STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA SAYUR SEGAR HIDROPONIK (HYDROPONOS) URBAN FARMING DI KOTA LANGSA (STUDI KASUS D’7FARM HIDROPONICS GAMPONG PAYA BUJOK TEUNGOH KECAMATAN LANGSA BARAT KOTA LANGSA)
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengindetifikasi faktor strategi yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman pada strategi pengembangan usaha sayur segar hidroponik (Hydroponos) Urban Farming di Kota Langsa (Studi Kasus D’7Farm Hidroponics) Gampong Paya Bujok Teungoh Kecamatan Langsa Barat Kota Langsa. Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif untuk mengetahui alternatif pengembangan usaha sayur segar hidroponik dengan menggunakan analisis SWOT (Strenght, Weakness, Opportunities, and Threats). Kemudian dirumuskan formulasi strategi pengembangan usaha sayur segar hidroponik. Dan tahap terakhir dilakukan analisis QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix) untuk menentukan strategi prioritas yang menjadi masukan bagi usaha D’7Farm Hidroponics untuk diterapkan. Hasil penelitian menunjukkan strategi alternative Usaha D’7Farm Hidroponics S-O dengan nilai skor 32,161 skor, strategi W-O dengan nilai skor sebesar 31,407 skor, strategi S-T dengan nilai skor sebesar 31,962 skor, dan strategi W-T dengan nilai skor sebesar 30,282 skor. Ini menunjukkan bahwa S-O memiliki nilai paling tertinggi sehingga dapat di simpulkan bahwa strategi pengembangan usaha sayur segar D’7Farm Hidroponics (Hydroponous) dapat diterapkan oleh Usaha D’7Farm Hidroponics pada Kelurahan Paya Bujok Teungoh Kecamatan Langsa Barat Kota Langsa. Berdasarkan dari hasil analisis QSPM dapat ditentukan prioritas stategi utama yaitu STRATEGI (SO) Meningkatkan pemasaran yang efektif dan menambahkan penawaran insentif produk untuk menambah peluang permintaan dari konsumen serta mempertahankan kualitas produk, kualitas pelayanan dan kewajaran harga agar tidak berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. (S4,O2,07) Memperluas pasar pemasaran produk untuk mempertahankan pelanggan dengan adanya tanaman hidroponik. (S1,O7,O8). Mempertahankan kualitas perusahaan dalam menjalani proses-proses keberhasilan dalam peningkatan perekonomian Indonesia yang semakin maju dengan kebutuhan masyarakat yang semakin berkembang. (S7,O7,O8).
Copyright (c) 2025 Lisna Lisna Triana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License