STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA SAYUR SEGAR HIDROPONIK (HYDROPONOS) URBAN FARMING DI KOTA LANGSA (STUDI KASUS D’7FARM HIDROPONICS GAMPONG PAYA BUJOK TEUNGOH KECAMATAN LANGSA BARAT KOTA LANGSA)

  • Lisna Lisna Triana Universitas Samudra
  • Silvia Anzhita Universitas Samudra
  • Cut Gustiana Universitas Samudra
Abstract views: 31 , PDF downloads: 22
Keywords: Hidroponik, analisis SWOT, QSPM

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengindetifikasi faktor strategi yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman pada strategi pengembangan usaha sayur segar hidroponik (Hydroponos) Urban Farming di Kota Langsa (Studi Kasus D’7Farm Hidroponics) Gampong Paya Bujok Teungoh Kecamatan Langsa Barat Kota Langsa. Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif untuk mengetahui alternatif pengembangan usaha sayur segar hidroponik dengan menggunakan analisis SWOT (Strenght, Weakness, Opportunities, and Threats). Kemudian dirumuskan formulasi strategi pengembangan usaha sayur segar hidroponik. Dan tahap terakhir dilakukan analisis QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix) untuk menentukan strategi prioritas yang menjadi masukan bagi usaha D’7Farm Hidroponics untuk diterapkan. Hasil penelitian menunjukkan strategi alternative Usaha D’7Farm Hidroponics S-O dengan nilai skor 32,161 skor, strategi W-O dengan nilai skor sebesar 31,407 skor, strategi S-T dengan nilai skor sebesar 31,962 skor, dan strategi W-T dengan nilai skor sebesar 30,282 skor. Ini menunjukkan bahwa S-O memiliki nilai paling tertinggi sehingga dapat di simpulkan bahwa strategi pengembangan usaha sayur segar D’7Farm Hidroponics (Hydroponous) dapat diterapkan oleh Usaha D’7Farm Hidroponics pada Kelurahan Paya Bujok Teungoh Kecamatan Langsa Barat Kota Langsa. Berdasarkan dari hasil analisis QSPM dapat ditentukan prioritas stategi utama yaitu STRATEGI (SO) Meningkatkan pemasaran yang efektif dan menambahkan penawaran insentif produk untuk menambah peluang permintaan dari konsumen serta mempertahankan kualitas produk, kualitas pelayanan dan kewajaran harga agar tidak berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. (S4,O2,07) Memperluas pasar pemasaran produk untuk mempertahankan pelanggan dengan adanya tanaman hidroponik. (S1,O7,O8). Mempertahankan kualitas perusahaan dalam menjalani proses-proses keberhasilan dalam peningkatan perekonomian Indonesia yang semakin maju dengan kebutuhan masyarakat yang semakin berkembang. (S7,O7,O8).

PlumX Metrics

Published
2025-03-25
How to Cite
Lisna Triana, L., Anzhita, S., & Gustiana, C. (2025). STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA SAYUR SEGAR HIDROPONIK (HYDROPONOS) URBAN FARMING DI KOTA LANGSA (STUDI KASUS D’7FARM HIDROPONICS GAMPONG PAYA BUJOK TEUNGOH KECAMATAN LANGSA BARAT KOTA LANGSA). Grafting : Jurnal Ilmiah Ilmu Pertanian, 15(1), 8-14. https://doi.org/10.35457/grafting.v15i1.3728
Section
Articles