STRATEGI PENGEMBANGAN PELATIHAN DI PUSAT PELATIHAN PERTANIAN PEDESAAN SWADAYA (P4S) ALAM LESTARI KELURAHAN TANJUNGSARI KECAMATAN SUKOREJO KOTA BLITAR

  • Ahmad Shodiq Agribisnis Universitas Islam balitar
Abstract views: 44 , PDF downloads: 56

Abstract

Penelitian yang dilakukan oleh  peneliti bertujuan untuk mengetahui tiga hal, yakni; (1) strategi pengembangan pelatian di P4S Alam Lestari, (2) Faktor internal dan eksternal yang dimiliki P4S Alam Lestari, (3) alternatif strategi pengembangan pelatian P4S Alam Lestari.

 Dalam melakukan penelitian peneliti meenggunakan metode kualitatif. Metode kualitatif digunakan untuk menjelaskan hasil penelitiian secara deskriptif. Data yang berasal dari  tempat pelatihan P4S Alam Lestari diambil dengan menggunakan teknik observasi dan wawancara. Setelah dilakukan pengambilan data, maka peneliti memilih data yang tepat untuk digunakan. Metode pengolahan data yang digunalan adalah metode analisis.

Dari hasil penelitian yang dilakukan maka  hasil analisis SWOTmenunjukkan bahwa  faktor internal yang paling berpengaruh dari segi kekuatan yaitu keindahan dan paronama dengan skor 0,36, dari segi kelemahan yaitu kurangnya sumberdaya ahli dengan skor 0,08. Faktor eksternal yang paling berpengaruh  dari segi peluang yaitu ketersediaan SDM dengan skor 0,27 dan dari segi ancaman yaitu bencana alam dengan skor 0,10.

 Dari faktor-faktor yang berpengaruh maka P4S Alam Lestari memakai  beberapa strategi dalam perusahaannya, Strategi tersebut dapat dijabarkan sebagai berikut., : 1) Strategi SO yaitu   P4S atau pelatihan pertanian luar kota, meningkatkan kualitas pelatihan untuk menjaga peserta pelatihan, permintaan konsumen yang meningkat ketika hari-hari besar, memanfaatkan media sosial dengan maksimal untuk mengetahui informasi terkini mengenai pertanian organik dan pertanian modern  2). Strategi WO yaitu melakukan promosi melalui media sosial, membuat tempat pelatihan lrbih bervariatif, bekerjasama dan memperluas jaringan pelatihan pertanian 3).Strategi ST yaitu menjaga standar mutu dan kualitas pertanian selalu memberikan pelayanan terbaik 3). Strategi WT yaitu meng-upgrade teknologi proses pertanian, meningkatkan manajemen SDM.

 

Kata Kunci: strategi pengembangan pelatihan, P4S Alam Lestari, Analisis SWOT

PlumX Metrics

Published
2023-03-31
How to Cite
Agribisnis, A. S. (2023). STRATEGI PENGEMBANGAN PELATIHAN DI PUSAT PELATIHAN PERTANIAN PEDESAAN SWADAYA (P4S) ALAM LESTARI KELURAHAN TANJUNGSARI KECAMATAN SUKOREJO KOTA BLITAR. Grafting : Jurnal Ilmiah Ilmu Pertanian, 13(1), 33-41. https://doi.org/10.35457/grafting.v13i1.2729
Section
Articles