 286. Metode K-Means clustering digunakan untuk membagi siswa ke dalam kelompok-kelompok berdasarkan karakteristik serupa meliputi, tingkat pendapatan keluarga, akses fasilitas keluarga tidak mampu , status pekerjaan orang tua atau wali murid, dan kondisi rumah tangga. Dengan pengelompokan karakteristik tersebut sehingga dapat menentukan kelayakan penerima PIP dengan akurat. l dari penelitian ini adalah implementasi metode K-Means clustering dapat meningkatkan ketepatan dalam penentuan kelayakan penerima PIP dengan efesien yaitu siswa yang layak sejumlah 201 siswa dan yang tidak layak sejumlah 85 siswa.

References

Devi Tri Yuliana, M. Ivan Ariful Fathoni, Naning Kurniawati. (2022). Penentuan Penerima Kartu Indonesia Pintar KIP Kuliah dengan Menggunakan Metode K-Means Clustering.
Rini Gustini, RZ. Abdul Aziz. (2019). Pengembangan Model Pengambilan Keputusan Penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP) Dengan Metode K-Means Dan Average Linkage Clustering (Studi Kasus : SMA Negeri 1 Kotagajah).
Yosep Filki. (2022). Algoritma K-Means Clustering dalam Memprediksi Penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa.
Darlinda, Joy Nashar Utamajaya. (2022). Sistem Pendukung Keputusan Penerima Beasiswa Program Indonesia Pintar Menggunakan Metode Algoritma K-Means Clustering.
Muktiadi, R. and A. Y. Badharudin (2020). "Metode K-Means untuk Mengelompokkan Beasiswa Sekolah." Sainteks 16(1).
Rahma, I., et al. (2019). "Penerapa Metode Hierarchical Clustering Dan K-Means Clustering Untuk Mengelompokkan Potensi Lokasi Penjualan Linkaja." Jurnal Informatika Polinema 6(1): 15-22.
Kumar, Sumit, Vijender Kumar-Solanki, Saket Kumar Choudhary, Ali Selamat, and Rubén Gonzalez-Crespo. (2020). "Comparative Study on Ant Colony Optimization (Aco) and K-Means Clustering Approaches for Jobs Scheduling and Energy Optimization Model in Internet of Things (Iot)." International Journal of Interactive Multimedia and Artificial Intelligence 6, no. 1.
Aditya, Agil, Ivan Jovian, and Betha Nurina Sari. (2020). "Implementasi K-Means Clustering Ujian Nasional Sekolah Menengah Pertama Di Indonesia Tahun 2018/2019." Jurnal Media Informatika Budidarma 4, no. 1.
Fauzi, A., & Musa, M. (2018). Implementasi Algoritma K-Means Clustering pada Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Penerima Beasiswa Bidikmisi Menggunakan Bahasa Pemrograman PHP dan MySQL. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK), 5(3), 227-234.

PlumX Metrics

Published
2024-05-04
How to Cite
Andi Abrianto. (2024). PENERAPAN ALGORITMA K-MEANS CLUSTERING UNTUK PENENTUAN PENERIMA BEASISWA PIP PADA SMPN 9 BLITAR. JOSAR (Journal of Students Academic Research), 9(1), 204-214. https://doi.org/10.35457/josar.v9i1.3105
Section
Articles